OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Parenting Orang Tua Siswa Kelas X: Sosialisasi Program Sekolah  

Pada tanggal 5 Juli 2019 bertempat di ruang perpustakaan SMA Kristen Petra 5 diselenggarakan kegiatan Parenting untuk orang tua siswa kelas X. Pertemuan yang berlangsung selama 2 jam ini dibuka dengan puji-pujian dan doa dilanjutkan pemaparan materi sosialisasi oleh Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan dan Koordinator BK. Pertemuan awal pihak sekolah dengan orang tua siswa kelas X ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan kerjasama sekolah dengan orang tua, sekaligus mensosialisasikan visi misi, berbagai program sekolah, kurikulum, tata tertib dan pentingnya peran orang tua dalam proses penentuan peminatan IPA atau IPS.

PARENTING_X_2.JPGPARENTING_X_1.JPGPARENTING_X_3.JPG

Parenting yang dilaksanakan setiap tahun di awal tahun pelajaran untuk orang tua kelas X ini berlangsung dengan lancar, tertib dan orang tua antusias mengikuti. Hal ini tampak dalam sesi tanya jawab. Banyak orang tua yang mengajukan berbagai pertanyaan, saran dan masukan seputar materi yang disampaikan. Melalui kegiatan parenting ini diharapkan terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik serta ada keterbukaan sehingga orang tua dapat melakukan proses pendampingan belajar bagi putra-putrinya sejalan dengan proses pendidikan dan pembelajaran yang diberikan di sekolah.

Kegiatan parenting ini akhirnya ditutup dengan doa dan tetap diberikan kesempatan kepada orang tua siswa yang ingin berkonsultasi secara pribadi dengan pihak sekolah baik dengan Kepala Sekolah, Wakasek, Wali Kelas dan Guru BK. Melalui kegiatan ini sekolah berusaha memberikan pelayanan kepada orang tua siswa sehingga dapat terjalin sinergi yang baik dan bermanfaat bagi sekolah dan orang tua siswa.

(MRP)

 

Short Live In Siswa Kelas XI di Lingkungan GKJW Mlaten 2019 

Dalam rangka mendukung program Spiritual Kristiani yang diterapkan di SMA Kristen Petra 5, telah dilaksanakan kegiatan Short Live In di lingkungan jemaat GKJW Mlaten Krembung Sidoarjo. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari  Jumat tanggal 14 Juni 2019 ini bertujuan mengembangkan semangat kepekaan sosial, semangat melayani dan kepedulian kepada orang lain serta sarana pengembangan kepribadian siswa.

Live_In_di_GKJW_Mlaten_3.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_4.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_2.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_1.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_5.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_6.JPG

Sebanyak 30 siswa dengan didampingi  12 guru pendamping, selama seharian belajar hidup berbaur dengan masyarakat jemaat GKJW Mlaten yang tersebar di beberapa lokasi. Melalui kegiatan ini para siswa diajar untuk menimba pengalaman hidup dengan melakukan berbagai kegiatan keseharian yang dilakukan oleh orang tua/keluarga yang ditinggali. Berbagai aktivitas sehari-hari yang mungkin tidak pernah dilakukan siswa di rumahnya, aktivitas itu antara lain  seperti membantu memasak, menyapu, mendampingi bermain anak-anak yang masih kecil dan sebagainya.

Pada awalnya siswa merasa kikuk berhadapan dengan lingkungan dan aktivitas yang tidak biasa, namun dengan pendampingan para guru pada akhirnya siswa dengan cepat dapat beradaptasi, terlibat secara aktif dan menikmati setiap kegiatan yang berlangsung, bahkan banyak siswa merasa terberkati dengan acara tersebut karena mendapat pengalaman baru yang berharga. Hidup bersama di lingkungan pedesaan dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada membuat wawasan dan pemikiran mereka menjadi semakin terbuka sehingga mampu bersyukur atas hidup mereka selama ini.

Kebersamaan dalam sehari memang tidaklah cukup mengubah semuanya, namun setidaknya melalui kegiatan ini karakter siswa dibangun untuk memiliki perhatian dan kepedulian kepada sesama. Hal ini juga diwujudkan dalam bentuk pemberian paket sembako yang telah dipersiapkan kepada setiap keluarga yang ditempati. Mungkin tak banyak yang bisa diberikan, namun dengan  semangat diberkati untuk memberkati,  adanya kesediaan diri untuk datang, berbaur, melayani dan berbagi pengalaman telah menjadi sukacita tersendiri bagi setiap keluarga yang ditempati dan menjadi berkat pula bagi setiap siswa dan guru pendamping.

(MRP)

 

Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) 2019

Pada tanggal 14 Juli 2019 tim band SMA Kristen Petra 5 STARLA diberi kesempatan untuk mengisi penampilan di Taman Bungkul Surabaya, bertepatan dengan hari Anti Narkoba Internasional (HANI). STARLA  bersamaan dengan sekolah lain baik dari jenjang SD sampai  SMK/SMA. Di pilihnya Starla untuk mengisi acara ini, karena Starla sudah dikenal masyarakat, karena berkali-kali memperoleh kejuaran  di tingkat Surabaya dan Sidoarjo.

HANI 2019

Acara yang dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa yang juga memberi pesan kepada kaum muda untuk mengembangkan talenta yang dimiliki dan jauhi Narkoba. Melalui Starla ini, kami berharap SMA Kristen Petra 5 bisa dikenal oleh masyarakat luas. Hadir juga dari BNN Jawa timur dan undangan yang turut memeriahkan acara ini, juga bapak ibu guru dan karyawan.

Smaktrama BEBAS NARKOBA.

(Thomas, Jazz, Aldo, Nico, Jhosua, Gilbert N)

 

HUT Kemerdekaan RI Ke-74: NATIONAL IS ME

Kami bangga menjadi warga Indonesia, kami bangga punya Indonesia, kami bangga hidup di Indonesia. Menyadari itu semua OSIS Smaktrama mengusung tema : Nasional Is Me. Secara Nasional tema HUT ke -74 RI mengambbil tema :  ‘’SDM UNGGUL,INDONESIA MAJU”, serta memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi tantangan global.

IMG_8036.JPGIMG_8040.JPGIMG_20190816_082325.jpg

Di usia yang ke 74 ini sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa dan kegembiraan dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Indonesia OSIS ingin mempererat hubungan antar warga SMA.Kristen Petra 5, meningkatkan semangat juang dalam diri siswa siswi, meningkatkan bakat dan minat siswa dalam lomba lomba yang diadakan, memupuk semangat kebangsaan antar generasi untuk memperkuat ketahanan nasional dalam menghadapi tantangan global

IMG_20190816_085019.jpgIMG_20190816_092316.jpgIMG_20190816_092515.jpg

Dengan nuansa merah putih keluarga besar SMA Kristen Petra 5 menyatu dalam sukacita kemerdekaan. Jumat, 16 Agustus 2019 dibuka dengan kegiatan jalan sehat oleh ibu Endah Mustikaningsih R.P., S.Pd., M.Si berkeliling lingkungan Jemur Andayani dilanjutkan lomba dan pembuatan vertical garden di depan sekolah. Vertikal garden melibatkan keluarga besar SMA Kristen Petra 5. Kami menyadari pentingnya penghijauan dan memanfaatkan lahan sempit sekolah.

IMG_20190816_105447.jpgIMG_4283_1.jpegIMG_20190816_105432.jpg

Lomba-lomba dikolaborasikan antara siswa, guru dan karyawan SMA Kristen Petra 5. lomba-lomba tersebut  adalah :

A. Rally : Memadukan berbagai permainan yang membangkitkan semangat peserta untuk bersatu, mengasah kejelian dan kekompakan.

B. Karya bangsa (mading 3D) dengan tema merah putih. Dengan bahan yang sederhana peserta memadupadankan bahan juga mengisi bagian tertentu dengan cerita dan informasi kepahlawanan menjadi karya yang indah dan bermakna.

C. Pukulan persatuan (bola voli) dikemas menjadi lomba voly yang unik, tiang net yang ditutup dengan kain warna hitam dan bola voly yang ringan. Meskipun dengan bola yang ringan, tetapi justru menjadi tantangan sendiri karena bola melambung tinggi, dan akan berbelok arah karena terbawa angin.

D. Lompatan kemenangan (balap karung). Lomba yang familiar bagi masyarakat, tetapi tetap menjadi menarik karena tidak mudah mengendalikan karung, ada juga yang terjatuh. Justru itulah yang menjadi tantangan bagi peserta.

IMG_20190816_105612.jpgIMG_4280.jpegIMG_4281_2.jpeg

Pada tanggal 17 Agustus 2019 siswa kelas X beserta guru dan karyawan melaksanakan upacara bendera di lapangan SMP Kristen Petra 5.

Syukur kepada Tuhan, kami bisa menikmati INDONESIA.

Mampukan kami bisa menjadi berkat bagi INDONESIA.

Jayalah INDONESIA-ku.

 

Kegiatan Camp Siswa Kelas XI: Wonderful Me

Salam Sejahtera... Selamat bertemu kembali. Pada kesempatan kali ini saya akan menceritakan kegiatan camp  siswa kelas XI SMA Petra 5 Surabaya. Kegiatan Camp dilaksanakan di Villa Bukit Hermon, Pacet. Camp dibagi menjadi 2 kloter, yaitu pada tanggal 7-9 Agustus dan  12-14 Agustus 2019.

IMG_6990.JPGDSC_2433.JPGDSC_2442.JPG

Tanggal, 12 Agustus 2019 pukul 08.00 pagi kami berangkat dari sekolah menuju villa. Kami berangkat naik dua bus yang disediakan. Selama perjalanan, gelak tawa tidak henti-hentinya terdengar dari segala penjuru bus. Ada saja tingkah lucu teman-teman yang mengundang senyum. Suasana di bus telah cair.

DSC_2578.JPGDSC_2580.JPGIMG_2579.JPG

Pukul 11.00 kami sampai di villa dan mengikuti acara penyambutan. Setelah itu, kami menuju kamar masing-masing untuk menaruh barang bawaan dan beristirahat sejenak. Sekitar pukul 12.00  kami makan siang dilanjutkan dengan mandi. Pukul 16.00 kami bersenang-senang dengan bermain indoor games di aula. Pukul 18.00 kami makan malam, dan pukul 19.00 hingga 22.00 malam kami menonton film dan dilanjut dengan sharing kelas. Pukul 22.00 malam, kami kembali ke kamar untuk beristirahat.

DSC_2517.JPGIMG_7499.JPGDSC_2406.JPG

Tanggal, 13 Agustus 2019, camp hari kedua. Hari  yang paling melelahkan karena setelah makan pagi dan jalan sehat, kami ber-outbound ria dan basah-basahan. Kami belajar bahwa kerja  sama dan solidaritas sangat diperlukan dalam tim agar menang di setiap pos. Senang dan semangat adalah dua perasaan dari sekian banyak perasaan yang kami rasakan saat mengikuti outbound.

Menjelang sore hari, kami mengikuti sesi ceramah yang dipimpin oleh Ibu Yola. Kami "dipaksa" untuk menemukan sisi wonderful dari diri kami sendiri, dan kami berhasil. Hal ini mengajarkan bahwa ternyata setiap manusia diciptakan begitu unik oleh Tuhan. Sesi ditutup dengan kami mengitari api unggun dan berkomitmen akan menjadi manusia yang wonderful dengan membuang jauh-jauh sifat buruk yang dahulu kami miliki. Keesokan harinya pukul 11.00 setelah ibadah penutup dan sesi foto bersama, kami siap kembali ke Surabaya dengan membawa kewonderful-an kami yang baru.

(Grace L.C.-XI IPA 4)

 

boost the values reap the success