PSB 2021/2022    

PSB 2021/2022

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2021/2022. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

Pendaftaran Online    

Pendaftaran Online

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

Physical Growth    

Physical Growth

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

Emotional Intelligence    

Emotional Intelligence

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

Talent Development    

Talent Development

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

Religious Education    

Religious Education

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

Academic Excellence    

Academic Excellence

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran Jarak Jauh    

Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

Sarana dan Prasarana Sekolah    

Sarana dan Prasarana Sekolah

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana.

Studio Pembelajaran Daring    

Studio Pembelajaran Daring

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 

Bersama Hadapi COVID-19 

Memasuki decade baru pada abad ke-21 ini, kita telah disambut oleh berbagai kejutan dari ketidaknormalan dan hal-hal baru. Banyak hal baru yang dicipta untuk membuktikan kegagahan manusia dalam menguasai alamnya; berbagai teknologi mutakhir yang lahir dengan fitur yang jauh lebih galak dari pada pendahulunya diluncurkan tahun ini. Walau demikian, alam tak mau kalah menyatakan eksistensinya yang lama diremehkan manusia.

gaby_4.JPGgaby_5.JPGgaby_1.JPGgaby_6.JPGgaby_2.JPGgaby_3.JPG

Memasuki 2020, sapaan hangat dating dari berita munculnya virus mematikan dari Negeri Tirai Bambu. Perbedaan budaya dan kebiasaan dijadikan alas an masyarakat dunia untuk menertawakan keadaan negara yang berada di belahan lain bumi, dada dibusungkan tinggi membanggan atas ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan yang dimilikinya. Melupakan bahwa pada dasarnya semua manusia adalah sama; makhluk lemah yang kapan saja dapat lenyap.

Tak lama berbangga diri, kerikil kecil, atau bongkahan batu besar yang menghalangi melejitnya peradaban manusia pada decade baru ini datang juga. Kita menamainya Coronavirus Disease, atau singkatnya Covid-19. Tiba-tiba peradaban manusia yang tadinya dibangun dengan begitu gagah dan maju selama seratus tahun terakhir goyah hanya dalam kurun waktu kurang dari enam bulan. Negara-negara maju dengan ekonomi raksasa secara pesat diperlambat sirkulasinya. Indonesia yang nyatanya bukan negara maju, apalagi negara adidaya merasakan besarnya dampak Covid-19.

Kasus di Indonesia sendiridi awali satu, kemudian sepuluh, laluseratus, tak lama limaratus, lalu seribu. Saat artikel ini ditulis, sudah lebih dari tujuh ribu orang yang dikonfirmasi terkena Covid-19, ratusan meninggal. Berbagai aktivitas normal masyarakat yang bertatap muka terpaksa dihentikan dan diganti dengan online meeting. Begitu pula dengan kegiatan belajar- mengajar.

Saat pemerintah mengumumkan dimulainya social distancing, siswa kelas XII sedang masa persiapan mengikuti ujian nasional. Satu langkah terakhir menuju kelulusan, ada saja halangannya. Ujian nasional diundur, kemudian dibatalkan. Harap-harap cemas, kami siswakelas XII selalu was-was terhadap berita terbaru dari Kemendikbud. Keikutsertaan dalam Ujian nasional bahwasannya adalah syarat kelulusan, bagaimana jadinya kami jika tidak mengikuti ujian nasional?

Akhirnya kami pun lega ketika pemerintah mengeluarkan keputusan pembatalan ujian nasional dan digantikan dengan akumulasi nilai rapor dan/atau nilai capaian ujian sekolah yang telah kami lewati. Sebagian besar siswa kelas XII bersorak senang bahwasannya kami berhasil lulus,  tanpa melewati ujian nasional. Sebagian lagi mengkhawatirkan masa depannya diperguruan tinggi karena memilih mengikuti ujian PTN.

Mereka yang sudah diterima di universitas pilihan sudah dapat bernafas lega karena pada dasarnya hanya perlu menunggu tahun ajaran baru dimulai sambil bersantai di rumah. Mereka yang sayangnya tidak lolos jalu rundangan, terpaksa menahan nafas sedikit lebih lama lagi di tengah ketidakpastian dan cekikan ruang. Tapi tak masalah, semua pasti akan berakhir baik.

Tak perlu khawatir jika sekarang nampaknya tidak ada jalan tetapi kaki harus terus melangkah. Terus melangkah saja karena kita pasti akan sampai ke suatu tempat, tempat yang lebih baik dari pada kemarin. Saat ini bumi sedang sakit, tapi bersama-sama kita pasti tetap bisa bertahan, lalu merasa bahagia ketika suatu hari nanti sama-sama melihat kebelakang dan berkata “kita melewatinya”.

Beberapa hanya harus merelakan waktu bermainnya, beberapa  harus merelakan waktu belajar bersama teman. Beberapa harus mengerjakan tugas di rumah, beberapa harus kehilangan pendapatan hariannya, dan beberapa harus merelakan tenaga, waktu, bahkan hidupnya untuk menyelamatkan yang lain. Hanya jangan pernah lupakan kita bersama-sama menghadapi Covid-19.

#StayHome #StaySave #LFH#WFH#

 

Gabriella (XII IPS 1)

boost the values reap the success