PSB 2022/2023    

PSB 2022/2023

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

PENDAFTARAN ONLINE    

PENDAFTARAN ONLINE

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

PHYSICAL GROWTH    

PHYSICAL GROWTH

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

EMOTIONAL INTELLIGENCE    

EMOTIONAL INTELLIGENCE

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

TALENT DEVELOPMENT    

TALENT DEVELOPMENT

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

RELIGIOUS EDUCATION    

RELIGIOUS EDUCATION

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

ACADEMIC EXCELLENCE    

ACADEMIC EXCELLENCE

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

AISEEF 2021    

AISEEF 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

PDC 2021    

PDC 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

CIPTA DAN BACA PUISI 2021    

CIPTA DAN BACA PUISI 2021

Bersyukur atas keberhasilan Grace Laura Christy dalam ajang Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-70 PPPK Petra tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Grace berhasil meraih Juara 1.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)    

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

FASILITAS SEKOLAH    

FASILITAS SEKOLAH

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana yang mumpuni.  

STUDIO PEMBELAJARAN DARING    

STUDIO PEMBELAJARAN DARING

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Cara Baru Ujian Praktik Di Tengah Pandemi

“Hari berlalu begitu cepat” itulah komentar dari banyak siswa kelas XII, karena di awal tahun 2021 mereka telah mulai menghadapi berbagai jenis ujian menuju akhir perjalanan di masa putih abu-abu ini. Salah satunya adalah Ujian Praktik. Karena pandemi juga belum berakhir, maka semua Ujian Praktik berlangsung secara daring. Memang di saat serba terjepit oleh keadaan, maka yang dituntut oleh kenyataan adalah bagaimana caranya untuk terus bertahan serta kreatif memikirkan hal-hal baru. Terdapat 10 mata pelajaran yang diujipraktikkan tahun ini, yaitu meliputi Pendidikan Agama Kristen, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Seni Budaya, Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, PKWU, Bahasa Daerah, Biologi, Fisika, dan Kimia.

PDC_Juara_3_Jan.21_-3_001.jpgDSC01444_002.jpgPDC_Juara_3_Jan.21_-2_004.jpgIGS_-_Juara_3_PDC_Ubaya_2021_003.jpg

Pada pelajaran Bahasa Indonesia, para siswa harus mempraktikkan menjadi pembawa berita yang komunikatif dan tanpa teks sehingga apa yang disampaikan dapat diterima dengan baik oleh para pendengar. Sementara pada pelajaran Bahasa Inggris siswa diminta untuk mempresentasikan salah satu dari 3 topik random untuk menguji kemampuan speaking mereka, opsi topiknya adalah tentang sosial media, pentingnya sopan santun, dan pekerjaan yang ideal. Menariknya, siswa dengan antusias menyampaikan pendapat mereka tentang isu terkini, pengalaman mereka di masa lalu, sekaligus mimpi mereka akan cita-cita atau pekerjaan di masa depan. Terakhir di rumpun pelajaran bahasa adalah Ujian Praktik Bahasa Daerah (Jawa) berkolaborasi dengan pelajaran Seni Budaya. Walaupun para siswa lebih akrab dengan Bahasa Daerah Suroboyo-an, akan tetapi bukan berarti tidak bisa berbahasa Jawa secara baku. Hal ini terbukti dari betapa fasihnya mereka ketika membuat video pertunjukkan drama tradisional menggunakan Bahasa Jawa dengan media wayang yang dinilai oleh mata pelajaran Seni Budaya.

Pada pelajaran Kimia siswa melakukan lima tahap percobaan, yang pertama yaitu perubahan warna indikator alami dalam berbagai larutan, percobaan kedua mengamati daya hantar listrik berbagai larutan, percobaan ketiga mengukur laju reaksi dengan konsentrasi zat yang berbeda-beda, percobaan keempat mengukur laju reaksi dengan luas permukaan berbeda-beda dan terakhir mengukur laju reaksi dengan suhu larutan berbeda-beda. Sementara itu pada Ujian Praktik mata pelajaran Fisika kali ini menggunakan aplikasi Peth. Melalui aplikasi tersebut siswa mempraktikkan tentang gerak harmonik sederhana. Kelebihan dari penggunaan aplikasi ini adalah siswa dapat mengamati gerak harmonik secara sempurna, sedangkan jika praktik langsung hal tersebut akan sulit diperoleh karena terhalang gaya gesek. Sementara untuk Ujian Praktik Biologi, siswa mengamati empat tema yang berbeda sesuai dengan nomor urut absen masing-masing, yaitu tentang denyut nadi, monokotil/dikotil, osmosis kentang, dan difusi teh.

Pada pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan (PKWU), siswa mempraktikkan pembuatan satu produksi makanan ringan yang memiliki nilai jual tinggi, menarik secara penampilan, dan tentu bergizi tinggi. Sementara pelajaran Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Olahraga mengajak para siswa untuk melakukan praktik senam irama. Hal ini tentu sangat relevan dengan masa-masa pandemi yang mengharuskan kita di rumah saja dan menjaga imunitas. Terakhir, Ujian Praktik Pendidikan Agama Kristen dikemas menarik dalam bentuk podcast secara berkelompok yang mendiskusikan tentang tema-tema yang seru, kontroversial dan sesuai dengan keadaan masa kini. Salah satu tema yang menarik yaitu “Apakah bucin itu dosa?”.

Sebagaimana hidup yang harus seimbang, begitupun juga pengetahuan, ada materi juga harus ada praktik, agar apa yang telah dipelajari tidak hanya diam di lubuk hati tetapi bisa dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari. Karena pada dasarnya apa yang dipelajari di sekolah pasti bermanfaat untuk kelangsungan hidup umat manusia dari berbagai sisi. Selamat dan semangat berjuang siswa kelas XII. Tuhan selalu menyertai!

Penulis: Sekar Sih Revashanti, S.Hum

boost the values reap the success