HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Khasiat dibalik brokoli

Pola hidup sehat memiliki peran yang penting untuk meningkatkan dan mempertahankan kebugaran jasmani seseorang. Tidak ada kata terlambat untuk menerapkan pola hidup sehat, lakukan hal tersebut secara bertahap dan tidak dengan perubahan yang drastis. Hasil penelitian para ilmuwan di Preventive Medicine Research Institute, California, Amerika Serikat mengatakan, cara terbaik untuk mencegah penyakit kanker adalah dengan melakukan pola hidup sehat. Pola hidup sehat yang dilakukan oleh para relawan yang diteliti terbukti mampu mengubah gen mereka, sehingga efektif untuk mencegah terjangkitnya kanker.

Salah satu jenis sayuran yang dapat membentuk senyawa alami antikanker adalah brokoli. Brokoli atau Brassica oleracea L. ini adalah tanaman sayuran yang termasuk suku kubis-kubisan atau Brassicaceae. Banyak manfaat yang dapat kita rasakan dengan mengonsumsi sayuran ini, antara lain:

  1. Kandungan vitamin C yang tinggi yakni 94% per 100 gr, yang berfungsi menjaga sistem imun tubuh.
  2. Kandungan zat besi yang tinggi pada brokoli dapat meningkatkan produksi sel darah merah, sehingga dapat dijadikan sebagai penambah darah, terutama bagi penderita anemia.
  3. Kandungan kalsium pada brokoli yang setara dengan segelas susu, dapat membantu anak-anak dalam pertumbuhan gigi dan tulang.
  4. Menjaga keseimbangan kadar gula darah.
  5. Mengandung sulforaphane, yakni senyawa anti kanker.
  6. Kaya akan asam folat yang dapat membantu memperlancar aktivitas metabolisme tubuh.
  7. Kandungan serat yang tinggi sehingga dapat membantu memperlancar sistem pencernaan.

Brokoli banyak disajikan dalam berbagai jenis olahan makanan, namun tidak banyak orang yang yang mengetahui cara mengolah sayuran brokoli dengan benar agar kandungan vitamin dan nutrisinya tidak hilang. Berikut ini, adalah tips mengolah brokoli agar vitamin dan nutrisinya tetap terjaga :

  1. Dibersihkan. Sebelum memasak sayuran brokoli ini ada baiknya jika  sayuran ini dibersihkan dengan cara dibilas dengan air dan jangan direndam, karena jika direndam akan menghilangkan sebagian nutrisi di dalamnya. Oleh karena itu lebih baik diolahnya dalam keadaan segar.
  2. Dikukus. Cara mengolah brokoli terbaik ialah dengan cara dikukus karena dapat mempertahankan nutrisi dan vitamin didalamnya.
  3. Direbus. Merebus brokoli akan menghilangkan sekitar 50 % asam folat yang terkandung di dalamnya. Oleh karena itu, jika ingin mengolah brokoli dengan cara direbus, sebaiknya brokoli tidak direbus terlalu lama, kira-kira tidak lebih dari 5 menit dan jangan gunakan air dalam jumlah terlalu banyak. Rebuslah brokoli ini dengan tutup panci tertutup rapat agar nutrisinya tidak terbuang melalui uap.
  4. Tangkai brokoli. Rebuslah brokoli dimulai dari tangkainya dengan agak lama, sekitar 1-2 menit, hal ini dikarenakan tangkai brokoli merupakan salah satu bagian yang keras, sehingga perlu waktu lama untuk membuatnya agak lunak, setelah itu barulah bagian mahkotanya.

Demikian tips mengolah brokoli, kini anda bisa mencobanya di rumah. Hidup sehat itu tidaklah harus memakan makanan mahal, tetapi bagaimana cara kita untuk bijaksana dalam mengolah dan mengonsumsi apa yang kita makan menjadikan suatu kunci keberhasilan.

"Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?. Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu". (1 Korintus 3 : 16-17).

boost the values reap the success