Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Art Space

IMG 4552

Art Space, mungkin sebagian dari kalian bertanyakan? Apa sih Art Space itu? Art Space merupakan salah satu lomba yang diadakan oleh UBS Youth Con bersama dengan Teh Botol Sosro, dimana para millenials dapat menuangkan ide-ide inovatif mereka dalam sebuah karya berbentuk photo booth untuk masa depan Indonesia. Tahun ini Art Space menyusung tema “Future” dimana muda mudi diajak untuk menyampaikan idenya untuk menyelesaikan masalah masalah yang ada di negri kita saat ini melalui karyanya.

Persiapan untuk mengikuti lomba ini sendiri sudah kami lakukan 1 bulan sebelum lomba. Mulai dari memikirkan tema, mencari konsep, dan mendesign booth kami.

Akhirnya untuk Art Space tahun ini kami memutuskan untuk menyusung tema tentang kesetaraan gender. Kami memilih tema ini dengan tujuan untuk menghilangkan adanya stereo types gender, selain itu kita juga ingin menekankan bahwa hal ini benar benar terjadi dan kita tidak boleh menganggap remeh masalah ini, kita percaya untuk menyelesaikan masalah ini kita perlu mengubah cara berpikir masyarakat tentang kesetaraan posisi laki-laki dan perempuan di masyarakat.

Tema tadi kami wujudkan dalam sebuah karya yang berjudul “SO WHAT”dan didalamnya terdapat Arcade machine. Kenapa Arcade machine? Arcade sendiri bermakna sebuah permainan, permainan dimana kita melihat adanya perbedaan gender, siapapun boleh bermain. Selain itu kami juga membuat 2 buah papan yang mengkritik cara berpikir yang stereo-stereo types gender yang salah seperti “Cowok kok nangis sih”,”Cewek itu lemah” dan masih banyak lagi.

Persiapan utuk mengikuti lomba ini sendiri sudah kami lakukan 1 bulan sebelum lomba. Dari memikirkan tema, mencari konsep, dan mendesign booth kami.

Setelah yakin dengan tema, konsep dan design tersebut kami mulai membeli bahan dan berlatih setiap hari libur dengan mengorbankan jam-jam pelajaran bahkan hingga malam hari dan hari libur. Banyak hal yang kami lalui selama proses latihan ini suka maupun duka. Selain itu kami juga melakukan simulasi selama 2 x 5 jam dari situ kami belajar untuk memanage waktu, bekerja sama, dan bekerja dalam tekanan.

Hari perlombaan pun tiba, walaupun sudah berlatih berkali kali tetap saja suasana di tempat lomba dengan di sekolah jauh berbeda, selain tempat yang jauh lebih sempit, ada beberapa rencana yang tidak bisa dilakukan karena terkendala waktu dan  posisi booth yang tidak sesuai perkiraan kami. Walaupun hasilnya kurang maksimal kami sudah berusaha sekuat tenaga.

Sebagai penutup kami mendapat banyak hal dari perlombaan ini mulai dari kerja sama dituntut untuk melakukan hal dengan cepat dan praktis. Dan saya juga ingin berterima kasih kepada seluruh orang yang mendukung kami. Mulai dari orang tua, guru dan lain. Ini tidak lepas dari pertolongan Tuhan juga. Terimakasih

(Jade XI IPA 1)

 

Fun Research at Batu Secreet Zoo Jatim Park II 

Kegiatan Karya Wisata yang diikuti oleh siswa SMA Kristen Petra 5 dari jurusan IPS pada hari Senin, 13 Januari 2020 dan jurusan IPA hari Rabu, 15 Januari 2020 di Batu Secreet Zoo Jatim Park 2 dan Museum Satwa – Batu - Malang, memberi banyak sekali edukasi kepada peserta studi lapangan. Peserta menuju Jatim Park 2 untuk berwisata sambil merasakan suasana belajar yang baru. Di Jatim Park 2, peserta berinteraksi dengan seluruh pengunjung maupun pekerja di sana dengan tujuan memenuhi seluruh kriteria penelitian yang sedang mereka laksanakan di sana. Transportasi yang mengangkut kami menuju tempat studi lapangan tersebut berjumlah 5 bus yang sangat nyaman. 

stulap2020 2

Perjalanan karya wisata diawali dengan masuk ke Museum Satwa, di Auditorium untuk kelas IPS di kumpulkan dan di beri penjelasan tentang bagaimana mencintai lingkungan. Pemutaran film tentang Plastik sangat mengagetkan kami, karena film tersebut mengangkat plastik yang sangat banyak di Selat Bali oleh wisatawan di Bali. Diakhir pemutaran film ada sesi tanya jawab dengan pemandu wisata. Beberapa teman kami mendapatkan doorprize karena bisa menjawab pertanyaan yang dilontarkan. Perjalan dilanjutkan dengan mengelilingi area museum melihat hewan-hewan yang diawetkan di dampingi oleh pemandu wisata. Mulai dari hewan kecil hingga besar, jinak hingga buas, tidak umum hingga umum. Tidak lupa disetiap tempat hewan tersebut terdapat papan yang menjelaskan sedikit tentang hewan tersebut lengkap dengan nama umum serta nama latinnya. Peserta juga mendapat edukasi tentang sampah plastik yang kini menjadi masalah utama bagi sakitnya bumi. 

stulap2020_1.PNGstulap2020_2.jpgstulap2020_4.jpgstulap2020_6.jpgstulap2020_1.jpgstulap2020_5.jpg

Wisata pembelajaran dilanjutkan menuju Batu Secret Zoo yang letaknya bersebelahan dengan Museum Satwa. Di BSZ peserta diajak untuk mengamati hewan-hewan yang hidup. Setiap kandang hewan memiliki papan penjelasan yang dapat memudahkan pengunjung maupun peserta untuk mengerti sedikit tentang hewan yang mereka lihat dan amati. Peserta berjalan mengelilingi kebun binatang tersebut dengan kelompok yang telah dibagi bersama guru pendamping. Ada yang fokus pengamatan fauna , da yang mencari responden untuk wawancara, ada yang sebagian memvideo dan memotret sesuai dengan judul kelompok. 

Setelah Museum Satwa dan Batu Secret Zoo kami lewati, saatnya peserta dan pendamping makan siang bersama di Cafe Daun. Setelah makan siang bersama, peserta diperbolehkan untuk berpencar jika penelitian yang mereka lakukan sudah cukup dan diperbolehkan untuk melanjutkan penelitian kembali jika masih belum memenuhi penelitian yang mereka inginkan. Semua peserta pun akhirnya bersenang-senang dengan menikmati wahana yang ada pada Jatim Park 2 tersebut. 

Kegiatan Karya wisata ini tidak hanya berhenti sampai kegiatan observasi saja, tetapi hasil dari penelitian ini harus kami buat karya tulis. Didampingi oleh pembimbing yang mengampu 6 orang tiap kelompoknya, kami merasakan ada pembelajaran yang luar biasa dari obsevasi tersebut dan kami bisa belajar membuat karya tulis yang benar. Hasil karya tulis ini akan dipresentasikan pada mata pelajaran  Bahasa Indonesia pada tanggal 15 – 28  Februari 2020. Tentunya Pengalaman ini bisa menjadi bekal bagi kami untuk kedepannya. Kami berlatih mengambil data, memproses , menyimpulkan dan menuliskannya.

Terima kasih untuk kesempatan berharga ini.

 

Parenting Orang Tua Siswa Kelas X: Sosialisasi Program Sekolah  

Pada tanggal 5 Juli 2019 bertempat di ruang perpustakaan SMA Kristen Petra 5 diselenggarakan kegiatan Parenting untuk orang tua siswa kelas X. Pertemuan yang berlangsung selama 2 jam ini dibuka dengan puji-pujian dan doa dilanjutkan pemaparan materi sosialisasi oleh Kepala Sekolah, Wakasek Kurikulum, Wakasek Kesiswaan dan Koordinator BK. Pertemuan awal pihak sekolah dengan orang tua siswa kelas X ini bertujuan untuk membangun komunikasi dan kerjasama sekolah dengan orang tua, sekaligus mensosialisasikan visi misi, berbagai program sekolah, kurikulum, tata tertib dan pentingnya peran orang tua dalam proses penentuan peminatan IPA atau IPS.

PARENTING_X_2.JPGPARENTING_X_1.JPGPARENTING_X_3.JPG

Parenting yang dilaksanakan setiap tahun di awal tahun pelajaran untuk orang tua kelas X ini berlangsung dengan lancar, tertib dan orang tua antusias mengikuti. Hal ini tampak dalam sesi tanya jawab. Banyak orang tua yang mengajukan berbagai pertanyaan, saran dan masukan seputar materi yang disampaikan. Melalui kegiatan parenting ini diharapkan terjalin komunikasi dan kerjasama yang baik serta ada keterbukaan sehingga orang tua dapat melakukan proses pendampingan belajar bagi putra-putrinya sejalan dengan proses pendidikan dan pembelajaran yang diberikan di sekolah.

Kegiatan parenting ini akhirnya ditutup dengan doa dan tetap diberikan kesempatan kepada orang tua siswa yang ingin berkonsultasi secara pribadi dengan pihak sekolah baik dengan Kepala Sekolah, Wakasek, Wali Kelas dan Guru BK. Melalui kegiatan ini sekolah berusaha memberikan pelayanan kepada orang tua siswa sehingga dapat terjalin sinergi yang baik dan bermanfaat bagi sekolah dan orang tua siswa.

(MRP)

 

Short Live In Siswa Kelas XI di Lingkungan GKJW Mlaten 2019 

Dalam rangka mendukung program Spiritual Kristiani yang diterapkan di SMA Kristen Petra 5, telah dilaksanakan kegiatan Short Live In di lingkungan jemaat GKJW Mlaten Krembung Sidoarjo. Kegiatan yang dilaksanakan pada hari  Jumat tanggal 14 Juni 2019 ini bertujuan mengembangkan semangat kepekaan sosial, semangat melayani dan kepedulian kepada orang lain serta sarana pengembangan kepribadian siswa.

Live_In_di_GKJW_Mlaten_3.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_4.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_2.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_1.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_5.JPGLive_In_di_GKJW_Mlaten_6.JPG

Sebanyak 30 siswa dengan didampingi  12 guru pendamping, selama seharian belajar hidup berbaur dengan masyarakat jemaat GKJW Mlaten yang tersebar di beberapa lokasi. Melalui kegiatan ini para siswa diajar untuk menimba pengalaman hidup dengan melakukan berbagai kegiatan keseharian yang dilakukan oleh orang tua/keluarga yang ditinggali. Berbagai aktivitas sehari-hari yang mungkin tidak pernah dilakukan siswa di rumahnya, aktivitas itu antara lain  seperti membantu memasak, menyapu, mendampingi bermain anak-anak yang masih kecil dan sebagainya.

Pada awalnya siswa merasa kikuk berhadapan dengan lingkungan dan aktivitas yang tidak biasa, namun dengan pendampingan para guru pada akhirnya siswa dengan cepat dapat beradaptasi, terlibat secara aktif dan menikmati setiap kegiatan yang berlangsung, bahkan banyak siswa merasa terberkati dengan acara tersebut karena mendapat pengalaman baru yang berharga. Hidup bersama di lingkungan pedesaan dengan keterbatasan-keterbatasan yang ada membuat wawasan dan pemikiran mereka menjadi semakin terbuka sehingga mampu bersyukur atas hidup mereka selama ini.

Kebersamaan dalam sehari memang tidaklah cukup mengubah semuanya, namun setidaknya melalui kegiatan ini karakter siswa dibangun untuk memiliki perhatian dan kepedulian kepada sesama. Hal ini juga diwujudkan dalam bentuk pemberian paket sembako yang telah dipersiapkan kepada setiap keluarga yang ditempati. Mungkin tak banyak yang bisa diberikan, namun dengan  semangat diberkati untuk memberkati,  adanya kesediaan diri untuk datang, berbaur, melayani dan berbagi pengalaman telah menjadi sukacita tersendiri bagi setiap keluarga yang ditempati dan menjadi berkat pula bagi setiap siswa dan guru pendamping.

(MRP)

 

 

Christian Youth Music Festival 2019 For Junior High School 

Poster_FBG_A5_2019-revisi_untuk_pak_Andri.png

boost the values reap the success