PSB 2022/2023    

PSB 2022/2023

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

PENDAFTARAN ONLINE    

PENDAFTARAN ONLINE

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

PHYSICAL GROWTH    

PHYSICAL GROWTH

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

EMOTIONAL INTELLIGENCE    

EMOTIONAL INTELLIGENCE

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

TALENT DEVELOPMENT    

TALENT DEVELOPMENT

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

RELIGIOUS EDUCATION    

RELIGIOUS EDUCATION

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

ACADEMIC EXCELLENCE    

ACADEMIC EXCELLENCE

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

AISEEF 2021    

AISEEF 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

PDC 2021    

PDC 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

CIPTA DAN BACA PUISI 2021    

CIPTA DAN BACA PUISI 2021

Bersyukur atas keberhasilan Grace Laura Christy dalam ajang Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-70 PPPK Petra tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Grace berhasil meraih Juara 1.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)    

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

FASILITAS SEKOLAH    

FASILITAS SEKOLAH

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana yang mumpuni.  

STUDIO PEMBELAJARAN DARING    

STUDIO PEMBELAJARAN DARING

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Membimbing Anak Menjangkau Karir Masa Depan

Tidak terasa waktu berjalan sangat cepat hingga saat ini kita memasuki masa Revolusi Industri 4.0, yaitu masa di mana penggunaan internet untuk berbagai macam hal serta komputerisasi (Wikipedia Indonesia, 2020). Revolusi Industri 4.0 yang disebabkan oleh era disrupsi ini (distruption) membuat tatanan kehidupan bisa tiba-tiba berubah karena adanya hal-hal “baru”. Kehidupan manusia yang dahulunya dapat diprediksi, saat ini menjadi cepat berkembang dan berubah. Apalagi setahun terakhir dunia juga mengalami covidisruption yang mengakibatkan pesatnya penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari.

image 1

Perubahan yang begitu cepat menjadi tantangan tersendiri bagi para siswa, terutama dalam mempersiapkan masa depan dan karir mereka. Kecepatan transfer informasi, perubahan yang serba cepat, kompleksitas, serti ketidakpastian dalam hidup turut memengaruhi perencanaan pendidikan dan karir para siswa. Karir atau pekerjaan yang ada sekarang tidak lagi menjamin masa depan yang pasti. Semakin hari, semakin banyak jenis pekerjaan yang tidak dikenal sebelumnya. Hal ini seiring dengan perkembangan era disrupsi yang begitu berdampak bagi masyarakat. Untuk itu, para siswa harus mulai merencanakan studi dan karirnya mulai dari sekarang.

image 2

Untuk bisa merencanakan studi dan karirnya, para siswa diharuskan untuk mempunyai karakter era 4.0, yaitu transformasi kognitif, transformasi emosi, dan transformasi perilaku. Tentunya, peran orang tua sangat penting untuk membentuk karakter ini. Dengan bimbingan orang tua, para siswa diajak untuk menyadari bahwa karir adalah suatu panggilan dan berhubungan dengan keunikan setiap individu. Orang tua dapat membimbing dengan membuka wawasan siswa dengan karir yang diminati, kemudian menentukan jurusan, Perguruan Tinggi, serta tantangan dan peluang yang akan dihadapi. Panggilan karir ini dapat didapatkan oleh siswa dengan membangun self awareness (pengenalan diri) yang baik. Transformasi kognitif ini kemudian mengarahkan siswa untuk mempunyai strategi guna mencapai karir yang diharapkan.

image 3

Di sisi lain, transformasi emosi juga menjadi karakter yang penting. Tidak hanya ilmu yang dimiliki, namun attitude (sikap), skills (keterampilan), dan knowledge (pengetahuan) bersinergi untuk menghasilkan penguasaan dan pengelolaan teknologi yang baik. Tentu hal ini tidak dapat dibangun dalam waktu singkat, sehingga peran orang tua dalam mengarahkan siswa juga menjadi poin penting. Terakhir, mengawali segala sesuatu dengan tekat (passion) menjadi bagian dari transformasi emosi yang tidak kalah pentingnya. Minat dan potensi yang telah dicari dan dibangun sebelumnya dapat menjadi dorongan untuk mencapai tujuan (karir) yang diinginkan. Tekad tersebut juga dapat menghasilkan kegigihan untuk bertahan mencapai tujuan walaupun membutuhkan waktu yang panjang dan tantangan yang berat.

Berbekal dengan karakter 4.0 yang dibangun dalam diri para siswa tersebut, niscaya pekerjaan-pekerjaan atau karir yang dipilihnya dapat berkembang dengan baik. Tentu karakter dan semangat tersebut harus dipupuk mulai sejak saat ini. Pekerjaan atau jenis karir yang akan dilalui para siswa juga akan sangat berbeda dengan saat ini, sehingga peran orang tua dalam mendampingi dan membuka wawasan siswa atas karir yang ada menjadi bagian penting yang diperlukan.

Penulis:
Natania Wijayanti, S.Psi

 

boost the values reap the success