HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 Stay At Home 

Halo teman-teman, perkenalkan nama saya Steven Joy dan Jade dari SMA Kristen Petra 5 ingin bercerita sedikit nih... mengenai kegiatan belajar di rumah selama pandemi Virus Covid-19. Nah, selama kurang lebih 1 bulan ini sekolah Petra ‘diliburkan’ maksudnya belajar di rumah karena adanya dampak virus corona yang semakin menyebar luas. Selama di rumah saya mengikuti kegiatan pembelajaran online yang terus berlangsung dari jam 7 pagi hingga 2 siang sesuai jadwal.

steven_2.jpgsteven_1.jpg

Kami para murid mendapatkan pembelajaran melalui aplikasi zoom/google meet/videocall serta materi dan tugas yang diberikan melalui link sesuai kelas serta ulangan online lewat google form. Sekalipun pada awalnya terasa sulit karena belum terbiasa, belajar online ini menurut saya cukup melatih untuk berpikir kritis para murid agar selama di rumah kita tidak hanya bermain game saja tetapi kita juga harus mengasah kemampuan berpikir kita untuk belajar ilmu-ilmu yang masih belum kita pahami.

Sayangnya tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran online ini dengan tertib dan disiplin,  masih ada beberapa dari teman saya yang malas dan terlambat mengikuti pelajaran online karena tidak bisa mengatur waktunya dengan baik. Misalnya ada yang tidur hingga larut malam sehingga pagi hari tidak bisa mengikuti pelajaran online tepat waktu dan mengantuk. 

Stay At Home membuat saya dan keluarga juga melakukan kegiatan ibadah di rumah secara online. Setiap hari Minggu, gereja saya melakukan live streaming dan kami sekeluarga selalu mengikuti ibadah pada jam 09.30. Kegiatan ibadah online ini sama seperti ibadah pada umumnya di gereja. kita menyanyi Memuji Tuhan bersama dan mendengarkan Firman Tuhan. Melalui ibadah online ini sebenarnya juga melatih kita beribadah dengan benar di hadirat Tuhan sama seperti ketika di gereja, tidak tergoda dengan barang apapun yang ada di sekeliling kita seperti ibadah sambil makan cemilan, duduk tidak sopan/sambil tiduran.

Hal berat yang saya rasakan saat stay at home ini adalah rasa bosan....jenuh karena tidak bisa bertemu dengan banyak teman. Tidak bisa bermain bersama seperti di sekolah. Tidak bisa bercengkrama dan bersenda gurau dengan teman-teman dan bapak ibu guru juga.

Di saat Paskah yang biasanya semarak dengan program kegiatan seperti lomba-lomba Paskah yang diadakan OSIS ditiadakan. KKR Paskah yang diadakan oleh Tim Persekutuan Doa juga ditiadakan. Banyak event yang seru-seru dan menarik akhirnya tidak dapat kami nikmati sehingga rasanya menjadi hampa karena adanya pandemi virus corona ini.

Dan karena saya hobby jalan-jalan, saya harus menahan diri juga untuk tidak pergi ke mall dulu. Karena sekarang Surabaya juga memberlakukan PSBB jadi jalanan pun banyak yang ditutup. Dan kita juga tidak boleh keluar dari rumah.

Nah, di akhir tulisan saya ini saya ingin mengingatkan teman-teman tetap mengikuti kegiatan pembelajaran dengan aktif dan tidak malas-malasan, mengumpulkan tugas tepat waktu. Taat dengan peraturan pemerintah terkait Social and Physical Distancing. Jika ingin keluar rumah karena ada keperluan yang penting banget, kita harus ingat selalu pakai masker.... WAJIB !!!. Lalu teman-teman juga jangan lupa untuk rajin mencuci tangan sebelum atau setelah memegang benda apapun. Lalu setiap hari minggu jangan pernah bolong untuk ibadah. Dan yang terpenting kita harus setiap hari berdoa agar pandemi ini cepat selesai dan tidak memakan banyak korban lagi.

Tips untuk mengurangi rasa kebosanan, lakukan berbagai aktivitas seperti tiap pagi lari pagi/jalan keliling perumahan tetapi tetap memakai masker, lalu berjemur waktu jam 10 pagi, menonton film di rumah bareng keluarga. Dan selama diliburkannya sekolah, kita bisa banyak meluangkan waktu bersama keluarga misalnya membuat minuman yang lagi kekinian "Dalgona Coffee".  Lalu bagi teman-teman yang hobby menyanyi seperti saya atau hobby menari atau ngevlog misalnya, teman-teman bisa asah bakat teman-teman lewat membuat video cover lalu diupload di Youtube. Lalu bikin dance cover, lalu bisa buat vlog tentang keseharian teman-teman di rumah.

Semoga semua sehat, kondisi segera pulih dan kita kembali bisa beraktivitas normal dan bisa bersekolah lagi....staysafe and stayhealthy

 

Steven Joy (XI IPS 1) dan Jade(XI IPA 1)

 

boost the values reap the success