PSB 2022/2023    

PSB 2022/2023

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

PENDAFTARAN ONLINE    

PENDAFTARAN ONLINE

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

PHYSICAL GROWTH    

PHYSICAL GROWTH

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

EMOTIONAL INTELLIGENCE    

EMOTIONAL INTELLIGENCE

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

TALENT DEVELOPMENT    

TALENT DEVELOPMENT

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

RELIGIOUS EDUCATION    

RELIGIOUS EDUCATION

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

ACADEMIC EXCELLENCE    

ACADEMIC EXCELLENCE

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

AISEEF 2021    

AISEEF 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

PDC 2021    

PDC 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

CIPTA DAN BACA PUISI 2021    

CIPTA DAN BACA PUISI 2021

Bersyukur atas keberhasilan Grace Laura Christy dalam ajang Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-70 PPPK Petra tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Grace berhasil meraih Juara 1.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)    

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

FASILITAS SEKOLAH    

FASILITAS SEKOLAH

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana yang mumpuni.  

STUDIO PEMBELAJARAN DARING    

STUDIO PEMBELAJARAN DARING

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Nowaday Hero: Lomba Hari Pahlawan 2021

Memperingati Hari Pahlawan dan Sumpah Pemuda dari tahun ke tahun bukanlah sekadar rutinitas, tetapi diperlukan sebuah kegiatan yang penuh makna. Pengurus OSIS SMA Kristen Petra 5 mengorganisasikan beberapa kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu, 10 November 2021 bertepatan dengan Hari Pahlawan. Kegiatan tersebut merupakan lomba untuk para siswa yang bertajuk Pahlawanku Panutanku, Pemuda Berbicara, Suara Pemuda, dan Maju Terus Pantang Mundur. Seluruh lomba tersebut dikemas dalam satu tema Nowaday Hero yang memiliki makna dan tujuan untuk menumbuhkan sikap generasi muda sebagai pahlawan kekinian.

SAATNYA_PEMUDA_BERBICARA_1.jpgMaju_Terus_Pantang_Mundur_1.jpgSuara_Pemuda_-1.jpgMaju_Terus_Pantang_Mundur.jpgPahlawanku_panutanku_1.jpgSAATNYA_PEMUDA_BERBICARA.jpgPahlawanku_panutanku.jpgSuara_Pemuda_-2.jpg

Pahlawanku Panutanku adalah lomba membuat karya digital yaitu Infografis. Lomba dilakukan secara individu dan secara luring. Tema yang diusung adalah "Pahlawan". Isi infografis memuat biodata pahlawan, biografi singkat, peran dan jasanya, serta mencantumkan foto pahlawan. Dengan adanya lomba Pahlawanku Panutanku, diharapkan para siswa dapat mengingat kembali tentang siapa saja dan apa saja perjuangan yang sudah dilakukan oleh para pahlawan di masa lalu dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Saatnya Pemuda Berbicara adalah lomba debat. Lomba dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 3 anggota dan secara online melalui media Zoom. Tema umum debat adalah "Pemuda Masa Kini". Dari tema umum tersebut diturunkan menjadi beberapa topik khusus seperti penggunaan gadget di masa pandemi yang menyebabkan generasi muda zaman sekarang lebih individualis, pemuda zaman sekarang lebih baik dibandingkan pemuda zaman dahulu, rasa individualis itu perlu dimiliki oleh pemuda zaman sekarang, dan kepekaan sosial pemuda masa kini lebih rendah dari pada pemuda masa lalu. Tujuan lomba ini adalah agar para siswa dapat menyuarakan pendapatnya tentang keadaan pemuda-pemuda masa kini.

Suara Pemuda adalah lomba Vokal Group. Lomba dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 4 anggota dan dilakukan secara luring. Peserta membuat video bernyanyi menggunakan alat musik dan nyanyian sendiri. Lagu yang dinyanyikan adalah lagu daerah dan lagu Indonesia bertemakan "Pemuda". Melalui lomba Suara Pemuda diharapkan bisa membangkitkan kembali semangat para siswa sebagai pemuda-pemudi masa kini untuk berkarya di segala bidang dan talenta.

Maju Terus Pantang Mundur adalah lomba Rally Game. Lomba dilakukan secara berkelompok yang terdiri dari 3 anggota dan secara online melalui media Zoom. Lomba terdiri dari 4 permainan, yaitu Who’s That Hero, Brain Battle, What's The Meaning, dan What Song Is This?. Who's That Hero adalah permainan menebak nama pahlawan dari potongan gambar yang diberikan, Brain Battle adalah permainan cerdas cermat seputar "Sumpah Pemuda". What's The Meaning adalah permainan menebak singkatan kata dalam Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris, dan What Song Is This? adalah permainan menebak judul lagu berbahasa daerah dan Bahasa Indonesia melalui instrumen musik yang diputarkan. Lomba Maju Terus Pantang Mundur tidak hanya seru tapi sesuai namanya para siswa diharapkan memiliki semangat juang yang maju terus dan pantang mundur dalam menghadapi segala masalah yang muncul.

Penulis: Beatrice Tiffany (XII IPS 2)

 

 

 

ArtFest Smaktra5: Potensi yang Menginspirasi

Puji Tuhan, SMA Kristen Petra 5 bersyukur telah kembali menyelenggarakan kegiatan ArtFest pada Jumat, 12 November 2021 dengan lancar. ArtFest merupakan kegiatan tahunan yang rutin diselenggarakan. Sesuai namanya, ArtFest merupakan acara bertema seni yang merupakan perwujudan salah satu Focused Goals SMA Kristen Petra 5, yaitu Art Development. Tahun ini, kegiatan ArtFest Smaktra5 diberi tajuk ArtFest Session 2. Acara ini menjadi wadah bagi para siswa, khususnya peserta didik jenjang SMP untuk unjuk bakat dan talenta dalam berbagai bidang lomba seni yang dapat diikuti.

Dokumentasi_Artfest_Session_II_-7.jpgDokumentasi_Artfest_Session_II_-1.jpgDokumentasi_Artfest_Session_II_-4_Copy.JPGDokumentasi_Artfest_Session_II_-3_Copy.JPGDokumentasi_Artfest_Session_II_-6.jpgDokumentasi_Artfest_Session_II_-5.jpgDokumentasi_Artfest_Session_II_-8.jpgDokumentasi_Artfest_Session_II_-2.jpg

Sebelum mengikuti lomba yang diselenggarakan, para peserta mengikuti kegiatan Trial Class sebagai salah satu rangkaian kegiatan ArtFest 2021. Trial Class adalah kegiatan pengenalan model pembelajaran Dual Mode atau Hybrid Learning di SMA Kristen Petra 5 Surabaya. Kegiatan Trial Class ini dilaksanakan setelah sesi pembukaan ArtFest melalui platform Zoom Meetings dan Live Instagram. Tentunya di masa pandemi saat ini, model pembelajaran Hybrid Learning ini sangat membantu memfasilitasi siswa dan guru untuk tetap bisa melakukan proses pembelajaran dengan maksimal, baik bagi siswa yang berada di sekolah maupun siswa yang berada di rumah. Hal ini menjadi salah satu bukti konkret PPPK Petra dalam menjawab tantangan bidang pendidikan saat ini. Tujuannya tentu demi tercapainya kualitas pendidikan yang maksimal.

Setelah mengikuti kegiatan Trial Class, para peserta bersiap-siap untuk mengikuti lomba yang dilakukan secara daring. Ada 4 bidang yang dilombakan dalam ArtFest Session 2 tahun 2021 ini. Empat bidang lomba tersebut adalah Solo Dance Competition, Solo Vocal Competition, Story Telling Competition, dan Smartra5 Competition. Untuk lomba yang dilakukan secara daring adalah Story Telling Competition dan Smartra5 Competition. Peserta lomba adalah adik-adik dari seluruh SMP yang telah mendaftarkan diri sebelumnya, baik dari Surabaya maupun dari luar Surabaya. Sebagai informasi, peserta lomba terjauh ArtFest kali ini berasal dari daerah Tarakanita, Kalimantan Timur.

Demi memenangi lomba yang diikuti, masing-masing peserta lomba tentu berupaya memberikan tampilan terbaik dan maksimal. Semua upaya dalam menampilkan yang terbaik tentu telah melalui proses penilaian secara objektif oleh juri-juri yang berkompeten di bidang masing-masing. Dari Solo Dance Competition ada Jennifer Anastasia dari SMP Kristen Petra 3 sebagai juara 1. Untuk pemenang Solo Vocal Competition ada Sheena Lewi Santoso dari SMP Kristen Petra 2. Sedangkan Eirene Efralia Pranoto dari SMP Kristen Petra Acitya menjuarai Story Telling Competition. Terakhir, ada Shane Alvin Setiawan dari SMP Kristen Petra 4 sebagai juara 1 Smartra5 Competition. Di samping nama-nama tersebut juga terdapat predikat penghargaan lain yang telah ditentukan oleh para juri. Total hadiah yang diberikan kepada seluruh pemenang yakni sepuluh juta rupiah.

Kegiatan dalam rangka memeriahkan ArtFest Session 2 ini tentunya tidak hanya diisi dengan lomba saja. Salah satu kegiatan yang diadakan dalam rangkaian ArtFest ini adalah Charity atau donasi. Kegiatan berbagi ini wajib dan selalu ada dalam rangkaian kegiatan ArtFest SMA Kristen Petra 5 Surabaya. Jika tahun lalu kegiatan berbagi ini dilakukan dalam bentuk penjualan makanan dan minuman, maka tahun ini dikonsep berbeda. Konsep Charity Artfest Session 2 ini adalah donasi pakaian bekas layak pakai. Pakaian bekas tersebut dijual kembali dan hasilnya digunakan untuk donasi. Tentunya tidak perlu khawatir karena semua prosedur kebersihan dilakukan dengan benar. Pakaian tentunya telah melewati proses sortir dan dicuci terlebih dahulu untuk akhirnya siap dijual. Bersyukur bahwa banyak yang berpartisipasi dalam kegiatan Charity ini, baik yang mendonasikan pakaian-pakaiannya maupun yang berpartisipasi untuk membeli.

Sekali lagi bersyukur atas penyertaan Tuhan, kegiatan ArtFest ini berjalan lancar meskipun diselenggarakan secara virtual karena kondisi pandemi. Pandemi yang masih kita rasakan hingga saat ini tentunya tidak membuat kita menjadi terpuruk dan menutup diri untuk mengembangkan potensi. Situasi mungkin masih belum normal seperti sediakala. Akan tetapi, kemauan untuk terus mengasah potensi dan bakat yang dimiliki tidak boleh terkendala hanya karena berubahnya situasi yang ada. Dengan kegiatan ArtFest ini diharapkan para siswa semakin semangat untuk terus menggali potensi yang dimiliki. Karena ada masanya ketika potensi itu bisa kita pakai untuk menjadi berkat bagi sesama dalam berbagai kesempatan. Teruslah menggali potensi diri. Tuhan Yesus memberkati.

Penulis:
Olivia Noratiro Boru Purba, S.Pd.

 

Soekarno Masa Kini

Pada hari Senin tanggal 16 Agustus 2021, SMA Kristen Petra 5 mengadakan serangkaian acara untuk merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan tema nasional yaitu “Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh”. Tema tersebut merepresentasikan beberapa nilai yang patut kita perjuangkan sebagai bangsa yang sedang menghadapi masa pandemi, yaitu nilai-nilai ketangguhan dan semangat pantang menyerah untuk terus bertumbuh. Dengan semangat yang sama, warga SMA Kristen Petra 5 serentak merayakan Hari Kemerdekaan secara virtual dengan berbagai kegiatan.

R_Screenshot_11.jpgR_Poster_HUT_Final_-_EUNIKA_OBEDIENT_DJUWARI.jpgR_0001-5999234338_20210816_054114_0000_-_Levina_AT.jpgR_Screenshot_12.jpgR_Screenshot_13.jpgR_Screenshot_10.jpg

Sebelum memulai acara yang padat nan meriah dalam sehari, tentu saja kita mengawalinya dengan kegiatan Renungan Pagi edisi spesial membahas mengenai tema peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia. Renungan disampaikan oleh Ibu Endah Mustikaningsih selaku Kepala SMA Kristen Petra 5 Surabaya. Melalui renungan tersebut seluruh warga sekolah diajak untuk mensyukuri anugerah Tuhan atas kemerdekaan Bangsa Indonesia dengan cara menjadi warga negara yang turut aktif mengupayakan pemulihan kondisi atas situasi pandemi saat ini.

Kemudian acara dilanjutkan dengan beberapa lomba siswa maupun guru/karyawan yang dilaksanakan secara daring. Pada kategori siswa terdapat lomba menyanyi dengan tajuk “Indonesia Punya Cerita”, lomba dance dengan tajuk “Gerakan 76”, lomba membuat poster dengan tajuk “Karyaku Bagi Bangsa”, dan lomba membaca teks proklamasi dengan tajuk “Soekarno Masa Kini”. Sementara pada kategori guru dan karyawan terdapat tiga jenis lomba, di antaranya “Cetar” (Cepat dan Pintar) menjawab soal wawasan kemerdekaan, Tebak Lagu Kebangsaan, dan Hias Masker Kemerdekaan.

Tentu setiap jenis lomba menyajikan keseruan dan semaraknya masing-masing, akan tetapi jenis lomba Soekarno Masa Kini memiliki daya tarik tersendiri. Yakni ketika para siswa ditantang untuk membacakan teks proklamasi dalam bentuk video kreatif. Luar biasa, karya para peserta lomba sungguh begitu menarik untuk disaksikan. Sentuhan ala vintage dan kombinasi unsur yang kekinian menjadi kunci keberhasilan para pemenang lomba. Pastinya, apapun kegiatan yang telah diselenggarakan ini merupakan sarana bagi warga SMA Kristen Petra 5 untuk terus mengobarkan Semangat 45 menuju Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh. Merdeka!!!

Zefanya Xenna R.

 

Cinta Alam Melalui Adiwiyata Virtual

Adiwiyata adalah kegiatan pendidikan lingkungan hidup. Kegiatan ini lebih kita kenal dengan menanam dan merawat tanaman di sekolah. Adiwiyata ini juga dilakukan oleh para siswa baru SMA Kristen Petra 5 pada kegiatan MPLS 2021. Walaupun kegiatan MPLS 2021 ini diadakan secara daring atau virtual karena keadaan pandemi, namun tidak menghalangi semangat peserta MPLS untuk mengikuti dan melakukan adiwiyata di rumah masing-masing. Sebelum mereka memulai kegiatan menanam secara mandiri di rumah, terlebih dulu mereka menyaksikan tayangan tentang bagaimana cara merawat dan memelihara tanaman yang disampaikan oleh Ibu Ninik S., S.Pd. melalui sebuah video. Selanjutnya guru pendamping kelas MPLS memberikan prosedur menanam tanaman yang harus dilakukan oleh para siswa secara mandiri di rumah masing-masing.

SMA5_Slide7.jpgSMA5_421333.jpgSMA5_Slide3.jpgSMA5_Adiwiyata.jpg

Alat dan bahan yang perlu disiapkan oleh siswa-siswi sangat mudah ditemukan karena memanfaatkan berbagai hal yang erat dengan kehidupan sehari-hari. Di antaranya yaitu satu bibit tanaman, pot plastik atau botol air mineral, tanah tanaman, air cucian beras (air leri), dan tisu toilet. Para peserta MPLS diberikan waktu memulai adiwiyata secara mandiri sejak tanggal 9 Juli 2021 sampai dengan 14 Juli 2021. Pada tanggal 14 Juli, para siswa diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil dari kegiatan Adiwiyata mereka dari rumah masing-masing. Tak banyak yang gagal dan tak sedikit yang berhasil, mereka saling berbagi pengalaman wujud sikap nyata cinta alam yang telah dilakukan dan dikerjakan secara mandiri dari rumah.

Melalui kegiatan semacam ini para peserta MPLS dapat merasakan secara langsung bahwa tindakan merawat lingkungan alam bukanlah pekerjaan orang-orang tertentu, namun merupakan kewajiban seluruh penghuni bumi. Meski persiapan dan arahan kegiatan Adiwyata kali ini dilakukan serba virtual, namun bukti kepedulian siswa pada lingkungan alam tetap dilakukan secara nyata dan konkret. Semoga apa yang sudah dikerjakan oleh setiap siswa dapat melekat dan menjadi sebuah nilai kehidupan yang diterapkan dalam kehidupan mereka selanjutnya. Cintai alam dan syukuri nikmat karya Tuhan.

Shannon Yemima
XII IPA 1

 

MPLS 2021 “Young & Brave”

Untuk menyambut siswa-siswi kelas X Angkatan 2021/2022, SMA Kristen Petra 5 mengadakan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada tanggal 12-14 Juli 2021. Tema yang diusung pada kegiatan ini yakni “Young & Brave”. Tema ini merepresentasikan generasi muda dengan keberanian untuk mengaktualisasikan potensi dan kebaikan diri mereka di lingkungannya masing-masing.

SMA5_129419.jpgSMA5_WhatsApp_Image_2021-07-14_at_4.33.40_PM.jpgSMA5_WhatsApp_Image_2021-07-14_at_4.33.28_PM.jpgSMA5_Slide12.jpgSMA5_129417.jpgSMA5_Slide6.jpgSMA5_Makan_sehat.jpgSMA5_Slide10.jpgSMA5_menulis_essay.jpg

Pada hari pertama, kegiatan MPLS secara resmi dibuka oleh Ibu Endah Mustikaningsih R. P., S.Pd., M.Si. selaku Kepala Sekolah. Dalam sambutannya, Kepala Sekolah menekankan agar para siswa kelas X yang menjadi bagian dari Civitas Akademika Smaktra5 dapat mewujudnyatakan tema MPLS dalam masa studi yang akan dijalani selama tiga tahun ke depan. Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan sesi perkenalan guru, karyawan, dan pengurus OSIS. Di samping itu juga terdapat sesi pemaparan Kurikulum dan Tata Tertib Sekolah yang disampaikan oleh beberapa guru kepada peserta MPLS. Melalui kegiatan ini para peserta memiliki pengetahuan secara spesifik mengenai sistem dan ketentuan yang berlaku dalam ekosistem belajar di SMA Kristen Petra 5. Pada penghujung acara di hari pertama, Sesi Kesehatan yang membahas pengetahuan tentang Covid-19 disampaikan oleh Dokter Kurnijawati.

Pelaksanaan hari kedua MPLS tetap diikuti dengan antusias oleh seluruh peserta siswa kelas X dan panitia dari Pengurus OSIS. Kegiatan Pramuka menjadi menu awal yang disajikan. Tak hanya pasif mendengarkan pemaparan materi, namun peserta MPLS juga terlibat aktif mengerjakan kuis seputar pramuka yang tentunya asyik dan seru! Selanjutnya acara Webinar dengan tema Anti Narkoba disampaikan langsung oleh pakar di bidangnya, yakni Bapak Rustam selaku perwakilan dari Polsek Wonocolo, Surabaya. Melalui sesi ini para peserta MPLS menerima wawasan tentang bahaya narkoba dan bagaimana cara menghindarinya. Kemudian acara dilanjutkan dengan Wawasan Wiyata Mandala yang memfasilitasi para peserta MPLS mengenai berbagai sarana dan prasarana yang tersedia di SMA Kristen Petra 5. Berbagai fasilitas yang mendukung pembelajaran dan pengembangan potensi atau talenta setiap siswa disampaikan dalam bentuk video yang menarik. Di penghujung acara hari kedua, materi mengenai capaian prestasi Smaktra5 disampaikan oleh Bapak Dwikki R., S.Pd., yang juga mengundang salah satu alumni berprestasi, yaitu Eugenia Audrey. Para peserta tampak antusias mengikuti sesi ini dan termotivasi untuk meraih prestasi dalam berbagai bidang yang mereka miliki.

Tidak terasa sudah sampai di hari ketiga MPLS. Walaupun terasa begitu cepat, akan tetapi kami sudah cukup banyak memiliki kesempatan untuk berinteraksi satu sama lain. Pada hari terakhir pelaksanaan MPLS ini para peserta memaparkan hasil tanaman yang sudah ditanam selama kurang lebih lima hari dalam sesi Adiwiyata. Kemudian sampailah kami pada acara yang paling dinantikan oleh seluruh peserta, yakni sesi Talent Show. Meski persiapan masing-masing kelas cukup singkat, namun hal itu tidak menghalangi para peserta MPLS untuk menampilkan yang terbaik. Penampilan mereka disajikan dalam bentuk video dengan kreativitas yang beragam dari setiap kelas. Menutup rangkaian kegiatan ini, peserta MPLS bertekad untuk selalu menghidupi tema “Young & Brave” dalam mengarungi masa studi di Smaktra5. Semoga Tuhan selalu menyertai langkah studi setiap siswa. Teruslah sukses dan jadi berkat!

Petra 5? HEBAT!!!

Jessica Florencia P.
XI IPA 3

 

 

boost the values reap the success