PSB 2021/2022    

PSB 2021/2022

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2021/2022. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

Pendaftaran Online    

Pendaftaran Online

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

Physical Growth    

Physical Growth

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

Emotional Intelligence    

Emotional Intelligence

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

Talent Development    

Talent Development

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

Religious Education    

Religious Education

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

Academic Excellence    

Academic Excellence

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran Jarak Jauh    

Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

Sarana dan Prasarana Sekolah    

Sarana dan Prasarana Sekolah

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana.

Studio Pembelajaran Daring    

Studio Pembelajaran Daring

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Keterbatasan Bukan Alasan

Puji Tuhan SMA Kristen Petra 5 telah melaksanakan Penilaian Harian Bersama (PHB) Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020/2021 dengan lancar. PHB ini dilaksanakan dari tanggal 28 September s.d. 2 Oktober 2020 secara luring.  Memang, lagi-lagi karena keterbatasan akibat situasi pandemi saat ini, banyak hal berubah dan tidak bisa ideal seperti biasanya, termasuk pelaksanaan PHB. Namun, jangan sampai kita menjadikan keterbatasan itu sebagai penghalang kreativitas untuk bertumbuh dan berkembang. Satu hal juga yang perlu kita pegang dan sadari bahwa hidup bukan tentang hasil, namun hidup adalah sebuah proses. Kalimat yang mungkin terdengar klise dan kerap didengung-dengungkan sebagai kalimat motivasi. Namun kalimat itu benar-benar perlu dihidupi sebagai nilai untuk mengubah mindset yang sering lebih fokus terhadap hasil, tetapi melupakan cara/proses meraihnya.

1601612646132_-_JUAN_WILLIAM_3.jpg1601613089086_-_ANGELICA_JACELYN_4.jpgXII_IPS_3_-_Steven_Joy_1_-_Stephanie__S.Sos_1.jpg20201002_092110_-_RACHEL_GRACE_HERMAWAN_2.jpgJesca_1_5.jpg

Penilaian Harian Bersama yang dimulai Senin, 28 September 2020 diawali dengan presensi oleh wali kelas secara daring melalui  aplikasi Zoom pada pukul 08.00. Presensi dilakukan untuk mengecek kehadiran siswa. Jika siswa masih belum join, Wali Kelas akan segera menghubungi siswa ataupun orang tua dan menanyakan kendala yang terjadi. Komunikasi menjadi kunci utama dalam kondisi saat ini. Hari pertama di sesi 1 siswa mengerjakan ulangan mapel Biologi untuk kelas X, XI, XII IPA dan Sejarah untuk X, XI, XII IPS serta PAK di sesi 2. Penilaian Harian Bersama memang dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama dimulai pukul 08.15-09.15, sesi kedua dimulai pukul 10.00-11.00. Siswa diberi waktu 60 menit untuk mengerjakan dan 15 menit tambahan untuk mengunggah jawaban. Tambahan waktu untuk upload diberikan dengan pertimbangan kemungkinan-kemungkinan ada kendala teknis yang bisa saja dihadapi para siswa ketika mengunggah jawaban mereka. Tambahan waktu juga bervariasi tergantung besarnya kendala yang dialami siswa. Tentunya setiap kendala telah dikomunikasikan kepada Wali Kelas untuk kemudian diteruskan pada Wakasek Kesiswaan ataupun Wakasek Kurikulum. Puji Tuhan semua berjalan dengan lancar sampai hari terakhir. PHB ditutup dengan mapel Kimia untuk kelas IPA, Ekonomi untuk IPS di sesi 1, serta Bahasa Indonesia di sesi 2.

Penilaian Harian Bersama yang dilakukan siswa-siswa SMA Kristen Petra 5 pada hakikatnya tentu dilakukan untuk mengukur sejauh mana tingkat keberhasilan siswa dalam mengikuti PBM selama kurang lebih 3 bulan ini. Di sisi lain, konsep ulangan yang dilakukan secara luring juga memiliki maksud dan harapan di dalamnya. Kami meyakini dan berharap bahwa para siswa tetap memegang kejujuran dalam setiap tindakannya, khususnya dalam mengerjakan PHB ini. Mengapa berbicara mengenai kejujuran? Tentu dengan kondisi saat ini, tantangan terbesar siswa saat PHB adalah tetap konsisten memegang kejujuran meskipun peluang untuk berbuat curang terbuka lebar karena minimnya pengawasan di tengah berbagai  keterbatasan. Siswa sangat mungkin tergiur untuk bisa mendapatkan hasil yang sempurna tanpa memikirkan proses yang dilaluinya. Akhirnya lebih merasa bangga dengan hasil yang bagus meskipun prosesnya curang. Itulah mindset yang hanya berfokus pada tujuan dan bukan proses. Di sini siswa dilatih untuk melawan diri sendiri. Melawan godaan dan tetap percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki. Sambil terus mau belajar dan berkembang agar mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan. Semua itu tidak akan terjadi tanpa memohon hikmat dari Tuhan. Akhirnya, lagi-lagi hidup tidak melulu soal angka dan kuantitas. Hidup adalah soal value. Sudahkah kita memegang kejujuran di setiap hal yang kita lakukan? Seperti tertulis dalam kitab Mazmur 111:8 “Kokoh untuk seterusnya dan selamanya, dilakukan dalam kebenaran dan kejujuran.”

Oleh: Olivia Noratiro, S.Pd.

boost the values reap the success