HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Play Hard, Enjoy The Game, Be Humble!

Menjadi juara tidaklah mudah, apalagi dengan latar belakang tiap anggota tim yang berbeda. Hal tersebut mendorong kami membangun chemistry dalam tim. Meskipun kami masing-masing punya skill yang cukup bagus tetapi jika belum ada chemistry yang baik, maka kerjasama tim tidak akan mudah saat bertanding karena kerjasama tim ini merupakan elemen yang penting. Meskipun dari awal kami tidak saling kenal, apalagi ada beberapa anak yang bukan dari SMP yang sama, kami selalu berusaha memperbaiki chemistry di antara kami.

Basket-Girl-Smandela-Cup-2

Hal sederhana dan  kecil yang kami lakukan untuk membangun chemistry tersebut antara lain dengan makan bersama di kantin setiap hari. Tim kami terdiri dari 12 orang yaitu :  Theresia Virgin Margaret XII IPS 1 , Ajeng Lintang Saraswati XII IPS 1,  Auryn Adiwinata XI IPS 1, Stefani Lusia Litmantoro XI IPS 1, Vallent Jasmine Diaz Mahaputri XI IPS 2, Sherina XI IPS 2 , Cristabel Agatha Cumentas  XI IPS 3,  Evelyn Christina Elka XI IPA 1  , Lovelya Sherina XI IPA 2 , Agnes Belinda Sutama Watara X IPS 2 , Felicia Angelita X IPS 2  , Angelica Jacelyn X IPS 3. Dengan kebersamaan yang kami bangun tiap hari kami merasa lebih dekat dan memahami satu dengan yang lain.

Basket-Girl-Smandela-Cup-1

Dengan modal kebersamaan dan tekad bersama untuk menang kami selalu berusaha mengutamakan kerjasama tim, tidak ada yang bermain secara individu. Kami menyadari kunci keberhasilan kami dalam setiap pertandingan adalah kerjasama tim. Dalam pertandingan Basket Girl Smandela Cup oleh SMA Negeri 8 Surabaya, kami berusaha mengikuti dengan penuh semangat untuk menang, sekalipun pada awalnya kami bermain dengan sedikit rasa grogi. Puji Tuhan kami diberi kemenangan oleh Tuhan, kami menjadi juara ke-3. Bersyukur dengan kemenangan yang kami dapatkan, dan kami tetap semangat untuk menghadapi perlombaan yang akan datang dan akan terus berusaha menjadi juara.

Play Hard, Enjoy The Game, Be Humble!

 

Pengalaman Olimpiade Matematika di Unesa

Halo semua, perkenalkan nama saya Kensias Kristanto dari kelas XII IPA 1 SMA Petra 5. Pada kesempatan kali ini saya ingin menceritakan pengalaman saya mengikuti Mathematics Competition Revolution 2019 di Universitas Negeri Surabaya. Olimpiade Matematika ini merupakan ajang bergengsi tingkat nasional yang sudah diadakan sejak beberapa tahun yang lalu.

Olimpiade Matematika di Unesa

Tanggal 14 September 2019, diadakan babak penyisihan di Unesa Surabaya. Setiap peserta dihadapkan dengan 20 soal isian singkat yang harus dikerjakan dalam waktu 60 menit. Dengan soal yang susah dan waktu yang singkat, para peserta dituntut untuk dapat mengerjakannya dalam waktu yang efesien. Puji Tuhan meski saya mengalami banyak kesulitan dalam pengerjaan tapi saya masih diberi kesempatan untuk lolos ke babak semifinal.

Read more: SMA Kristen Petra 5 - Pengalaman Olimpiade Matematika di Unesa

OMITS 2019

IMG-20190825-WA0035

Beberapa minggu yang lalu, saya diajak untuk mengikuti sebuah lomba matematika kelompok yang diadakan oleh ITS, OMITS. Saya ikut lomba itu bersama dengan ko Kensias. Penyisihan diadakan pada tanggal 4 Agustus di ITS. Pada saat penyisihan, kami diberi waktu 90 menit untuk mengerjakan soal pilihan ganda dan isian singkat secara berkelompok. Pada saat itu, soal yang diberikan cukup susah namun masih bisa kami kerjakan. Kemudian kami mendapat pengumuman pada tanggal 17 Agustus dan kami mendapat peringkat pertama untuk regional Surabaya.

Kemudian, semifinal diadakan pada tanggal 24 Agustus 2019 di ITS. Sesi semifinal dibagi menjadi 2 sesi, sesi soal dan sesi games. Pada sesi soal, kami diberi waktu 120 menit untuk mengerjakan soal isian singkat dan uraian, akan tetapi soal dikerjakan secara individu, baru kemudian nilai kedua anggota tim digabungkan, soal juga tergolong susah. Setelah itu kami berpindah menuju ruang tempat sesi games, gamesnya berupa boardgame dengan “dadu”nya berupa soal matematika yang tingkat kesusahannya dibagi 3, mudah, sedang, dan susah. Pada sesi ini, soal soal dikerjakan secara berkelompok, walaupun begitu kami tetap terpaksa untuk mengosongi beberapa soal yang ada karena apabila kami menjawab salah, nilai kami akan dikurangi cukup banyak. Oleh karena itu, pada saat pengumuman finalis saya agak tidak yakin, namun akhirnya kami mendapat peringkat kedua dari 10 semifinalis yang dipilih.

Keesokan harinya, 25 Agustus 2019 final diadakan di ITS. Pelaksanaan final berupa pengerjaan soal uraian dan presentasi, kami cukup bisa dalam mengerjakan dan presentasi itu, kami mendapat waktu 90 menit untuk pengerjaan dan 10 menit untuk presentasi. Setelah itu kami mendapat waktu bebas hingga jam 6 sore dimana kami harus berada di Gedung Sawunggaling untuk pengumuman juara beserta gala dinner. Setelah berbagai rangkaian acara, tibalah pengumuman juara. Pada saat itu kami dipanggil sebagai juara kedua.

IMG-20190825-WA0037

Puji Tuhan, kami bisa memberi yang terbaik untuk sekolah.

(Ryan kelas Xi IPA 1 dan Kensias XII IPA 1).

 

Duta Anti Hoax dan Bullying

duta anti hoax dan bullyingSejak SMP kelas IX saya menyukai dunia modeling. Pada tahun ajaran ini saya Zefanya Aquila Cinta Amantha II IPS 2 mengikuti  lomba ajang Duta Pageant Lovers ( Duta anti Hoax dan Bullying ) yang diadakan oleh Rerez Rahardian (RD management) tingkat nasional. Total peserta yang lolos dalam tahap ini adalah 20 orang yang mewakili berbagai kota dan provinsi contohnya Surabaya, Sidoarjo, Mojokerto, Pasuruan. Diadakan selama 2 hari di Hotel Jawa dan Hotel Neo.

Tanggal 17 Agustus saya mengikuti karantina dan pembekalan mengenai pribadi sehari-hari, public speaking  (bagaimana cara menyampaikan materi dan cara agar percaya diri dan tidak grogi) dan juga interview, salah satu pertanyaannya adalah tentang kepribadian diri saya, bakat dan juga seputar dunia pageant.

Tanggal 18 Agustus saya mengikuti final di Hotel Neo disana saya menempuh 3 tahap yaitu TOP 10, TOP 5, TOP 3. Didalam beberapa tahap itu saya diberi berbagai pertanyaan dan juga harus catwalk. Puji Tuhan bisa menjadi Winner Duta PL ( Duta Anti Hoax dan Bullying ).

Hadiah yang saya dapat adalah uang tunai senilai 750 ribu rupiah, free deluxe room di Hotel Neo , Jalan-jalan ke Malang bersama TOP 3, free laser carbo di Estine Skincare Mulyosari dan juga RF (penghancuran lemak di pipi), crown, handbouqet, piala, sertifikat. 

Semoga waktu ke depan bisa memberi yang terbaik untuk sekolah.

(Cinta kelas XI IPS 3)

 

Tax Accounting Competition 2019 UKP

Pada tanggal 26-27 Juli 2019, Universitas Kristen Petra jurusan Akuntansi Pajak mengadakan lomba Tax Accounting Competition 2019. Saya bersama teman-teman, yaitu Yehezkiel dan Justin mengikuti lomba tersebut. Dari SMA Kristen Petra 5 ada 4 grup yang mewakili sekolah dalam lomba ini. Lomba ini diadakan selama 2 hari di Food Society Pakuwon Mall. Acara yang diadakan ada Rally Games, Kuis Millionaire, Kuis Mystery Box, Pressure Test di babak semifinal, dan yang terakhir Debat Cerdas Cermat di babak final. Lomba TAC tahun ini bertemakan Master Chef. Oleh karena itu ada beberapa babak yang diadopsi dari Master Chef, seperti Mystery Box dan Pressure Test.

IMG-20190728-WA0001.jpgIMG_20190804_223514.JPGIMG20190729125956.jpg

Pada hari yang pertama, lomba yang diadakan adalah Rally Games dan Kuis Millionaire. Di Rally Games ini, kami diajak bermain sambil menjawab pertanyaan yang ada. Tidak semua pos ada pertanyaannya. Jadi di Rally Games ini terasa seru, santai, tapi tetap mendapat ilmu. Lalu babak berikutnya adalah Kuis Millionaire. Di babak ini, kami diberi 5 pertanyaan dengan waktu masing-masing 12 menit. Kuis ini sama sistemnya dengan Kuis Millionaire pada umumnya. Kami dapat meminta bantuan seperti 50:50, ask the audience, dan call master. Tapi tidak setiap tim bisa meminta bantuan. Karena bantuan bisa diminta apabila menang beberapa kali di rally games.

IMG_0488-1.jpgIMG_2960.jpgIMG_20190731_100853.jpg

Hari kedua ada Kuis Mystery Box, Pressure Test, dan Debat Cerdas Cermat. Di Mystery Box, setiap tim harus menjawab 10 pertanyaan dengan sistem stop and go. Dimana setiap tim harus cepat-cepat menjawab dan apabila sudah ketemu jawabannya, dapat berkata stop, dan otomatis semua tim harus diam dan tidak boleh mengerjakan. Di babak ini hanya ada 10 pertanyaan dan harus direbut oleh 20 tim. Bagi beberapa tim, babak ini susah. Karena kami harus bekerja dengan cepat dan tepat. Lalu dari 20 tim, hanya diambil 12 besar. Dan 12 tim ini akan memasuki babak Pressure Test atau babak semifinal.

Di Pressure Test ini, kami diminta untuk menjawab beberapa pertanyaan dengan waktu yang sudah ditentukan. Dari 12 tim ini, akan diambil 4 tim untuk masuk babak final. Di babak final, kami harus mengikuti Debat Cerdas Cermat. Sistemnya seperti babak Cerdas Cermat pada umumnya. Setiap tim diberi lampu, dan siapa yang paling cepat menyalakan, akan diberi kesempatam untuk menjawab. Dan jika jawaban salah, maka tim tersebut tidak boleh menjawab lagi dan tidak ada pengurangan nilai. Saat di babak final, tim kami sempat seri dengan tim lain dan harus menjawab 1 pertanyaan rebutan. Dan tim kami berhasil menjawa pertanyaan tersebut.

Saat menunggu pengumuman, tim kami mulai menebak akan mendapat juara berapa. Kami mulai berpikir bahwa tadi kami memperebutkan juara 2, karena sudah terlihat yang juara 1 siapa dan yang juara harapan 1 siapa. Karena tim juara 1 terlihat aktif dan banyak jawaban yang benar (Jeremy, Lady dan Richard) dari SMA Kristen Petra 5. Sedangkan tim juara harapan 1 terlihat pasif. Dan ternyata benar, tim kami memperoleh juara 2 (Ajeng, Justin dan Yehezkiel).

Semua itu tidak dapat kami capai tanpa bantuan dari Tuhan, Juara 1 dan 2 dari SMA Petra 5 Surabaya. Di perlombaan ini kami mendapat banyak pengalaman. Mulai dari kenal teman baru, mendapat ilmu baru, dan lain-lain. Semoga kami dapat memenangkan perlombaan lagi dan dapat membanggakan nama SMA Kristen Petra 5 Surabaya.

 

boost the values reap the success