HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 Simulasi Tanggap Bencana

Kita tentunya tahu bahwa Indonesia adalah negeri yang kaya akan sumber daya alam dan kaya akan tanah/lahan subur yang bermanfaat untuk pertanian. Kondisi ini tak lepas kaitannya dengan keberadaan gunung-gunung berapi yang ada di Indonesia, yang ternyata merupakan jalur daricincin/lingkaran api Pasifik (ring offire). Selain sering mengalami letusan gunung api (vulkanisme/vulcanism), berada di jalur ini juga mengakibatkan Indonesia sering mengalami gempa(seisme/seism) yang terkadang menimbulkan gelombang tsunami. Disatu sisi, Indonesia adalah negeri yang kaya akan potensi alamnya. Di sisi yang lain, Indonesia juga memiliki potensi bencana alam yang lebih besar dari negara-negara yang ada di belahan bumi lainnya. Oleh karena itu, sebagai masyarakat yang tinggal di Indonesia,kita harus sadar akan potensi bencana alam ini dan memiliki kesiapan dalam menghadapi segala kemungkinan yang ada.

Mitigasi_Bencana_6.JPGMitigasi_Bencana_1.JPGMitigasi_Bencana_3.JPGMitigasi_Bencana_4.JPGMitigasi_Bencana_9.JPGMitigasi_Bencana_2.JPGMitigasi_Bencana_8.JPGMitigasi_Bencana_7.JPGMitigasi_Bencana_5.JPG

Beberapa waktu yang lalu, telah beredar kabar bahwa Kota Surabaya berpotensi mengalami guncangan atau gempa dengan kekuatan yang besar, yang dikaitkan dengan posisi Kota Surabaya masuk dalam zona/jalur sesar aktif (jalur Sesar Kendeng). Info ini telah menyebar di masyarakat dan sempat menjadi perdebatan di kalangan para ahli. Terlepas dari benar atau tidaknya keterkaitan hal tersebut, imbauan untuk tetap berhati-hati terus ada, salah satunya adalah dengan cara sosialisasi tanggap bencana gempa bumi di SMA Kristen Petra 5.

Pada tanggal 22 Oktober 2018, bapak dan ibu guru menjelaskan tentang apa yang harus dilakukan ketika tanda-tanda gempa muncul dan mengguncang. Pertama, ketika lampu mati dan sirene berbunyi, menandakan bahwa gempa bumi terjadi. Kami harus menundukkan kepala dan berlindung di bawah meja masing-masing. Kedua, jika gempa  sudah mulai reda, kami diharuskan untuk secepatnya berlari mengikuti jalur evakuasi yang telah ditentukan.

 Masih pada tahap kedua, kami juga disarankan berlari sambil membawa barang yang tebal seperti buku atau tas untuk melindungi kepala. Ketiga, setelah semua sudah berkumpul di titik kumpul dari jalur evakuasi dan terjadi gempa susulan, maka akan diarahkan untuk keluar dari titik kumpul (assembly point) menuju ke luar area sekolah.

Setelah penjelasan selesai, kami pun siap melakukan simulasi. Kami juga diberi intruksi untuk tidak bersandar di belakang pintu, menjauhi kaca dan tiang-tiang, serta dilarang bersandar di pilar-pilar. Kami diharuskan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan oleh sekolah. Jalur evakuasi juga telah dibagi sehingga tidak menjadikan kami menumpuk pada satu jalur yang sama. Ini akan mempermudah jalannya evakuasi untuk para siswa, karena sekolah kami berlantai empat.

Simulasi gempa ini sangat berguna bagi siswa, karena memberi edukasi untuk siswa bagaimana cara menyelamatkan diri ketika gempa menyerang. Kami diberi pemahaman untuk menyikapi dan memanfaatkan informasi-informasi yang diberikan dengan baik, serta paham akan hal yang harus dilakukan ataupun tidak seharusnya dilakukan ketika gempa mengguncang. Simulasi ini secara tidak langsung juga memberi pembelajaran kepada siswa untuk selalu tanggap dan cepat dalam menghadapi keadaan apa pun, karena simulasi gempa ini akan terjadi kembali secara tiba-tiba/sewaktu-waktu. Ini merupakan sebuah pengalaman berharga buat saya, yang menyadarkan bahwa di mana pun saya berada, saya harus peka, tanggap, dan waspada dengan lingkungan sekitar, melihat ke mana arah jalur evakuasi, serta mengikuti instruksi pihak terkait.  Semoga Indonesia tetap dalam perlindungan Tuhan.

(Jade Nathania Susanto)

Pengalaman Retret Siswa

Pada tanggal 3 sampai 5 Oktober 2018 lalu, saya mengikuti retret sekolah yang diadakan di Griya Kusuma Indah dan Villa Hermon Pacet. Retret kali ini bertemakan 'Wonderful Me', yang artinya, aku luar biasa. Tema tersebut menegaskan kepada masing-masing dari kita untuk tidak merasa rendah diri, karena tiap pribadi memiliki keunikan dan kehebatannya masing-masing. Dengan demikian, kita tidak perlu iri hati terhadap orang lain dan mensyukuri apa yang sudah Tuhan berikan dalam diri kita.

Retret_5.JPGRetret_1.JPGRetret_6.JPGRetret_3.jpgRetret_4.jpgRetret_2.jpg

Kami berangkat dari sekolah menggunakan bus sekitar pukul 08.30 pagi dan tiba disana kurang lebih pukul 10.30. Setelah itu, kami berkumpul untuk melakukan ibadah pembukaan, pengarahan, dan dilanjutkan dengan makan siang. Selanjutnya kami diberi waktu untuk beristirahat sekaligus mempersiapkan diri untuk kegiatan selanjutnya. Setelah istirahat, kami makan snack dan dilanjutkan dengan sesi 1 yang berjudul 'Manusia dan Dunia'. Dalam sesi ini, pembicara menyampainkan bahwa pada zaman sekarang, manusia telah banyak terpengaruh dunia, baik itu pengaruh baik maupun pengaruh buruk, serta bagaimana cara kita mengatasinya sebagai orang Kristen. Setelah sesi 1 diakhiri dengan mengadakan ice breaking untuk 'menyegarkan' kembali para siswa sebelum masuk ke sesi berikutnya. Sesi 2 berjudul 'Breaking Myself Mental Blocking' yang berbicara tentang apa sih mental blocking itu, apa ciri-cirinya, dan bagaimana cara mengatasinya. Setelah itu kami diberi waktu untuk makan malam san dilanjutkan dengan sesi terakhir yang berjudul 'Aku Manusia Baru'. Kegiatan hari pertama berakhir pukul 21.30. Setelah itu kami dipersilahkan untuk kembali ke kamar masing-masing untuk beristirahat.

Keesokan harinya, kami harus bangun pukul 05.00 lagi untuk saat teduh bersama di taman. Setelah itu kami melakukan senam dan jalan pagi bersama. Kami sangat menikmati kegiatan ini karena kami bisa melihat pemandangan, menghirup udara segar, dan hal lain yang mungkin susah atau tidak bisa kami dapatkan di kota. Setelah jalan pagi, kami sarapan bersama dan dilanjutkan dengan kegiatan yang paling ditunggu-tunggu, yaitu outbond. kami bersenang-senang selama outbond. Ada games yang melatih kekompakan, ada games yang melatih kerjasama dan strategi, dan ada juga games yang menggunakan air sehingga kami basah-basahan. Meskipun begitu kami sangat bersenang-senang dan menikmati outbond itu. Setelah outbond, kami makan snack bersama dan selanjutnya kami dipersilahkan untuk membersihkan diri dan makan siang. Kami pun beristirahat, lalu pada pukul 16.00 Kami semua untuk kegiatan selanjutnya, yaitu sharing dengan wali kelas. Kami sudah memakai baju kelas sesuai kesepakatan masing-masing kelas, untuk foto bersama saat jam sharing nanti. Selain foto, kami akan menyampaikan kesan pesan, dan hal lainnya yang ingin kita sampaikan baik untuk wali kelas atau teman di kelas. Setelah itu kami makan malam dan dilanjutkan dengan kegiatan menonton film yang berjudul  'The Freedom Writers'. Film itu mengisahkan tentang perjuangan seorang guru dalam mengubah sikap buruk anak-anak didiknya. Sebelumnya mereka semua adalah anak yang nakal, sering berkelahi, dan rasis antar suku. Tetapi, setelah gurunya mengajar mereka, mendidik, bahkan gurunya juga rela berkorban bagi murid-muridnya, perlahan muridnya mulai berubah. Mereka sudah tidak berkelahi lagi dan mulai berteman tanpa membeda-bedakan. Di akhir cerita, semua muridnya menulis sebuah buku tentang bagaimana kisah hidup mereka. Dan buku itu akhirnya diterbitkan dengan judul 'The Freedom Writers'.

Setelah menonton film, panitia telah menyiapkan acara lain yang tidak kalah seru, yaitu api unggun. Para siswa diminta untuk memakai penutup mata dan dituntun oleh panitia untuk turun menuju taman, dimana api unggun telah disiapkan. Setelah semua siswa berkumpul di depan api unggun, guru pendamping memberikan refleksi atau pelajaran yang bisa kami dapatkan dari film tersebut. Kegiatan tersebut lalu ditutup dengan makan bakso bersama, dan setelahnya kami dipersilakan untuk beristirahat.

Keesokan harinya, kami berkumpul jam 07.00 pagi, dengan baju yang sudah rapi, koper yang sudah disusun, dan kamar yang sudah bersih. Setelah itu kami sarapan dan dilanjutkan dengan ibadah penutup. Dalam ibadah penutup itu juga, panitia mengumumkan pemenang dari outbond kemarin. Dan hasilnya, kelompok saya memenangkan juara 1! Saya sangat senang dan berterimakasih kepada Tuhan. Selanjutnya kami foto bersama dan bersiap-siap untuk pulang. Kami memulai perjalanan pulang sekitar pukul 09.00.

Dari pengalaman retret saya kali ini, saya sebagai peserta merasa bersyukur karena semua kegiatan dapat berlangsung dengan baik tanpa ada hambatan dan saya juga merasa senang karena saya menikmati setiap kegiatan. Banyak hal yang saya dapatkan, antara lain saya bisa belajar untuk bekerja sama, kompak, dan selain itu saya juga bisa belajar untuk mencoba memahami teman, dan masih banyak lagi. Saya bisa belajar untuk bertanggung jawab sebagai seorang panitia dan berhati-hati di setiap keputusan yang saya ambil. Sekian pengalaman saya, terima kasih.

Wonderful me? I am wonderful, you are wonderful, we are wonderful!

 

 

Event 17 Agustusan 

Kami merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia dengan lomba-lomba yang dilaksanakan pada tanggal 16 Agustus 2018. Lomba-lomba yang diadakan antara lain: Hiaslah Wajahku, Menuju Kemerdekaan , Tarikan Persatuan , dan Futsal Daster.

Event_17_3.JPGEvent_17_2.JPGEvent_17_4.JPG

Lomba yang selama ini belum pernah diadakan adalah lomba Hiaslah Wajahku. Hiaslah Wajahku, merupakan lomba Face Painting.Peserta Hiaslah Wajahku diminta untuk membuat face painting sesuai kreativitas masing-masing dengan tema Kemerdekaan. Lalu peserta akan mengadakan photoshoot , mengedit foto serta video behind the scene , lalu menguploadnya di akun Instagram masing-masing.

Lomba Menuju Kemerdekaan pun tidak kalah seru. Rally yang memiliki 5 pos ini bertempatkan diseluruh sekolah dan peserta diharapkan mencari pos masing-masing untuk mendapat poin.Tidak lupa juga peserta Rally Games ini harus menyiapkan atribut dan yel-yel kelas yang tak kalah unik.

Event_17_5.JPGEvent_17_6.JPGEvent_17_1.JPG

Lalu lomba yang tak kalah diminati oleh para laki-laki adalah Tarikan Persatuan. Lomba Tarik Tambang yang dikerumuni oleh berbagai kalangan dari kelas 10 sampai 12 yang bertempatkan di depan Lobby sekolah ini juga tak kalah menarik.Sorak-sorakan terus terdengar selama lomba Tarikan Persatuan berjalan.Walaupun lomba ini cukup berbahaya, tapi semangat para pemainnya juga tidak pernah luntur.

Lalu lomba yang terakhir adalah Futsal Daster.Futsal Daster merupakan inovasi dari permainan Futsal pada umumnya. Walaupun harus menggunakan daster, para pemain yang merupakan para laki-laki ini tidak merasa malu dan bahkan semakin bersemangat untuk mengikuti lomba Futsal Daster ini.Sorakan dari berbagai kelas selalu mengerumuni pertandingan yang sedang berjalan di Aula.

Tidak lupa sebelum lomba dimulai terdapat kegiatan senam yang dipimpin oleh Bu Monika dan dibantu oleh anggota OSIS sebagai peraga.Lagu yang digunakan adalah lagu yang lagi nge-hits sekarang ini yaitu Ddu-Du-Ddu-Du(BLACKPINK) dan Lagi Syantik(Siti Badriah). Para siswa yang diatur sesuai dengan warna baju agar membentuk bendera merah putih sangat antusias mengikuti senam ini dan bahkan ada yang menyanyikan dengan keras. Setelah senam, untuk Opening Ceremony diadakan pertandingan Futsal Guru vs OSIS. Para penonton sangat antusias dan berteriak-teriak dengan keras untuk mendukung tim kesayangannya masing-masing. Dan hasil akhir dari pertandingan kedua tim tersebut adalah Seri. Lalu setelah dilaksanakannya 2 kegiatan itu, lomba dimulai hingga selesai pada pukul 15.00.

 

Sosialisasi Narkoba: "Sayangi Masa Depanmu"

Seperti yang kita ketahui, narkoba saat ini telah menjalar pada semua kalangan, mulai dari remaja hingga orang dewasa. Telah tercatat menurut BNN, pada awal 2018 hingga juni 2018 ada sekitar 6,4 juta penduduk di Indonesia yang telah menjadi pecandu narkoba dengan pecandu yang masih usia dibawah 18 tahun sebanyak 5,9 juta yang totalnya telah menghabiskan sebanyak 6 ton/minggu. Maka dari itu, remaja masa kini membutuhkan bimbingan dan pendidikan tentang narkoba yang memadahi. SMA Kristen Petra 5 telah menerapkan pendidikan narkoba ini yang disampaikan oleh DR. SOUBAR ISMAN,S.H.,M.H.,M.Pd.,M.BA.,M.Sc.(14/11). Ia menyampaikan kegunaannya serta hal-hal yang terkait dengan narkotika.

Narkoba_3.JPGNarkoba_1.JPGNarkoba_4.JPG

Narkoba awalnya digunakan untuk keperluan medis dengan kepentingan sebagai obat bius dan penenang dengan dosis sedikit (narkoba golongan 2 dan 3 yang dapat digunakan untuk kepentingan medis). Namun kini banyak orang-orang tidak bertanggungjawab yang menggunakan narkoba sebagai obat penenang dikala mereka sedang stres atau butuh hiburan. Padahal, narkoba memberi dampak yang buruk dan menjadikan kecanduan. Dengan selektif dalam bergaul, mendekatkan diri pada Tuhan, berpikir panjang, beraktivitas positif akan menjauhkan kita dari hal-hal penyalahgunaan narkoba.

Beberapa narkoba gelap yang disalahgunakan di Indonesia yaitu ada 2 golongan yaitu, narkotika (heroin, ganja dan kokain, dll) dan psikotropika (Gol. I, Gol. II). Dijabarkan beberapa narkoba yang digunakan yaitu LSD/Kertas ajaib dengan cara penggunaan ditelan/ditempelkan pada mata atau gigi, akibat yang didapatkan secara spontan yaitu halusinasi pengelihatan dan pendengaran serta merasakan semuanya secara berlebihan dan paranoid dan akibat yang didapatkan dengan jangka panjang yaitu akan terus merasakan ketegangan dan panik yang luarbiasa. Faktor-faktor yang menyebabkan individu tersebut masuk dalam dunia narkoba yaitu penasaran, menghilangkan stres, ikut tren, tidak percaya diri, dan untuk senang-senang saja. Ciri-ciri pengguna narkoba biasanya suka menyendiri, prestasi turun drastis, wajahnya pucat, tangan suka bergetar, selalu gelisah, mudah tersinggung, suka berbohong, perilaku yang berubah, dll.

Adapun hal yang menyebabkan kecanduan yang tidak masuk dalam kategori narkotika yaitu rokok. Namun, rokok juga bahaya bagi tubuh bila digunakan terus-menerus. Nikotin, kandungan yang menyebabkan perokok merasa rileks, zat ini juga dapat membuat perokok menjadi kecanduan. Nikotin berasal dari daun tembakau. Dampak merokok bagi kesehatan dari segi medis adalah timbulnya serangan jantung, radang saluran pernapasan, fisik lemah, impoten, menimbulkan kebutaan, mempengaruhi kehamilan, penampilan buruk. Perubahan fisik pun juga didapat pada penggunaan rokok, antara lain, kantong mata hitam, gigi kuning, pinggang berlemak, cepat beruban, dan cepat keriput.

Menurut Cynthia X-IPA 1/7, manfaat yang ia dapat setelah mendengar sosialisasi pendidikan narkoba ini, kita harus menjaga pergaulan agar tidak terjerumus dalam hal yang tidak benar atau negatif, harus selektif dalam memilih teman, dan mengingat masa depan kita sendiri.

Menurut Hanson X-IPS 1/15, manfaat yang ia dapat dari sosialisasi pendidikan narkoba ini, ia dapat mengetahui jenis-jenis narkotika dalam berbagai macam bentuk agar terhindar dari niat orang-orang untuk memberi narkoba, dan mengetahui dampak negatif dari penggunaan narkoba.

“Darah Garuda”

“Indonesia Kerja Bersama” adalah tema yang angkat oleh Presiden Joko Widodo saat memperingati hari Kemerdekaan tanggal 17 Agustus 2017. Oleh karena itu SMA Kristen Petra 5 turut serta menerapkan tema tersebut dalam acara peringatan kemerdekaan Indonesia. Tanggal 18 Agustus 2017, SMA Kristen Petra 5  merayakan kemerdekaan RI dengan tema “Darah Garuda”.

Kira-kira acara apa yang paling disoroti kali ini? Tentu saja Battle Arena. Berbeda dengan Rally-rally pada umumnya. Battle Arena diadakan hanya dalam satu tempat. Tentu saja kerja sama antar anggota kelompok yang ditekankan disini. Kenapa? Karena setiap kelompok akan menghadapi tantangan yang sama, seperti memasukkan pensil kedalam botol, mengaitkan topi dengan kepala, memindahkan bola pimpong dengan piring, memindahkan sedotan dengan mulut, serta makan kembang goyang. Kelompok yang menyelesaikan dengan poin terbanyak yang menjadi pemenang.

Darah_Garuda-4.JPGDarah_Garuda-5.JPGDarah_Garuda-2.JPGDarah_Garuda-3.JPGDarah_Garuda-6.JPGDarah_Garuda-1.JPG

Selain itu ada lomba Made In Indonesia. Lomba ini adalah lomba memasak masakan khas Indonesia. Peserta wajib menyelesaikan dalam grup yang terdiri dari 3 orang. Tentu saja beda pendapat sering terjadi sewaktu memasak. Tapi para peserta bisa menyelesaikan dengan waktu yang ditentukan dengan spektakuler.

Terakhir ada lomba yang mendarah daging dalam lomba ini yaitu Tarik Tambang! Lomba yang sepertinya selalu hadir di setiap acara HUT RI ke-72 ini. Tarik tambang ini adalah lomba yang paling diminati oleh para siswa. Dalam lomba ini ada nilai kerja keras, pantang menyerah, berani tampil.

Semangat dan antusias siswa mengikuti rangkaian acara yang membuat acara HUT RI ke-72 ini berlangsung seru dan meriah. Kerja bersama perlu kita kembangkan di SMAKTRA5 untuk mencapai goal yang sama yaitu membawa nama baik sekolah, PPPK Petra dan Bangsa.

Dirgahayu Indonesiaku!!!

boost the values reap the success