HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 

Easter Competition PPPK PETRA 2019

IMG 20190310 182820

Enharmonics adalah tim vocal group atau pop group yang dibentuk sejak 2017 yang awalnya bernama Starla Voice. Enharmonics dengan susunan anggota terbaru yang mengikuti lomba paskah yang diadakan PPPK Petra terdiri dari Fedorike Yaphilia dan Hans Amadeus (XI-IPA 2), Rensy Kireyne dan Tania Gissela (XI-IPS 1), Sentanu Chandra dan Freddy Christianto (XI-IPA 3), Alexander Anderson (XI-IPA 1), dan Yusuf Angga (X-IPS ), dengan 6 penyanyi dan 2 pemain musik yaitu gitar dan keyboard. Awalnya kami hanya menggunakan alat musik keyboard saja sebagai pengiring. Namun, seiring berjalannya waktu dan setelah beberapa kali berlatih, kami memutuskan untuk menambahkan gitar sebagai pengiring kedua.

IMG 20190409 091720

Kurun waktu yang pendek untuk latihan membuat tim kami sangat kewalahan karena harus berlatih sembari menyiapkan pembelajaran untuk menghadapi PHB. Dalam lomba ini kami memutuskan untuk memilih lagu Above All sebagai lagu pilihan dan lagu Because He Lives sebagai lagu wajib. Mengingat bahwa lomba ini adalah lomba vocal group, maka kami membutuhkan koreografi sebagai tambahan dalam bernyanyi. Proses pembuatan aransemen lagu, kami dibantu oleh Thomas Lesmono dan Antonio Nikolas (XII-IPA 1) sedangkan koreografi dibantu tim FORCE dan kami mulai belajar koreografi sehari sebelum lomba yaitu dihari Sabtu.

Pada hari Minggu 10 Maret 2019 pukul 14.00 WIB, sebagian dari kami melakukan registrasi di Pakuwon Mall lantai B1 tempat acara berlangsung. Tim kami tidak sempat untuk berlatih lagi dikarenakan beberapa anggota memiliki kesibukan masing-masing. Pada jadwal yang telah ditentukan, vocal group kami mendapatkan urutan tampil ke-2. Pada awalnya kami sangat gugup sehingga kami merasa performa suara kami kurang maksimal. Namun setelah tampil, ada perasaan lega dan kami merasa bahwa penampilan kelompok kami melebihi ekspektasi. Kami sangat terkejut saat pengumuman juara dan kami dinyatakan sebagai juara 2. Hanya ucap syukur kepada Tuhan....semua karena anugerahNya.

(Fedorike & Rensy)

 

 

Lomba Akuntansi di Universitas Islam Malang (UNISMA) 

Pada hari kamis, 25 Oktober 2018 kami, Ricky Suhartono dan Amelia Wiranata Dayan mengikuti lomba akuntansi di Universitas Islam Malang. Lomba ini terdiri dari 3 babak yaitu penyisihan secara online, semifinal mengerjakan siklus akuntansi, dan final cerdas cermat. Puji Tuhan kami berhasil melewati babak penyisihan dengan baik. Babak semifinal dari lomba ini cukup menantang, yaitu menyiklus dari jurnal umum hingga neraca saldo disesuaikan. Kami cukup kewalahan mengerjakan soal karena terdapat beberapa soal yang menurut kami tidak tepat.

Unisma_1.jpgUnisma_2.jpgUnisma_6.jpgUnisma_4.jpgUnisma_3.jpgUnisma_5.jpg

Saat pengumuman dari 5 ke 3 besar kami cukup khawatir jawaban kami benar atau salah. MC mulai membacakan dari urutan pertama dan kedua sementara nama kami tidak ada. Jika kami tidak lolos tahap ini kami hanya akan mendapatkan juara harapan. Puji Tuhan ternyata nama kami terletak di peringkat 3 dengan rentang poin yang sangat jauh dari peringkat 1. Akhirnya kami masuk ke babak 3 besar yaitu cepat tepat 10 nomor. Kami berusaha semaksimal mungkin melawan smk. Awalnya kami mengira kami akan mendapatkan juara 2 tapi Tuhan berkehendak lain. Berkat Tuhan, kami mendapatkan juara 1.

Pada tanggal 28 Oktober 2018 kami mengikuti lomba National accounting olympiad yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Malang adalah lomba yang cukup menarik. Karena lomba ini selalu menyimpan kejutan setiap kami mengikutinya. Lomba ini terdiri dari 3 babak yaitu penyisihan di region masing-masing, babak semifinal dan final yang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang. Babak semifinal terdiri dari dua bagian yaitu menyiklus akuntansi perusahaan jasa dan mengerjakan soal dan menempelnya di papan. Kami berhasil melewati babak semifinal dengan baik dan berhasil lolos ke babak final.

Di babak final terdiri dari 3 tahap yaitu single match dimana satu orang harus duduk dikursi panas dan mengerjakan soal secara bertingkat apabila salah maka poin akan dijumlah dari berapa banyak soal yang dijawab, tapi apabila salah menjawab akan dihitung dari titik aman. Dari tim kami yang duduk dikursi panas adalah Ricky Suhartono. Selanjutnya adalah babak presentasi harus mempresentasikam secara langsung segera setelah kami mendapatkan materi yang kami milih di pohon natal lalu kami mempresentasikannya di depan juri.

Dari ketiga babak tersebut semua dijumlah dan Puji Tuhan nilai kami tertinggi dari 5 tim yang ada dan kami mendapatkan juara 1 dan piala bergilir bisa kami bawa kembali. Pada hari Rabu, 7 November 2018 tim dari Petra 5 yang terdiri dari Ricky Suhartono (XII IPS 1) dan Amelia Wiranata Dayan (XII IPA 1) dan Jeremy Michael kelas (XI IPA 1) berhasil mendapatkan juara 1 di Wijaya Kusuma dalam lomba High Shcool Accounting Challenge. Lomba ini terdiri dari penyisihan yaitu multiple choice berisikan 100 nomor yang harus dikerjakan dalam satu setengah jam. Di babak final kami harus mempresentasikan secara lisan di depan juri mengenai perusahaan manufaktur sambil menulis dikertas untuk mendapatkan poin tambahan. Jadi kami harus mengerjakan dua tugas sekaligus yaitu presentasi dan menulis. 

Tetap dengan keinginan untuk lomba, saya Amelia Wiranata Dayan dan Jeremy Michael pada tanggal 8 Desember 2018 mengikuti lomba lagi di Sharia Economy Festifal di STIE Perbanas, dan mendapat juara 1. Kami menyadari bahwa semua bisa kami lalui karena Tuhan memberi kepandaian dan kesempatan. Terima kasih untuk sekolah, guru-guru yang membina. Segala Kemuliaan hanya bagi Dia Tuhan Yesus Kristus.

(Amelia, Ricky, Jeremy)

Accounting Competition

IMG 4019

Seperti kata bijak yang mengatakan bahwa rahasia sukses dalam hidup bagi seseorang adalah siap menghadapi saat kesempatan datang kepadanya, maka kami pun berusaha menggunakan setiap ada kesempatan lomba yang bisa kami jangkau. Kami, tim dari SMA Kristen Petra 5 yang terdiri atas Jeremy Michael, Ricky Suhartono, dan Amelia Wiranata Dayan, mengikuti Heroes Alliance 9 yang diadakan oleh Universitas Surabaya pada tanggal tanggal 20 Januari  2019 dan juga Competition of Accounting yang diselenggarakan oleh STIE Perbanas pada tanggal 17 Februari 2019. Dua kegiatan lomba yang kami ikuti berakhir menggembirakan karena kami dapat meraih kemenangan.

IMG 4440

Read more: SMA Kristen Petra 5 - Accounting Competition

Festival Ekstrakurikuler

IMG 3996

Puji syukur kepada Tuhan Yesus, kami diberi kesempatan menjadi juara lomba dalam Festival Ekstra 2019. Dalam menghadapi lomba ini, kami bersyukur karena dapat menghadapi suka dan duka dalam pembuatan film lomba untuk Festival Ekstrakurikuler 2019. Kami mengikuti dua kategori lomba, yaitu: Iklan Layanan Masyarakat (ILM) dan Vlog. Semua itu bertema “Pendidikan Karakter”. Kelompok kami dibagi menjadi dua tim. Ada tim ILM yang beranggotakan Devid, Theofeus, Bryant, dan Justine. Kemudian tim Vlog yang beranggotakan Timotius, Hans, dan Theofeus.

Pertama, kami menyiapkan konsep untuk membuat video ILM. Dalam pembuatan konsep, Devid dan Theofeus berdiskusi untuk menetapkan konsep. Akhirnya konsep yang ingin kami angkat adalah mengenai “Jujur Itu Baik”. Dengan video ini, kami ingin menyampaikan pesan mengenai pentingnya kejujuran karena kejujuran adalah jalan yang terbaik. Dalam pembuatan video, kami berhasil shoot semua scene tersebut dalam waktu sehari. Kami juga dibantu oleh pembimbing kami, yaitu Pak Dwikki. Singkat cerita, kami berhasil menyelesaikan video dan segera untuk upload video tersebut. Dan puji Tuhan... berbagai tanggapan positif bermunculan dalam akun Youtube kami. Itu yang membuat kami termotivasi.

Read more: SMA Kristen Petra 5 - Festival Ekstrakurikuler

Arti Sebuah Keberhasilan

International Economics Olympiad (IEO) yang diadakan di Moskow, Rusia, pada tanggal 14-22 September 2018, adalah penyelenggaraan tahun pertama dari perhelatan olimpiade ekonomi internasional untuk para pelajar dari berbagai negara di dunia. Puji Tuhan... saya, Ricky Suhartono Iskandar dari SMA Kristen Petra 5, terpilih untuk mewakili Indonesia di ajang internasional ini. Karena baru pertama kali, seleksi dilakukan melalui dua tahap. Tahap I diikuti oleh peserta OSN Ekonomi 2017 yang pada saat itu kelas X, dan tahap II berdasarkan hasil OSN Ekonomi 2018. Pada OSN Ekonomi 2018, saya meraih medali emas. Dan berdasarkan perhitungan nilai, saya layak mewakili Indonesia bersama dengan dua teman lainnya.

4.JPG5.JPG6.JPG1.JPG3.JPG2.JPG

Untuk persiapan IEO, peserta yang terpilih mengikuti pelatnas pada tanggal 19 Agustus-13 September 2018, yang dilaksanakan secara intensif dan terpusat di Jakarta. Pelatih-pelatihnya merupakan dosen dari universitas besar di Indonesia. Suasana pelatihan sangat menegangkan hingga sempat membuat saya berpikir untuk pulang kembali ke Surabaya. Dalam menghadapi situasi tersebut, saya mendapat banyak support dari keluarga dan teman, sehingga saya bisa mengatasinya.

Waktu keberangkatan pun tiba. Tim Indonesia berencana berangkat H-1, yaitu pada tanggal 13 September 2018. Akan tetapi, terjadi kesalahan visa karena tim Indonesia baru diperbolehkan memasuki Rusia pada tanggal 14 September 2018. Akhirnya, kami menginap di hotel bandara dan berangkat pada keesokan harinya.

Singkat cerita, kami akhirnya sampai di sana, dan perlombaan dimulai. IEO terdiri atas tiga babak, yaitu: financial literacy, pilihan ganda dan esai, serta business case. Babak financial literacy adalah suatu babak yang mana setiap peserta diberikan kebebasan memilih salah satu dari tiga financial goals. Peserta harus mencapai financial goals tersebut dengan menginvestasikan uangnya pada berbagai instrumen yang disediakan. Babak ini bisa saya lalui dengan baik meskipun tidak maksimal. Babak kedua adalah babak pilihan ganda dan esai. Kami diberi dua puluh soal pilihan ganda dan lima soal esai (namun hanya perlu mengerjakan empat dari lima soal esai yang diberikan). Soal-soal tertulis ini menurut saya sangat menantang. Tetapi puji Tuhan, saya mampu menyelesaikannya dengan baik. Babak ketiga adalah business case. Peserta dari negara yang sama dijadikan satu tim, lalu diberikan kasus bisnis dunia nyata. Jujur, tim Indonesia belum banyak mempersiapkan untuk babak ini. Hingga akhirnya skor diumumkan, kami mendapati bahwa kami berada pada peringkat terbawah.

7.jpg99.jpg9.jpg

Pada kondisi itu, kami semua sudah merasa putus asa dan ingin segera pulang kembali ke Indonesia. Saya hanya bisa berdoa dan berharap yang terbaik. Hari pengumuman pun tiba, saya sangat khawatir mengingat banyak sekali hal yang sudah saya korbankan untuk mempersiapkan IEO 2018 ini. Closing ceremony dimulai dengan berbagai pertunjukan mengesankan dari perwakilan Rusia. Kemudian... nama-nama peserta terbaik dari tiap-tiap babak mulai dibacakan, dan saya masih belum mendengar nama saya. Saya mulai pesimistis dan merelakan apa pun yang terjadi. Hingga pembawa acara mulai membacakan peraih medali perunggu. Saya sudah harap-harap cemas. Dan puji Tuhan...! Nama saya dipanggil. Saya segera menuju ke panggung dan menerima pengalungan medali. Sungguh suatu pengalaman yang sangat tidak terlupakan. Saya sangat merasakan bagaimana pertolongan dan mukjizat Tuhan nyata dalam hidup saya. 

Sekali lagi terima kasih untuk orang tua, teman, guru, SMA Kristen Petra 5, PPPK Petra, serta Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI yang men-support keikutsertaan kami dalam IEO 2018 ini. Menyadari betul bahwa tanpa mereka dan terlebih Tuhan Yesus, saya tidak bisa meraih keberhasilan ini. “Apa yang tidak pernah dilihat oleh mata, dan tidak pernah didengar oleh telinga, dan yang tidak pernah timbul di dalam hati manusia: semua disediakan Allah untuk mereka yang mengasihi Dia.” (1 Korintus 2:9). Segala kemuliaan hanya bagi Dia.

(Ricky Suhartono Iskandar, XII IPS-1)

 

 

boost the values reap the success