PSB 2021/2022    

PSB 2021/2022

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2021/2022. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

Pendaftaran Online    

Pendaftaran Online

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

Physical Growth    

Physical Growth

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

Emotional Intelligence    

Emotional Intelligence

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

Talent Development    

Talent Development

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

Religious Education    

Religious Education

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

Academic Excellence    

Academic Excellence

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran Jarak Jauh    

Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

Sarana dan Prasarana Sekolah    

Sarana dan Prasarana Sekolah

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana.

Studio Pembelajaran Daring    

Studio Pembelajaran Daring

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Apakah Aku Sudah Menjadi Pahlawan?

“Kita tunjukkan bahwa kita adalah benar-benar orang yang ingin merdeka! Lebih baik kita hancur lebur daripada tidak merdeka!”

Image_004.jpgReview_Lomba_Hari_Pahlawan_hal.2.jpegReview_Lomba_Hari_Pahlawan_hal.1.jpegReview_Lomba_Hari_Pahlawan_hal.3a.jpegImage_001.jpgImage_003.jpgImage_002.jpg

Tentu kita ingat kutipan kalimat di atas yang disampaikan dengan semangat yang berapi-api oleh seorang pahlawan besar Indonesia, yaitu Bung Tomo. Masih jelas dalam ingatan kita berbagai sejarah perjuangan Bangsa Indonesia dalam upaya memperjuangkan kemerdekaan, salah satunya Peristiwa 10 November 1945 yang menjadi momen yang diperingati sebagai Hari Pahlawan. Sebagai bangsa Indonesia tentu kita tidak boleh melupakan peristiwa tersebut yang  menjadi simbol perjuangan rakyat Indonesia melawan penjajah demi merebut kemerdekaan.

Sejatinya kita pasti memiliki definisi yang sama mengenai sosok pahlawan. Jika ditanya siapa saja pahlawan pada masa dulu? Tanpa keraguan kita tentu akan menjawab pahlawan adalah orang-orang yang pada masa itu berjuang untuk merebut kemerdekaan dari penjajah. Kita memiliki satu suara yang sama untuk itu. Nah, untuk saat ini jika ditanya siapa pahlawan bagi kita? Tentu jawaban setiap orang akan berdeda. Bisa saja orang tua, guru, teman, atau orang lain yang mengabdikan hidupnya untuk kebaikan orang lain atau lingkungan. Ya, semua orang bisa menjadi pahlawan. Melalui apa? Melalui talenta yang sudah dianugerahkan Tuhan kepada kita. Tujuannya apa? Tentu agar menjadi berkat bagi sesama.

Memperingati Hari Pahlawan  Selasa, 10 November 2020, SMA Kristen Petra 5 mengadakan berbagai kegiatan lomba sebagai ajang aktualisasi bakat dan talenta siswa. Lomba-lomba yang diadakan antara lain, “Pahlawan Beraksi”, “Cerita Pahlawanku”, dan “Wawasan Milenial”. Kegiatan ini selain dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, juga bertujuan agar siswa semakin terpacu untuk mengembangkan setiap talenta yang dimiliki untuk menjadi berkat bagi orang lain. Bersyukur para siswa antusias mengikuti lomba-lomba yang diadakan. Misalnya pada lomba “Cerita Pahlawanku”. Siswa diminta untuk bercerita sosok pahlawan baginya. Dengan kreativitas masing-masing, siswa bercerita menggunakan properti yang sudah mereka siapkan. Ada yang menggunakan slide presentasi, ada yang menggunakan gambar-gambar lalu digerakkan seperti wayang, dan ada juga yang dengan percaya diri bercerita dengan intonasi dan gerakan untuk mendukung cerita yang disampaikan. Sosok yang diceritakan juga beragam. Mulai dari pahlawan masa penjajahan, keluarga, hingga sosok pemuda inspiratif yang peduli terhadap lingkungan. Berbagai cerita pahlawan yang disampaikan harapannya tidak hanya berhenti sebatas cerita, namun juga mampu menginspirasi siswa dan tentunya kita semua agar mau menjadi berkat bagi sesama.

Lalu bagaimana seharusnya saat ini kita sebagai Bangsa Indonesia menghargai dan menyikapi momen Hari Pahlawan? Ada baiknya mulai saat ini kita dapat menambah satu pertanyaan lagi dalam hati masing-masing. Mulailah kita tidak hanya bertanya siapa pahlawan bagiku? Akan tetapi, apakah saya sudah menjadi pahlawan bagi orang lain? Karena perjuangan saat ini bukan lagi merebut kemerdekaan seperti dulu. Bukan lagi berperang fisik melawan orang lain. Perjuangan saat ini musuhnya justru melawan diri sendiri. Saat kita mampu melawan sikap egois dan melakukan hal-hal positif yang berguna bagi orang lain dan lingkungan, itulah sejatinya seorang pahlawan masa kini.

Olivia Noratiro, S.Pd.

 

boost the values reap the success