PSB 2022/2023    

PSB 2022/2023

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

PENDAFTARAN ONLINE    

PENDAFTARAN ONLINE

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

PHYSICAL GROWTH    

PHYSICAL GROWTH

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

EMOTIONAL INTELLIGENCE    

EMOTIONAL INTELLIGENCE

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

TALENT DEVELOPMENT    

TALENT DEVELOPMENT

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

RELIGIOUS EDUCATION    

RELIGIOUS EDUCATION

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

ACADEMIC EXCELLENCE    

ACADEMIC EXCELLENCE

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

AISEEF 2021    

AISEEF 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

PDC 2021    

PDC 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

CIPTA DAN BACA PUISI 2021    

CIPTA DAN BACA PUISI 2021

Bersyukur atas keberhasilan Grace Laura Christy dalam ajang Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-70 PPPK Petra tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Grace berhasil meraih Juara 1.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)    

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

FASILITAS SEKOLAH    

FASILITAS SEKOLAH

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana yang mumpuni.  

STUDIO PEMBELAJARAN DARING    

STUDIO PEMBELAJARAN DARING

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Berbagi Kasih melalui Bakti Sosial

Halo teman-teman? Apa kabar semuanya? Semoga dalam keadaan yang baik dan sehat ya. Kami dari OSIS Smaktra5 mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas keterlibatan seluruh warga SMA Kristen Petra 5 yang telah berpartisipasi dalam Bakti Sosial Siswa 2021. Beberapa barang yang telah terkumpul yaitu meliputi masker, hand sanitizer, minyak goreng, gula, beras, dan makanan ringan. Semua barang tersebut kami kemas menjadi bingkisan yang siap untuk diberikan kepada beberapa komunitas dan perorangan yang menjadi sasaran kegiatan ini.

image_2.jpgimage_4.jpgimage_6.jpgimage_5.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg

Adapun sasaran pertama Bakti Sosial 2021 ini yakni Panti Asuhan Yestoya, sementara sasaran yang kedua yaitu Rumah Usiawan Panti Surya. Kedua sasaran tersebut memiliki lokasi yang dekat dengan SMA Kristen Petra 5. Khusus untuk barang berupa masker dan hand sanitizer kami prioritaskan untuk diberikan kepada Puskesmas Siwalankerto. Kemudian selain beberapa komunitas tersebut, kami juga membagikan bingkisan Bakti Sosial ini kepada perorangan yang kami temui di tepi jalan, khususnya bagi para penarik becak, tim kebersihan, penjaga palang pintu kereta api, dst.

Banyak pengalaman dan value yang kami dapatkan setelah membagikan bingkisan tersebut. Kami menyadari bahwa kehidupan ini bukan milik kami sendiri, namun berbagi merupakan panggilan nyata untuk setiap kita yang memiliki kapasitas itu. Tentu menjadi doa dan harapan kami bahwa kegiatan Bakti Sosial ini dapat memberi dampak baik bagi seluruh komunitas atau perorangan yang menerimanya. Semangat untuk terus jadi berkat bagi sesama kita ya teman-teman!

Penulis:
Maria Margareta S
X IPA 2/20

 

Virtual Open House Smaktra5

SMA Kristen Petra 5 sungguh bersyukur atas penyertaan Tuhan pada berbagai kegiatan yang telah terlaksana dan berlancar lancar selama Tahun Ajaran 2020-2021. Ada banyak kegiatan yang tentunya telah diadakan di SMA Kristen Petra 5 dalam berbagai kesempatan. Salah satu yang terbaru adalah digelarnya “Virtual Open House” bertajuk “Fun Skills Day”, “Fun Virtual Tour”, dan “International Study Life”. Berbagai acara ini diadakan tepat setelah para siswa kelas X dan XI selesai melaksanakan kegiatan Penilaian Akhir Tahun, yaitu 4-10 Juni 2021. Kegiatan ini tidak hanya diikuti oleh siswa SMA Kristen Petra 5 saja, tetapi terbuka bagi para pelajar SMP yang berminat mengikuti acara yang disajikan.

image_2.jpgimage_4.jpgimage_7.jpgimage_6.jpgimage_5.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg

Sesuai dengan namanya, “Fun Skills Day” merupakan rangkaian kegiatan yang menghadirkan berbagai narasumber yang memiliki talenta/potensi di bidang masing-masing dan siap membagikan ilmunya. Acara yang diikuti melalui Zoom Video Conference ini didominasi oleh narasumber yang merupakan alumni SMA Kristen Petra 5 Surabaya. Tentunya hal itu merupakan suatu kebanggaan tersendiri dan ungkapan syukur bagi kita semua jika melihat kaum muda mau berbagi dan menginspirasi dengan talenta masing-masing.

Rangkaian kegiatan “Fun Skills Day” yang dimulai Jumat, 4 Juni 2021 dibuka dengan sesi pertama bersama Natanael Hermawan yang berbagi ilmu sebagai seorang content creator. Di sesi berikutnya ada Rachel Angela yang berbagi pengalamannya sebagai seorang youth influencer. Pada hari kedua kegiatan “Fun Skills Day” Senin, 7 Juni 2021 para siswa diajak untuk melakukan fun cooking yang terbagi dalam dua sesi. Sesi pertama dipandu oleh Ibu Lindawati, lalu sesi kedua oleh Ibu Elisabeth Evi. Fun cooking ini merupakan penutup kegiatan “Fun Skills Day” selama dua hari.

Pada Rabu, 9 Juni 2021 para siswa diajak untuk jalan-jalan secara virtual dalam kegiatan “Fun Virtual Tour”. Daerah yang dipilih adalah Dieng, Jawa Tengah. Kegiatan ini dipandu oleh tour guide profesional, yaitu Bapak Dhimas. Para siswa yang merindukan untuk jalan-jalan di tengah masa pandemi ini setidaknya sedikit terobati dengan mengikuti kegiatan ini. Selain itu juga para peserta diajak untuk jalan-jalan berkeliling SMA Kristen Petra 5 melalui Video School Tour, tentunya hal ini menjadi pengalaman menarik bagi pelajar SMP yang ikut bergabung. Kegiatan terakhir sebagai penutup rangkaian “Virtual Open House” adalah “International Study Life”, Kamis 10 Juni 2021. Acara ini menghadirkan sesi bersama Talenta yang berbagi pengalamannya selama kuliah di Korea Selatan.

Bersyukur rangkaian kegiatan “Virtual Open House” dapat berjalan dengan lancar. Para siswa cukup aktif dan antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. Para siswa juga tidak segan untuk bertanya pada narasumber jika ada hal-hal yang ingin diketahui. Tentunya melalui kegiatan ini ada sebuah harapan untuk para siswa bisa termotivasi dan mau mengembangkan setiap talenta yang telah dianugerahkan Tuhan. Apapun itu. Tidak menyerah dengan segala keterbatasan dan tidak menjadikan situasi sebagai alasan pesimis meraih masa depan yang cerah. Tuhan senantiasa menyertai langkah kita. 

Penulis:
Olivia Noratiro, S.Pd.

 

Membimbing Anak Menjangkau Karir Masa Depan

Tidak terasa waktu berjalan sangat cepat hingga saat ini kita memasuki masa Revolusi Industri 4.0, yaitu masa di mana penggunaan internet untuk berbagai macam hal serta komputerisasi (Wikipedia Indonesia, 2020). Revolusi Industri 4.0 yang disebabkan oleh era disrupsi ini (distruption) membuat tatanan kehidupan bisa tiba-tiba berubah karena adanya hal-hal “baru”. Kehidupan manusia yang dahulunya dapat diprediksi, saat ini menjadi cepat berkembang dan berubah. Apalagi setahun terakhir dunia juga mengalami covidisruption yang mengakibatkan pesatnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

image 1

Perubahan yang begitu cepat menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa, terutama dalam mempersiapkan masa depan dan karir mereka. Kecepatan transfer informasi, perubahan yang serba cepat, kompleksitas, serti ketidakpastian dalam hidup turut memengaruhi perencanaan pendidikan dan karir para siswa. Karir atau pekerjaan yang ada sekarang tidak lagi menjamin masa depan yang pasti. Semakin hari, semakin banyak jenis pekerjaan yang tidak dikenal sebelumnya. Hal ini seiring dengan perkembangan era disrupsi yang begitu berdampak bagi masyarakat. Untuk itu, para siswa harus mulai merencanakan studi dan karirnya mulai dari sekarang.

image 2

Untuk bisa merencanakan studi dan karirnya, para siswa diharuskan untuk mempunyai karakter era 4.0, yaitu transformasi kognitif, transformasi emosi, dan transformasi perilaku. Tentunya, peran orang tua sangat penting untuk membentuk karakter ini. Dengan bimbingan orang tua, para siswa diajak untuk menyadari bahwa karir adalah suatu panggilan dan berhubungan dengan keunikan setiap individu. Orang tua dapat membimbing dengan membuka wawasan siswa dengan karir yang diminati, kemudian menentukan jurusan, Perguruan Tinggi, serta tantangan dan peluang yang akan dihadapi. Panggilan karir ini dapat didapatkan oleh siswa dengan membangun self awareness (pengenalan diri) yang baik. Transformasi kognitif ini kemudian mengarahkan siswa untuk mempunyai strategi guna mencapai karir yang diharapkan.

image 3

Di sisi lain, transformasi emosi juga menjadi karakter yang penting. Tidak hanya ilmu yang dimiliki, namun attitude (sikap), skills (keterampilan), dan knowledge (pengetahuan) bersinergi untuk menghasilkan penguasaan dan pengelolaan teknologi yang baik. Tentu hal ini tidak dapat dibangun dalam waktu singkat, sehingga peran orang tua dalam mengarahkan siswa juga menjadi poin penting. Terakhir, mengawali segala sesuatu dengan tekat (passion) menjadi bagian dari transformasi emosi yang tidak kalah pentingnya. Minat dan potensi yang telah dicari dan dibangun sebelumnya dapat menjadi dorongan untuk mencapai tujuan (karir) yang diinginkan. Tekad tersebut juga dapat menghasilkan kegigihan untuk bertahan mencapai tujuan walaupun membutuhkan waktu yang panjang dan tantangan yang berat.

Berbekal dengan karakter 4.0 yang dibangun dalam diri para siswa tersebut, niscaya pekerjaan-pekerjaan atau karir yang dipilihnya dapat berkembang dengan baik. Tentu karakter dan semangat tersebut harus dipupuk mulai sejak saat ini. Pekerjaan atau jenis karir yang akan dilalui para siswa juga akan sangat berbeda dengan saat ini, sehingga peran orang tua dalam mendampingi dan membuka wawasan siswa atas karir yang ada menjadi bagian penting yang diperlukan.

Penulis:
Natania Wijayanti, S.Psi

 

Hidup untuk Terus Belajar

Boleh dikatakan para siswa kelas XII SMA Kristen Petra 5 saat ini tinggal menghitung waktu menanti hasil kelulusan. Sebelumnya, para siswa kelas XII telah menjalani berbagai rangkaian ujian yang telah ditetapkan, baik dari sekolah maupun dari Dinas Pendidikan. Rangkaian ujian yang telah mereka lalui ditutup dengan ujian terakhir, yaitu USP-BKS (Ujian Satuan Pendidik - Berbasis Komputer dan Smartphone) pada tanggal 8-17 Maret 2021 dan EHB-BKS (Evaluasi Hasil Belajar - Berbasis Komputer dan Smartphone) pada tanggal 22-29 Maret 2021.

image_2.jpgimage_4.jpgimage_6.jpgimage_5.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg

Mengingat situasi pandemi yang masih terjadi, teknis pelaksanaan USP-BKS maupun EHB-BKS tetap dilaksanakan secara daring. Di tengah keterbatasan yang ada karena kondisi pandemi, kita tidak bisa berharap segala sesuatu terjadi ideal seperti pada kondisi normal. Akan tetapi, selalu ada jalan bagi setiap orang yang terus berupaya dan beradaptasi. Titik ideal mungkin tidak bisa diraih untuk saat ini, tetapi upaya memberikan yang terbaik tetap harus dilakukan. Dalam hal ini, SMA Kristen Petra 5 tetap berupaya memberikan pelayanan yang terbaik untuk mengantar para siswa menaiki level yang lebih tinggi.

Bersyukur atas penyertaan Tuhan pada para siswa kelas XII SMA Kristen Petra 5 yang telah menyelesaikan serangkaian ujian tersebut dengan lancar. Tentu semua ini boleh terjadi hanya karena penyertaan Tuhan saja. Terlebih di tengah kondisi pandemi yang hingga saat ini sama-sama masih kita rasakan. Tentunya rangkaian ujian yang telah dijalani para siswa dilakukan dalam rangka memperoleh kelulusan.

Apresiasi juga diberikan pada para siswa untuk upaya dan semangat yang mereka tunjukkan dalam melalui setiap ujian yang ada. Tentu kita tidak melihat akhir dari pembelajaran para siswa di jenjang SMA ini hanya melalui hasil ujian mereka. Namun proses yang telah mereka jalani selama tiga tahun, termasuk satu tahun terakhir saat pandemi mulai melanda. Selama setahun penuh tentu berat bagi mereka menjalani proses pembelajaran daring seperti saat ini. Para siswa benar-benar berjuang untuk melewati masa-masa ini. Bersyukur mereka diberi kemampuan untuk tetap semangat menjalani pembelajaran yang pada akhirnya mengantar mereka menuju gerbang kelulusan.

Perjuangan mereka dalam belajar tentu bukan berakhir pada saat mereka menerima hasil kelulusan. Bukan juga saat ijazah sudah di tangan mereka. Perjuangan sesungguhnya adalah ketika mereka mampu menerapkan semua ilmu yang telah didapatkan dan menjadi berkat bagi sesama. Tantangan terbesar mereka saat ini bukan hanya persaingan, namun yang lebih berat dari itu adalah memiliki karakter baik dan mampu menerapkan value-value yang telah didapatkan selama ini. Belajar tidak akan pernah selesai. Belajar tentu dilakukan seumur hidup. Jadi, teruslah belajar seumur hidupmu! Selamat untuk para siswa kelas XII yang telah menyelesaikan tugasnya di jenjang SMA. Selamat menaiki level berikutnya. Tentu kami tunggu kabar baik dan cerita kalian nantinya. Tuhan senantiasa menyertai langkah kita.

Penulis:
Olivia Noratiro, S.Pd.

 

Semarak Art Fest Smaktra5 2021

Pengembangan talenta merupakan bagian penting dalam mendukung proses belajar setiap peserta didik. Memberi kesempatan untuk aktualisasi bakat dan minat setiap insan pelajar menjadi hal yang pasti diperlukan, terlebih di situasi pandemi seperti saat ini. Himpitan pada ruang gerak para pelajar yang sampai dengan saat ini masih harus menjalani masa Learning From Home tentu menjadi tantangan nyata. Panggung Pentas Seni (Pensi) dan panggung-panggung pertunjukkan lainnya seolah-olah ‘mati’ sejak kebijakan Belajar Dari Rumah (BDR) dilaksanakan. Lalu apa kabar dengan nasib pengembangan beragam talenta peserta didik?

Menjawab tantangan untuk memberi peluang terhadap aktualisasi bakat dan minat peserta didik, maka SMA Kristen Petra 5 menyelenggarakan kegiatan Art Fest Smaktra5 2021. Hal ini juga menjadi perwujudan dari salah satu Focused Goals yang dimiliki oleh sekolah untuk terus mengembangkan talenta setiap insan pelajar. Kegiatan ini dikemas secara daring dalam beberapa rangkaian acara, di antaranya meliputi Virtual Expo, Dance Competition, Solo Guitar, Story Telling, dan Webinar. Secara keseluruhan kegiatan Art Fest Smaktra5 2021 ditujukan untuk pelajar di jenjang SMP dan SMA, sementara itu untuk bagian acara yang bersifat kompetisi hanya dikhususkan bagi pelajar SMP.

Konsep kegiatan yang dilakukan secara daring penuh memungkinkan keikutsertaan peserta dari berbagai daerah. Hal ini menjadi ruang gerak bagi panitia untuk mempromosikan kegiatan ini secara terbuka dan masif melalui media sosial dan jejaring satuan pendidikan. Hasilnya, secara kuantitatif terdapat lebih dari 50 pelajar jenjang SMP yang mendaftarkan diri sebagai peserta kompetisi dan terdapat lebih dari 150 peserta Webinar. Komposisi peserta kompetisi berdasarkan bidang lomba yaitu sebesar 23,5% merupakan peserta Dance Competition, 21,5% merupakan peserta Solo Guitar, dan 55% merupakan peserta Story Telling. Di samping itu, secara geografis, jangkauan keikutsertaan para peserta tercatat ada yang berasal dari Kota Surabaya, Kabupaten Sidoarjo, Kota Blitar (Jawa Timur), Kabupaten Kendal (Jawa Tengah), Kota Samarinda (Kalimantan Timur), dan Kabupaten Tolitoli (Sulawesi Tengah).

Tak kalah menarik, Virtual Expo sebagai salah satu bagian acara yang diselenggarakan juga telah mampu menarik minat berbagai pihak. Pameran virtual yang disajikan secara digital dan interaktif memanfaatkan platform Virtual Exhibition ternyata mampu memberikan user experience yang baru dan tentunya berbeda. Mitra konten dari pameran ini yaitu seluruh tim MGMP yang telah menampilkan portofolio karya siswa dan guru pengajar dalam kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) selama ini, baik pada saat sebelum era pandemi maupun pada saat era Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Jika Anda cukup penasaran dengan Virtual Expo SMA Kristen Petra 5, silakan kunjungi link berikut ini: bit.ly/virpopetra5 (dapat diakses sampai dengan 16 April 2021).

Bersyukur atas antusiasme setiap peserta, karena keberhasilan penyelenggaraan kegiatan ini sangat ditentukan oleh bagaimana kemeriahan bentuk kegiatan dan semarak para peserta. Meskipun semua acara dilangsungkan secara daring, tapi semangat dan jiwa kompetisi yang sportif telah ‘mendarah daging’. Selamat untuk para juara, tetap semangat untuk para peserta kompetisi lainnya dan selalu ‘hidupkan talenta’ kita untuk Kemuliaan Nama-Nya. Sampai jumpa di penyelenggaraan Art Fest Smaktra5 tahun depan!

Penulis:
Dwikki Rahadian Yudha Wijayanto, S.Pd.

 

boost the values reap the success