PSB 2021/2022    

PSB 2021/2022

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2021/2022. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

Pendaftaran Online    

Pendaftaran Online

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

Physical Growth    

Physical Growth

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

Emotional Intelligence    

Emotional Intelligence

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

Talent Development    

Talent Development

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

Religious Education    

Religious Education

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

Academic Excellence    

Academic Excellence

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

Pembelajaran Jarak Jauh    

Pembelajaran Jarak Jauh

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

Sarana dan Prasarana Sekolah    

Sarana dan Prasarana Sekolah

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana.

Studio Pembelajaran Daring    

Studio Pembelajaran Daring

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

 Stay At Home 

Halo teman-teman, perkenalkan nama saya Steven Joy dan Jade dari SMA Kristen Petra 5 ingin bercerita sedikit nih... mengenai kegiatan belajar di rumah selama pandemi Virus Covid-19. Nah, selama kurang lebih 1 bulan ini sekolah Petra ‘diliburkan’ maksudnya belajar di rumah karena adanya dampak virus corona yang semakin menyebar luas. Selama di rumah saya mengikuti kegiatan pembelajaran online yang terus berlangsung dari jam 7 pagi hingga 2 siang sesuai jadwal.

steven_2.jpgsteven_1.jpg

Kami para murid mendapatkan pembelajaran melalui aplikasi zoom/google meet/videocall serta materi dan tugas yang diberikan melalui link sesuai kelas serta ulangan online lewat google form. Sekalipun pada awalnya terasa sulit karena belum terbiasa, belajar online ini menurut saya cukup melatih untuk berpikir kritis para murid agar selama di rumah kita tidak hanya bermain game saja tetapi kita juga harus mengasah kemampuan berpikir kita untuk belajar ilmu-ilmu yang masih belum kita pahami.

Sayangnya tidak semua siswa dapat mengikuti pembelajaran online ini dengan tertib dan disiplin,  masih ada beberapa dari teman saya yang malas dan terlambat mengikuti pelajaran online karena tidak bisa mengatur waktunya dengan baik. Misalnya ada yang tidur hingga larut malam sehingga pagi hari tidak bisa mengikuti pelajaran online tepat waktu dan mengantuk. 

Stay At Home membuat saya dan keluarga juga melakukan kegiatan ibadah di rumah secara online. Setiap hari Minggu, gereja saya melakukan live streaming dan kami sekeluarga selalu mengikuti ibadah pada jam 09.30. Kegiatan ibadah online ini sama seperti ibadah pada umumnya di gereja. kita menyanyi Memuji Tuhan bersama dan mendengarkan Firman Tuhan. Melalui ibadah online ini sebenarnya juga melatih kita beribadah dengan benar di hadirat Tuhan sama seperti ketika di gereja, tidak tergoda dengan barang apapun yang ada di sekeliling kita seperti ibadah sambil makan cemilan, duduk tidak sopan/sambil tiduran.

Hal berat yang saya rasakan saat stay at home ini adalah rasa bosan....jenuh karena tidak bisa bertemu dengan banyak teman. Tidak bisa bermain bersama seperti di sekolah. Tidak bisa bercengkrama dan bersenda gurau dengan teman-teman dan bapak ibu guru juga.

Di saat Paskah yang biasanya semarak dengan program kegiatan seperti lomba-lomba Paskah yang diadakan OSIS ditiadakan. KKR Paskah yang diadakan oleh Tim Persekutuan Doa juga ditiadakan. Banyak event yang seru-seru dan menarik akhirnya tidak dapat kami nikmati sehingga rasanya menjadi hampa karena adanya pandemi virus corona ini.

Dan karena saya hobby jalan-jalan, saya harus menahan diri juga untuk tidak pergi ke mall dulu. Karena sekarang Surabaya juga memberlakukan PSBB jadi jalanan pun banyak yang ditutup. Dan kita juga tidak boleh keluar dari rumah.

Nah, di akhir tulisan saya ini saya ingin mengingatkan teman-teman tetap mengikuti kegiatan pembelajaran dengan aktif dan tidak malas-malasan, mengumpulkan tugas tepat waktu. Taat dengan peraturan pemerintah terkait Social and Physical Distancing. Jika ingin keluar rumah karena ada keperluan yang penting banget, kita harus ingat selalu pakai masker.... WAJIB !!!. Lalu teman-teman juga jangan lupa untuk rajin mencuci tangan sebelum atau setelah memegang benda apapun. Lalu setiap hari minggu jangan pernah bolong untuk ibadah. Dan yang terpenting kita harus setiap hari berdoa agar pandemi ini cepat selesai dan tidak memakan banyak korban lagi.

Tips untuk mengurangi rasa kebosanan, lakukan berbagai aktivitas seperti tiap pagi lari pagi/jalan keliling perumahan tetapi tetap memakai masker, lalu berjemur waktu jam 10 pagi, menonton film di rumah bareng keluarga. Dan selama diliburkannya sekolah, kita bisa banyak meluangkan waktu bersama keluarga misalnya membuat minuman yang lagi kekinian "Dalgona Coffee".  Lalu bagi teman-teman yang hobby menyanyi seperti saya atau hobby menari atau ngevlog misalnya, teman-teman bisa asah bakat teman-teman lewat membuat video cover lalu diupload di Youtube. Lalu bikin dance cover, lalu bisa buat vlog tentang keseharian teman-teman di rumah.

Semoga semua sehat, kondisi segera pulih dan kita kembali bisa beraktivitas normal dan bisa bersekolah lagi....staysafe and stayhealthy

 

Steven Joy (XI IPS 1) dan Jade(XI IPA 1)

 

boost the values reap the success