Penerimaan Siswa Baru    

Penerimaan Siswa Baru

Tahun Ajaran 2020-2021

CYMF    

CYMF

Christian Youth Music Festival 2019 For Junior High School In Surabaya and Sidoarjo

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Earth Day Project

Untuk memperingati hari bumi, siswa kelas X IPS SMA Kristen Petra 5 mendapat tugas mata pelajaran geografi yaitu menggalang dana untuk donasi baby tree (donasi pohon yang nantinya pohon akan ditanam untuk penghijauan kembali). Kami mendapat tema yang berbeda dalam satu kelas. Ada 5 kelompok dalam kelas. Kelompok kami mendapat tema “Food Waste” yang artinya sisa makanan yang terbuang. Pelaksanaan Earth Day kali ini berlangsung tanggal 23 April sampai 3 Mei 2019, masing-masing kelas akan melakukan orasi sentral, orasi di depan OSIS dan pameran poster dalam waktu satu hari.

Orasi_Hari_Bumi_4.JPGOrasi_Hari_Bumi_1.JPGOrasi_Hari_Bumi_6.JPGOrasi_Hari_Bumi_5.JPGOrasi_Hari_Bumi_2.JPGOrasi_Hari_Bumi_3.JPG

Dalam tugas ini, kami menggalang dana dan kelompok kami setuju berjualan. Setelah berdiskusi, kami memutuskan untuk berjualan tas pinggang (waist bag). Kami juga membuat poster yang berisi informasi tentang “Food Waste” dan ajakan agar tidak membuang sisa-sisa makanan. Poster, kami beri bingkai dan dipajang di area kantin sekolah.

Kami membagi tugas, ada yang orasi di sentral pada istirahat pertama dan kedua, ada yang mendokumentasikan dan ada yang orasi di depan ruang OSIS. Kami melakukan orasi pada hari Kamis, 25 April 2019. Orasi ini dilaksanakan pada saat istirahat berlangsung. Per kelompok bergiliran mempresentasikan tema yang sudah ditentukan. Kelompok kami menjelaskan bahwa food waste adalah sisa makanan yang masih bisa dimakan tetapi terbuang dengan alasan tidak suka, porsi terlalu banyak, maupun tidak ingin memakannya. Perlu teman-teman ketahui, makanan yang diproduksi tapi terbuang atau tidak dikonsumsi mencapai 1,3 miliar ton per tahun. Limbah makanan ini juga menambah emisi gas rumah kaca dan pemanasan global sebesar 3,3 miliar ton per tahun.

Tidak hanya kelompok kami, dalam jenjang kelas X IPA dan IPS mempresentasikan juga tentang bahaya penggunaan kantong plastik, mengurangi penggunaan kantong plastik diganti dengan kantong yang ramah lingkungan, sedotan plastik yang menggangu habitat hewan, hemat energi, tanam pohon, mengurangi emisi gas buang, membawa botol minum di sekolah.

Kami mewawancarai teman-teman dan guru yang hadir serta menyimak presentasi kami. Beberapa teman memberi tanggapan bagus dan mereka juga bersedia menjaga dan merawat bumi dengan cara tidak membuang-buang makanan, tidak lagi menggunakan kantong plastik, menghemat pemakaian listrik, membawa botol minuman sendiri dan tidak memakai botol plastik.

Rampok_Plastik_3.jpgRampok_Plastik_4.jpgRampok_Plastik_1.JPGRampok_Plastik_5.jpgRampok_Plastik_2.JPGRampok_Plastik_6.jpg

Apa yang kami lakukan tidak hanya sebuah teori, kami ingin gerakan yang kami lakukan juga berdampak bagi masyarakat luas, bahwa sangat penting untuk menjaga bumi ini. Minggu, 28 April 2019, SMA Kristen Petra 5 diwakili oleh anggota OSIS dan perwakilan guru Geografi (bapak Dwikki Rahadian) beserta guru lain mengadakan kegiatan Rampok Plastik di Taman Bungkul. Dua kali SMA Kristen Petra 5 mengadakan kegiatan ini. Kami merasa sedih, ternyata masih banyak masyarakat yang tidak menyadari bahaya penggunaan plastik dan masih senang menggunakan kantong plastik. Dalam waktu kurang dari 1 jam 3.000 kantong yang kami bawa habis untuk menggantikan kantong plastik yang mereka pakai. Tidak hanya mengganti kantong plastik dengan tas yang ramah lingkungan, kamipun memberi penjelasan kepada pengunjung bahayanya kantong plastik.

Tugas ini bukan hanya sekedar tugas tetapi kita dapat mengambil maknanya dan melakukannya dalam kehidupan sehari-hari. Kami merasa benar-benar menjadi duta lingkungan.

Mari sayangi bumi kita, lestarilah bumiku!

Selamat hari bumi!

(Kezia J/PR, XIPS1)

 

boost the values reap the success