HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 Penantian Berharga di Akhir Tahun Ajaran

Ini kesuksesan yang terakhir yang kami berikan ke sekolah tercinta di tahun ajaran 2016/2017. Ditengah-tengah UKK kami masih  menyempatkan diri untuk unjuk kebolehan pada lomba band antar SMA Surabaya dan Sidoarjo yang diselenggarakan oleh SMA Pembangunan Sidoarjo. Kompetisi ini  menuntut kami  membagi waktu antara  belajar untuk UKK dan latihan band. Sejumlah 15 kompetitor bisa kami kalahkan oleh kemurahan Tuhan dan dari hasil kerja keras latihan.

Judul lagu Penantian berharga dan Baru adalah pilihan lagu kami. Tiga hal yang menjadi kriteria penilaian yaitu:  arransemen lagu, kekompakan dan penjiwaan.  Tim yang terdiri dari   Reinaldo Yohanes , Thomas Lesmono , Joshua Gilbert , Antonio Nikolas, Gilbert Nathaniel  dan Calvin Tjioe.  

Juara 1 kami persembahkan untuk SMA Petra 5. Terima kasih kepada Tuhan Yesus yang memberi kesempatan untuk berkarya, juga kepada pelatih Bapak Triyanto Hendra Mardani. Harapan kami tahun depan akan lebih banyak lagi prestasi yang bisa kami berikan untuk  SMAKTRA5.

IMG_3966.JPGIMG_3969.JPG

 Accounting Competition

Thanks God!

Itulah satu-satunya ungkapan yang bisa kami ucapkan saat itu. Puji Tuhan tim kami yang terdiri dari Chikita Priscila XII- IPA- 4 dan Amelia Wiranata XI- IPA- 1 berhasil memperoleh juara 1 dalam Accounting Competition yang diadakan oleh STIESIA. Bukanlah perjuangan yang mudah untuk mencapai tahap akhir. Tahap pertama kami diberi 50 soal multiple choice dan 10 soal true or false. Puji Tuhan kami bisa lolos masuk 10 besar dan lanjut ke tahap kedua.

Pada tahap kedua kami diminta membuat laporan keuangan yang merupakan bagian dari siklus akuntansi selama 2 jam, dimulai dari jurnal umum hingga jurnal penutup. Setelah itu diumumkan 4 tim yang berhak maju ke tahap akhir.

Puji Tuhan tim kami lolos ke tahap selanjutnya.Pada tahap ini, kami diberi waktu 40 menit untuk menyelesaikan 2 studi kasus yang diberikan dan mempresentasikan di depan dewan juri. Akhirnya waktu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Kami sangat berterima kasih dan bersyukur karena atas mujizat Tuhan kami bisa meraih juara 1.

Thank you Jesus. Kami percaya bahwa “if God say yes, no one will repeal  it”

Chikita P (XII- IPA 4)

IMG-20170514-WA0038.jpgIMG-20170514-WA0028.jpg

Memaknai HPSN (Hari Peduli Sampah Nasional)

Hasil dari proses pembelajaran ialah suatu tindakan nyata, salah satunya dalam aspek kepedulian terhadap lingkungan. SMA Kristen Petra 5 Surabaya sebagai salah satu institusi pendidikan di kota metropolitan kedua di Indonesia, yaitu Surabaya, memiliki peranan penting dalam menjalankan fungsinya. Proses pembelajaran yang dilaksanakan di sekolah ini memiliki kontribusi konkret untuk menyiapkan generasi yang kompetitif di masa depan. Mempersiapkan generasi tidak bisa hanya terpaku pada materi pembelajaran sebagaimana ada di buku-buku sekolah, namun membangun kepekaan terhadap situasi terkini menjadi tantangan model pembelajaran masa kini. Untuk itu, bertepatan dengan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) yang jatuh pada hari Selasa, tanggal 21 Februari 2017 ini, Smaktra 5, sebutan untuk SMA Kristen Petra 5 Surabaya, tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan itu untuk membangun kepekaan para peserta didiknya melalui momentum tersebut.   

IMG-20170219-WA0058

Sebagai salah satu mata pelajaran yang memuat materi mengenai lingkungan hidup, Geografi memiliki peranan penting dalam kegiatan ini. Dengan melibatkan seluruh siswa kelas XI IPS, guru mata pelajaran Geografi ingin membuat suatu pergerakan secara masif kaitannya dengan peringatan HPSN. Seluruh siswa kelas XI IPS didaulat sebagai Relawan Peduli Sampah dan diberikan tugas untuk mengampanyekan tentang HPSN dan pentingnya kepedulian terhadap sampah secara umum. Yang menjadi sasaran dalam kampanye ini ialah seluruh warga Smaktra 5 dan masyarakat sekitar. Bentuk kampanye yang mereka lakukan ialah dengan cara memberikan suvenir berupa stiker dan berbagi informasi serta ajakan untuk peduli terhadap pengelolaan sampah. Kegiatan ini harus didokumentasikan dan dipublikasikan melalui lini masa Instagram dengan hastag #A5forHPSN. Selain itu, ada beberapa perwakilan siswa masing-masing kelas yang akan menyampaikan orasi singkat melalui central loud speaker yang terhubung dengan semua ruang di Smaktra 5.

IMG-20170221-WA0043.jpgIMG-20170221-WA0055.jpgIMG-20170222-WA00291.jpgIMG_20170221_115919.jpgIMG_20170221_133359.jpgIMG-20170223-WA00051.jpgIMG_20170221_134643.jpgIMG-20170222-WA00301.jpgIMG-20170221-WA0039.jpg

 Keterlibatan para Relawan Peduli Sampah menunjukkan hasil yang positif. Begitu pula dengan respons warga Smaktra 5 yang begitu antusias. Para Relawan Peduli Sampah mulai melakukan pergerakannya untuk melakukan kampanye di jam-jam istirahat, tidak berhenti sampai di situ, sepulang sekolah juga ada yang memilih untuk melakukan kampanye pada masyarakat luas. Sasaran kebanyakan mereka di lingkup sekolah yaitu para guru dan karyawan. Bahkan beberapa dari mereka juga mengambil inisiatif untuk membantu pekerjaan Customer Service dalam membersihkan area sekolah dari sampah-sampah yang tertinggal. Begitu juga bagi Thalia, salah satu Relawan Peduli Sampah dari kelas XI IPS 1, dia mengatakan bahwa momen HPSN ini sangat berharga untuk diperingati di lingkup sekolah. “Kegiatan kami hari ini dapat menyebarluaskan mengenai peringatan HPSN yang tidak banyak orang tahu, termasuk warga sekolah kami. Melalui kegiatan ini jadi banyak yang mau mulai peduli terhadap kondisi sampah di lingkungan sekitar”, kata Thalia.

IMG-20170221-WA0012

Di luar lingkup sekolah, para Relawan Peduli Sampah juga memberanikan diri untuk mengkampanyekan HPSN pada masyarakat secara luas. Mulai dari driver taksi online, guru les, pedagang kaki lima, supir pribadi, dan tentunya anggota keluarga terdekat. Mereka percaya bahwa melalui momentum ini, kesempatan untuk bertindak secara nyata dan berpengaruh secara luas di masyarakat menjadi tujuan utama dalam membangun kesadaran akan lingkungan, khususnya kaitannya dengan sampah. Seluruh kampanye mereka telah terpublikasikan melalui beberapa media sosial, dengan harapan semakin banyak orang-orang di lingkaran komunitas mereka yang secara tidak langsung juga akan mendapatkan informasi tentang HPSN.

IMG 20170221 173556

               Semua kegiatan ini juga ditujukan untuk membangun kebudayaan cinta lingkungan dalam hal pengelolaan sampah. Terutama jika dihubungkan dengan Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020 yang digagas oleh Presiden Jokowi sejak tahun lalu. Para Relawan Peduli Sampah telah mengambil komitmen untuk menjadi pelopor peduli sampah di lingkungan sekolah dan keluarga, menjadi agen kontrol sosial untuk mengingatkan dan menegur orang di sekitar yang kedapatan membuang sampah sembarangan, dan terus mewartakan tentang Gerakan Indonesia Bebas Sampah 2020. Kebudayaan peduli akan sampah dapat memaksimalkan sarana tempat sampah yang telah tersedia di banyak ruang, khususnya di area sekolah. Dengan demikian, Smaktra 5 ingin menjadi institusi pendidikan yang memiliki roh peduli terhadap lingkungan, bukan sekadar meningkatkan level akademik, tetapi juga bersedia merawat bumi. Start Clean Every Day demikian Kepala Sekolah kami membuat motto bahwa bersih dimulai dari diri sendiri, lingkungan sekitar dan bumi yang lebih luas.

(Dwiki Rahadian, S.Pd)

LOMBA MENULIS ESAI YANG BIKIN DEG-DEGAN

 

Salah satu kalimat bijak favorit saya adalah, “Jangan menerka-nerkakan apapun yang terjadi nantinya, cukup berserah pada Tuhan Yesus dan lakukan yang terbaik. ”Maka, saat saya mengirimkan esai berjudul Pers dan Generasi Z untuk Lomba Menulis Esai Nasional tentang Komersialisasi Pers dan Dampaknya Terhadap Generasi Z yang diselenggarakan Pers Mahasiswa (Persma) Universitas Kristen Petra untuk merayakan HUT Genta pada akhir Februari 2017 kemarin, saya memaksimalkan kemampuan (walau dalam waktu yang tidak banyak) dan berdoa untuk diberi hasil yang terbaik menurut-Nya.

Cukup terkejut ketika lolos kebabak final, dimana 5 besar finalis diwajibkan menulis esai lanjutan, yaitu solusi atas permasalahan yang dituliskan dalam esai masing-masing sebelumnya. Finalis harus mampu menulis esai tidak lebih dari 800 kata dengan tema tersebut pada hari berikutnya, Sabtu (4 Maret 2017) di Gedung T Universitas Kristen Petra. Sungguh, saya deg-degan banget sebagai peserta dengan tipe perencana yang kecepatan di bawah 20 km/jam. Disitulah, saya menyadari bahwa kesenangan dan hobi saja tidak cukup dijadikan modal untuk bersaing di dunia luar. Akan ada banyak halangan yang berada di luar kendali kita, maka kita memerlukan Penyertaan sang Pencipta, efisiensi waktu, wawasan yang luas dan kepercayaan diri dalam mengembangkan potensi. Puji Tuhan, esai saya diapresiasi dengan nama saya disebutkan sebagai Juara 3. Kaget, senang, lega bercampuraduk dalam hati, tetapi saya sadari bahwa ada campur tangan Tuhan Yesus, dukungan orang tua serta bapak/ibu guru SMA Kr. Petra 5 dan teman-teman, juga peran buku Gunakan Hak Jawab, Hak Koreksi & Kewajiban Koreksi Anda, Ombudsman  Memfasilitasinya terbitan Tim Ombudsman JawaPos Grup dalam kemenangan  kali ini. Yuk, ikut berkarya untuk membuktikan kebenaran tulisan ini! (Magdeline Priscilia, XI-IPS 4)      

                     IMG-20170309-WA0004

LOMBA PRESENTER UNIVERSITAS BHAYANGKARA

Setelah mengikuti lomba MC pada hari Sabtu, keesokan harinya Minggu, 19 desember 2016 saya mengikuti lomba presenter yang diselenggarakan oleh Universitas Bhayangkara.

Lomba ini terdiri dari 3 babak. Dibabak pertama para peserta diberi kebebasan untuk memilih penampilan sebagai presenter atau News anchor dengan tema All About Surabaya. Saya sendiri memilih presenter karena merasa lebih menguasai.

Selanjutnya di babak kedua telah terpilih 20 peserta yang tampil sebagai news anchor dan membacakan berita yang dipilih secara acak pada saat itu juga. Masuk ke babak ke tiga hanya dipilih 4 peserta, kami diwajibkan tampil sebagai presenter dengan membawa materi yang dipilih acak sesaat sebelum babak ketiga dimulai.

Begitu senang dan mengucap syukur kepada Tuhan Yesus, nama saya disebut sebagai Juara 1.

 

Presenter_Bhayangkara_2.jpgPresenter_Bhayangkara_3.JPGPresenter_Bhayangkara_1.jpg

 

boost the values reap the success