PSB 2021/2022    

PSB 2021/2022

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2021/2022. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

Pendaftaran Online    

Pendaftaran Online

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

Physical Growth    

Physical Growth

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

Emotional Intelligence    

Emotional Intelligence

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

Talent Development    

Talent Development

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

Religious Education    

Religious Education

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

Academic Excellence    

Academic Excellence

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran Jarak Jauh    

Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

Sarana dan Prasarana Sekolah    

Sarana dan Prasarana Sekolah

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana.

Studio Pembelajaran Daring    

Studio Pembelajaran Daring

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

“Mendampingi Belajar Anak di Masa Pandemi”

Menjadi orang tua merupakan kesempatan yang indah dan berharga yang diberikan Tuhan kepada kita. Tuhan mempercayakan anak-anak yang spesial untuk kita didik agar kelak menjadi orang yang berguna bagi banyak orang. Namun rupanya perjalanan mendidik dan mengasuh anak tidaklah mudah. Banyak tantangan yang dihadapi orangtua seperti adanya gap year antar orang tua dengan anak, juga komunikasi yang buruk serta munculnya keegoisan antar orang tua dengan anak. Apalagi jika anak kita sudah mulai memasuki masa remaja. Masa remaja merupakan masa penuh dengan gejolak karena masa transisi menuju kedewasaan. Masa remaja juga biasa disebut masa pencarian jati diri yaitu masa saat seorang anak memiliki ekspektasi dan harapan yang beragam. Penting bagi kita sebagai orang tua untuk terus mendampingi serta mengarahkan dalam proses pertumbuhan dan perkembangan anak meraih mimpinya khususnya pada masa pandemi Covid-19.

IMG_4499_4.jpg22._Parenting_BK_Okt.20_-_hal.2_7.jpgIMG_4566_5.jpgIMG_4482_3.jpgIMG_4464_1.jpgIMG_4468_2.jpg22._Parenting_BK_Okt.20_-_hal.3_8.jpg22._Parenting_BK_Okt.20_-_hal.1_6.jpg

Pandemi Covid-19 rupanya telah mengubah segalanya. Sekolah yang biasanya menjadi tempat ideal untuk belajar di bawah bimbingan langsung dari guru telah tergeser. Saat ini, anak-anak melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau biasa kita kenal dengan istilah learning from home. Sehingga layanan bimbingan guru dilakukan secara daring untuk setiap peserta didik. Hal ini membuat anak-anak dilatih untuk belajar secara mandiri, jujur dan kreatif. Perlu ada kerjasama antara sekolah dan orang tua untuk memberi perhatian lebih bagi anak-anak kita di masa yang mungkin bagi sebagian dari mereka merupakan situasi yang sulit, kurang nyaman, dan membosankan.

Di sisi lain, masa pandemi adalah masa yang tepat untuk “rekonsiliasi”, mengembalikan hubungan serta membangun kembali komunikasi yang baik antar orang tua dengan anak. Mungkin selama ini orang tua maupun anak-anak disibukkan dengan berbagai kegiatan. Sehingga hubungan antara orang tua dengan anak menjadi kurang hangat. Butuh kerendahan hati dari kita sebagai orang tua untuk memulai membangun hubungan dan komunikasi yang dekat dalam keluarga. Apabila hubungan sudah membaik dan kembali hangat maka komunikasi juga lebih mudah sehingga pada akhirnya orang tua bisa bersinergi dengan anak dalam rangka mengantarkan mereka pada jalur kesuksesan.

Berikut ini beberapa tips praktis mendampingi anak menurut Ibu Hanna Yulianik, S.Th., antara lain:

    1. Luangkan waktu untuk Quality Time bersama anak
      Ditengah kesibukan pekerjaan juga kegiatan, luangkan waktu 1-2 jam tiap harinya untuk “ngobrol santai” bersama anak. Quality Time berguna juga untuk membangun kepercayaan serta membangun hubungan yang hangat dan dekat antar orang tua dengan anak
    2. Sediakan telinga untuk mendengar dan hati untuk memahami
      Belajar untuk mendengar apa yang menjadi masalah anak. Belajar mengerti bahwa anak membutuhkan orang tua untuk selalu mendampingi dan mengarahkan (bukan memaksa anak untuk menjadi seperti apa yang dikehendaki orang tua)
    3. Selalu berikan apresiasi
      Sekecil apapun progress yang dicapai oleh anak, berikan apresiasi (misalnya: memberi ucapan terimakasih/selamat, memberikan makanan yang anak suka).

Mazmur 127 : 4
“Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.”

(Yahaziela Nawita Dirfa S.Psi.)

boost the values reap the success