HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Gali Potensi Di Momen Kemerdekaan Indonesia

Semarak perayaan kemerdekaan ke-75 RI juga turut dirasakan para siswa. Meski di tengah pandemi yang mau tidak mau memaksa mereka untuk belajar dan berkegiatan di rumah, tidak ikut menyurutkan semangat siswa untuk ikut menikmati anugerah kemerdekaan melalui berbagai lomba yang diadakan sekolah.

16._Pemenang_Poster_Agustus_2020_-_Feed_2.jpg16._Pemenang_Poster_Agustus_2020_-_Feed_1.jpg16._Pemenang_Poster_Agustus_2020_-_Feed_3.jpg

Menyambut HUT ke-75 Republik Indonesia, SMA Kristen Petra 5 seperti tahun-tahun sebelumnya mengadakan berbagai lomba. Selain sebagai bentuk sukacita merayakan kemerdekaan Republik Indonesia, lomba diadakan juga sebagai ajang mengaktualisasi bakat minat para siswa dalam bidang masing-masing. Tentunya dengan kondisi saat ini, bentuk kegiatan lomba juga ikut disesuaikan.

Melihat banyaknya talenta yang dimiliki siswa dalam berbagai bidang tentunya, SMA Kristen Petra 5 mengadakan beberapa lomba untuk mengaktualisasi dan mengapresiasi bakat dan minta siswa. Ada 3 jenis lomba yang diadakan, diantaranya lomba membuat poster, lomba kreasi masakan, serta lomba kover lagu Indonesia.

Semua lomba tersebut terbuka untuk seluruh siswa SMA Kristen Petra 5 yang berminat. Tentunya lomba tersebut memiiki tema khusus terkait dengan hari kemerdekaan RI yang juga dikaitkan dengan situasi saat ini. Misalnya, untuk lomba poster harus bertema ‘Makna Kemerdekaan di Masa Pandemi’. Lomba memasak bertema “Kreasi Masakan Kemerdekaan”. Harapannya, selain menghasilkan sebuah karya, siswa juga dapat memaknai setiap karyanya yang dikaitkan dengan kondisi saat ini. Hal ini untuk terus melatih kepekaaan siswa terhadap situasi kondisi yang berkembang.

Bersyukur untuk antusiasme siswa dalam mengikuti lomba-lomba. Meskipun dengan segala keterbatasan, siswa tetap mengikuti lomba dengan maksimal. Hal ini terlihat dari dokumentasi-dokumentasi yang juga mereka sertakan saat proses mengikuti lomba. Tentunya pihak sekolah juga mengapresiasi setiap partisipasi aktif siswa dalam mengikuti lomba. Setiap siswa yang mengikuti lomba mendapatkan reward berupa tambahan poin pada mapel Sejarah dan PPKn. Bagi pemenang lomba tentunya mendapatkan apresiaisi tambahan berupa kuota/data yang dapat dimanfaatkan untuk proses pembelajaran siswa.

Tentunya yang belum berkesempatan menang bukan malah menjadi kecil hati. Bukan juga berpikir bahwa tidak memiliki apapun yang dapat menjadi berkat untuk mengisi kemerdekaan. Saya tidak bisa ambil bagian apapun, saya tidak memiliki bakat, untuk apa saya berbuat sesuatu. Pemikiran semacam itu tentu harus kita buang jauh-jauh. Tiap kita memiliki bagian masing-masing yang telah dipercayakan Tuhan. Tuhan memberikan talenta yang berbeda-beda yang perlu kita kembangkan, sekecil apapun itu. Lomba hanya satu bagian kecil, sangat kecil. Masih banyak wadah lain untuk bisa kita isi. Masih banyak tangan-tangan yang juga butuh uluran kita terlebih di tengah situasi sulit saat ini. Jadi, bagaimana memaknai kemerdekaan di tengah pandemi ini? Ya jadilah bermakna dengan yang mampu kita lakukan. Dimulai dari lingkungan terdekat kita. Selamat menikmati dan mengisi kemerdekaan. Selamat menjadi bermakna. Salam merdeka!

 

Ibadah Syukur Memperingati Kemerdekaan Ke-75 RI

12._Info_Ibadah_Syukur_14_Agustus_2020.png

Semangat perjuangan harus terus membara, apalagi buat setiap kita yang mengaku punya jiwa muda. Sudah 75 tahun kemerdekaan Republik Indonesia dihadirkan. Tanpa kegigihan para pejuang saat itu, mustahil generasi kita menikmati kenyamanan kehidupan di era sekarang. Namun memang ada yang beda dengan HUT 75 tahun kali ini. Pandemi yang terjadi telah menuntut kita untuk berubah dalam banyak kebiasaan, termasuk saat ‘event’ Agustus-an seperti ini. Para peserta didik juga masih harus #StayAtHome dan #LearnFromHome sampai dengan saat ini. Lalu, bagaimana dengan kemeriahan di momen peringatan kemerdekaan tahun 2020?

Kebiasaan merayakan hari kemerdekaan yang diisi dengan berbagai lomba di sekolah pun harus diubah sedemikian rupa. Itu merupakan sebagian bentuk adaptasi kita dalam menghadapi situasi ini. Alih-alih terus mengeluh karena tak bebas #MerayakanKemerdekaan, Civitas Akademika SMA Kristen Petra 5 diajak untuk mensyukuri segala berkat Tuhan dalam momen #IndependenceDay. Melalui Ibadah Syukur, kita diajak untuk merefleksikan diri dalam ‘frame’ peranan individu di tengah-tengah komunitas/masyarakat sekitar. Bersama Ibu Ellyn Kurniasih Sarah Malelak, S.Si-Teol., kita akan bersama-sama merenungkan Firman Tuhan untuk memaknai arti Kemerdekaan Bangsa Indonesia di tengah situasi yang terjadi saat ini.

Sampai jumpa di Ibadah Syukur HUT Ke-75 Republik Indonesia.

Tuhan Yesus memberkati.

#KemerdekaanIndonesia #BangkitUntukIndonesiaMaju #KemerdekaanRI75 #IndependenceDay

#Smaktra5 #SMAPetra5Hebat #Petra #Sekolah #School #Pendidikan #Education #Edukasi

#GenerasiPembelajar #SiswaBerprestasi #GuruPenggerak #MerdekaBelajar #CerdasBerkarakter

 

Memperingati  Kemerdekaan Indonesia Di Era Pandemi

Kami bangsa Indonesia dengan ini menyatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal yang mengenai pemindahan kekuasaan dan lain-lain diselenggarakan dengan cara saksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

15._Dirgahayu_Indonesia_ke-75.jpg

20.-Dokumentasi-Upacara-Virtual_01.jpg20.-Dokumentasi-Upacara-Virtual_05.jpg20.-Dokumentasi-Upacara-Virtual_03.jpg14._Info_Upacara_Virtual_A5_Agustus.jpg20.-Dokumentasi-Upacara-Virtual_04.jpg20.-Dokumentasi-Upacara-Virtual_02.jpg

Harapan seluruh rakyat Indonesia akan kemerdekaan terwujud setelah perjuangan panjang dan luar biasa. Pembacaan teks proklamasi, 17 Agustus 1945 merupakan momen yang ditunggu-tunggu rakyat Indonesia. Dapat dibayangkan suasana saat itu. Berandai-andai jika saat ini kita berada dalam momen itu. Tentu kita akan semakin menyadari betapa berartinya kemerdekaan  yang telah diperjuangkan mati-matian oleh para pahlawan kita. Betapa kemerdekaan itu sangat dinanti-nantikan oleh bangsa Indonesia.

Kini, kemerdekaan sampai saat ini masih dalam genggaman bangsa Indonesia.Generasi kita menikmati hasilnya.Tentu kita patut mensyukuri nikmat kemerdekaan yang telah diperjuangkan dan dianugerahkan, salah satunya dengan kita terus mengingat mengenang jasa pahlawan.

Upacara dalam rangka memperingati kemerdekaan Indonesia ini menjadi salah satu kegiatan wajib. Salah satunya dalam rangka menghormati dan ikut mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Hal itu diwujudkan saat momen ‘Mengheningkan Cipta’ yang wajib dilakukan saat mengikuti upacara. Kewajiban itu tentu bukan malah menjadi beban. Justru kita sebagai bangsa Indonesia patut bersyukur senantiasa jika masih diberi kesempatan untuk mengenang jasa para pahlawan melalui kegiatan upacara.

Lalu apa perbedaan upacara kemerdekaan tahun ini dengan upacara kemerdekaan tahun-tahun lalu? Tentu secara kasat mata kita dapat melihat bahwa upacara tahun ini sangat berbeda. Jika tahun-tahun lalu kita bisa melaksanakan upacara dapat menghadiri secara langsung, tahun ini kita hanya mampu melaksanakan upacara secara virtual karena situasi pandemi yang masih terjadi hingga saat ini. Semua ini dilakukan sesuai protokol kesehatan yang berlaku demi kebaikan bersama. Akan tetapi, kita tentu yakin dan percaya bahwa hal itu tidak akan menjadikan alasan untuk kita mengurangi khidmat dalam merayakan kemerdekaan ke-75 RI melalui upacara.

Puji  Tuhan SMA Kristen Petra 5 pun telah melakukan kegiatan upacara dalam rangka memperingati kemerdekaan ke-75 RI secara virtual dengan lancar. Pada 17 Agustus 2020, tepat pukul 08.00 WIB, seluruh guru karyawan serta siswa kelas X secara serentak mengikuti upacara virtual dari rumah masing-masing. Semua tampak mengikuti upacara dengan khidmat di tengah keterbatasan yang ada. Bersyukur atas penyertaan Tuhan semua dapat berjalan baik dan lancar.Tentunya semua tidak akan terlaksana dengan baik jika tanpa anugerah Tuhan melalui tangan-tangan semua rekan yang terlibat dan kerja sama dalam mempersiapkan upacara ini mulai dari awal proses perekaman, proses pengeditan, hingga terselesaikan semuanya.

Bersyukur dengan anugerah Tuhan atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan. Bersyukur atas kesempatan bagi kita jika saat ini masih dapat melaksanakan upacara memperingati kemerdekaan ke-75 Republik dengan lancar di tengah situasi pandemi ini. Harapannya, di usia ke-75 kemerdekaan ini, terlebih di situasi yang cukup sulit saat ini tidak menyurutkan langkah kita untuk terus mengobarkan semangat mengisi kemederdekaan dengan bagian-bagian yang sudah Tuhan percayakan bagi kita. Sekecil apapun, jika itu adalah hal positif tentu tidak akan pernah ada kata sia-sia. Tetap semangat berkarya dengan talenta masing-masing. Jaga selalu kemerdekaan agar terus dalam genggaman kita. Indonesia merdeka, Indonesia jaya. Salam merdeka!

 

Kesiapan Menuju New Normal

Kegiatan Persiapan Guru dan Karyawan SMA Kristen Petra 5 Surabaya

Tahun Ajaran 2020/2021

 1._IG_Gukar_Siap_New_Normal_Juli_2020.png

Saat ini mau tidak mau, siap tidak siap manusia harus menghadapi sebuah tatanan kehidupan yang baru. Dalam mewujudkan tatanan kehidupan yang baru tentu banyak tantangan yang harus dilalui. Saat ini hampir semua sektor kehidupan menghadapai tantangan yang sama. Bagaimana tetap produktif dan jadi berkat tanpa terhalang keterbatasan yang ada.

Menyongsong "New Normal", SMA Kristen Petra 5 tentunya telah berkomitmen untuk tetap menjadi berkat bagi sesama, khususnya dalam bidang pendidikan. Bersyukur bahwa komitmen untuk memberi pelayanan terbaik telah didukung dengan fasilitas yang mumpuni. Tinggal bagaimana kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan menjadi bagian dari kebiasaan baru yang dijalani.

Selamat menyongsong " New Normal". Tetap semangat, tetap berkarya.

Tuhan Yesus memberkati.

#Smaktra5 #SMAPetra5Hebat #Petra #Sekolah #School #Pendidikan #Education

#GenerasiPembelajar #SiswaBerprestasi #GuruPenggerak

#NewNormal

Bringing Out the Potential from Home

Kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

IMG_9961.jpgIMG_9836.jpgIMG-20200718-WA0000---VincentB-S.jpgIMG_9819.jpg2020-07-17-18-08-21-732---Vijjasuli-W.jpgIMG_9962.jpg

Terhitung sejak Maret 2020, Indonesia telah dilanda pandemi Covid-19 layaknya banyak negara di berbagai belahan dunia. Lingkungan sekolah sebagai tempat belajar para siswa terpaksa ditutup bagi aktivitas pembelajaran tatap muka. Kondisi ini terus berlanjut hingga masa pergantian Tahun Ajaran di Bulan Juni – Juli 2020. Menyambut Tahun Ajaran baru 2020/2021, SMA Kristen Petra 5 terpanggil untuk tetap memberikan pelayanan terbaik di bidang pendidikan, sekalipun tantangan situasi saat ini tak akan mudah. Dengan tetap berhikmat dan membangun kesiapan yang matang untuk pembelajaran di era New Normal, pelaksanaan aktivitas sekolah diawali agenda Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang dilaksanakan pada tanggal 13 – 16 Juli 2020. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring sesuai arahan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Para siswa kelas X sebagai peserta MPLS mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari tempat tinggal masing-masing.

Sekalipun situasi pandemi memaksa pola kegiatan pembelajaran menjadi berubah total, namun tekad mewujudkan prinsip pendidikan yang holistik sesuai visi sekolah tetap diupayakan. Diawali dengan kegiatan MPLS, para guru berupaya membangkitkan gairah generasi pembelajar untuk tetap semangat dalam menghadapi kondisi ini. Melalui tema “Bringing Out the Potential from Home”, para siswa kelas X yang baru saja menapaki level baru di jenjang SMA ini diharapkan mampu menggali dan mengeksplorasi segala potensi diri dari rumah masing-masing. Meski tak bebas dan diharuskan berdiam di dalam rumah, namun membangun kesadaran bahwa potensi diri tetap dapat diaktualisasikan menjadi perhatian penting.

Selama empat hari pelaksanaan MPLS tersebut, berbagai tools teknologi digunakan untuk memaksimalkan konsep kegiatan dari sesi ke sesi. Penggunaan aplikasi video conference seperti Zoom Meetings Cloud menjadi sarana interaksi dan pertemuan antara siswa dengan guru serta para narasumber di setiap sesi. Esensi kegiatan MPLS untuk mengenalkan ‘wajah’ sekolah kepada para siswa diakomodasi dalam konsep acara yang meliputi Sosialisasi Tata Tertib, Sosialisasi Kurikulum, Perkenalan Dewan Guru dan Tenaga Kependidikan, Wawasan Wiyata Mandala, dst. Keterlibatan narasumber di setiap sesi tidak hanya diisi oleh para guru, namun juga dihadiri oleh praktisi sesuai tema sesi yang ditentukan, di antaranya Kapolres Wonocolo dan Danramil Wonocolo beserta tim. Kehadiran para narasumber tersebut juga mampu menghidupkan suasana belajar jarak jauh dengan mengutamakan interaksi dua arah yang bersifat student oriented.

Meski berbagai macam program kegiatan sekolah rutin harus dihentikan sementara, begitu juga dengan fasilitas sekolah yang belum bisa dinikmati dan dimanfaatkan langsung oleh para siswa, namun keyakinan bahwa situasi pandemi ini akan cepat berlalu menjadi ikatan doa kita bersama. Pengembangan potensi diri setiap siswa tetap menjadi salah satu fokus utama di dalam proses pendidikan yang akan mereka arungi bersama. Kesulitan dan tantangan besar bisa saja tetap menghadang, maka sikap berhikmat pada Tuhan Yesus adalah sebuah jawaban. Mari para siswa kelas X, arungi masa studi di jenjang yang baru ini, meski tak biasa karena situasi pandemi, akan tetapi yakinlah bahwa kekuatan Tuhan ada pada kita semua.

#MplsDariRumah #Mpls

#Smaktra5 #SMAPetra5Hebat #Petra #Sekolah #School #Pendidikan #Education

#GenerasiPembelajar #SiswaBerprestasi #GuruPenggerak

#NewNormal

 

 
boost the values reap the success