HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

[sigplus] Critical error: Insufficient file system permissions to access the image base folder root/images/sekola/sma_petra_5, or the folder does not exist.

“Menjadi Sungai Kecil-Mu”

Dalam dunia sekarang ini, kehidupan manusia cenderung untuk mementingkan diri sendiri. Kepedulian terhadap orang lain semakin menipis, walaupun ada sebagian kecil yang masih peduli terhadap sesama. Berbagai macam masalah manusia senantiasa silih berganti seolah tanpa henti. Kemiskinan, pengangguran, krisis ekonomi, harga yang merayap naik, hingga mencekik leher, serta kesibukan yang berlebihan dari orang-orang terdekat kita. Keadaan-keadaan seperti itu dapat memicu ketidakpedulian terhadap sesama. Banyak orang yang membutuhkan bantuan dan perhatian dari kita.

Sebagai orang yang telah mendapatkan karunia keselamatan di dalam Kristus dan diberkati oleh Tuhan, sudah sewajarnya kita mengucap syukur atas semua yang telah diperbuat oleh Tuhan kepada kita. Menjadi saluran berkat bagi orang lain (karena kita telah lebih dahulu diberkati oleh Tuhan) menjadi sebuah kesadaran dan tindakan yang penting dalam kehidupan orang beriman. Menjadi saluran berkat, berarti kita siap untuk memperbaiki dan merawat saluran berkat tersebut, sehingga saluran berkat dapat berfungsi dengan baik. Jika saluran berkat dipelihara dengan baik, otomatis saluran tersebut akan berfungsi dengan baik, yang pada akhirnya akan mampu dirasakan oleh banyak orang. Berawal dari keinginan untuk memahami makna dan hakikat sebagai saluran berkat bagi orang lain, siswa-siswi kelas XIA-1 dan XIS-1, serta bapak dan ibu guru pendamping SMA Kristen Petra 5, mengikuti retret di Griya Kusuma Indah, Pacet, pada tanggal 5—7 Agustus 2010. Dengan mengikuti retret ini, diharapkan para siswa mampu mengisi relung hatinya dengan keinginan untuk menjadi murid Kristus, dengan menjadi saluran berkat bagi orang lain. Tema yang diusung dalam retret kali ini adalah "Menjadi Sungai Kecil-Mu".  

Retret ini dibuka oleh Bu Rinto sebagai kepala sekolah, dengan menyampaikan makna retret yang harus menjadi jiwa bagi setiap peserta retret. Secara umum, ada dua hal yang dibahas dalam kegiatan retret ini. Pertama, pemahaman kita tentang berkat Tuhan. Dan kedua, sikap dan tindakan kita terhadap berkat-berkat Tuhan. Kekeliruan pemahaman dan sikap atas berkat Tuhan, menjadikan berkat-berkat Tuhan yang berkelimpahan itu justru menjadi malapetaka. Bukannya membangun, melainkan merusak. Bukannya menguntungkan, melainkan justru merugikan. Kedua pokok bahasan tersebut, disampaikan dengan baik oleh Pak Didik Mismanto dari GKI Manyar, dan Pdt. Wahyu  Widayat dari GKJW Tulang Bawang, Malang. Berbagai pertanyaan dan sharing dari peserta retret menjadikan kegiatan sesi semakin menarik. Selain sesi tersebut, peserta retret juga mengadakan doa pagi bersama di aula, walaupun agak ngantuk, mengambil makna sesi sebelumnya dan digumulkan dalam doa pagi.

Selain acara yang bersifat rohani, kegiatan retret juga diisi dengan games yang menarik. Para siswa begitu senang dan antusias dalam mengikuti setiap game yang dipimpin oleh panitia. Game yang diadakan bukan hanya sekedar untuk having fun, namun juga diisi dengan nilai-nilai yang membangun kepribadian dan kepedulian. Dan yang nggak kalah serunya adalah acara makan. Walaupun dengan menu yang sederhana, peserta retret menikmatinya dengan ucapan syukur. Demikian juga dengan acara class meeting antara wali kelas dengan siswa yang berjalan dengan baik. Banyak ide-ide yang muncul dalama acara tersebut.

Retret terasa tidak lengkap rasanya jika tanpa api unggun. Kegiatan ini merupakan kegiatan sharing seluruh peserta retret. Kegiatan retret kemudian ditutup dengan kebaktian bersama dan pemilihan King and Queen. Kevin Pascal dari kelas XIS-1 terpilih sebagai King, dan Caroline dari kelas XIA-1 menjadi Queen. "Menjadi sungai kecil-Mu, itulah kerinduan anak-Mu... Biarlah kami menjadi berkat bagi sesama, dan kemuliaan Tuhan melingkupi seisi dunia." (DR-09/01)

{gallery with=105}kegiatan_28.jpg{/gallery} {gallery with=105}kegiatan_29.jpg{/gallery} {gallery with=105}kegiatan_30.jpg{/gallery}
boost the values reap the success