HUT PPPK Petra ke-69    

HUT PPPK Petra ke-69

Diberkati untuk memberkati

Pembelajaran Daring    

Pembelajaran Daring

Akses link berikut sesuai kelas dan peminatan masing-masing. Setiap kegiatan pembelajaran disampaikan setiap harinya. Siswa melakukan kegiatan belajar sesuai intruksi yang diinformasikan.

Pemberitahuan    

Pemberitahuan

Siswa Belajar Di Rumah Terkait Pencegahan Virus Covid-19

OSN 2019    

OSN 2019

Olimpiade Sains Nasional di Manado, Sulawesi Utara

IEO 2018    

IEO 2018

Olimpiade Ekonomi Internasional di Moscow, Rusia.

OSN 2018    

OSN 2018

Olimpiade Sains Nasional 2018    di Padang, Sumatera Barat.

OSN 2017    

OSN 2017

Olimpiade Sains Nasional 2017 di Pekanbaru, Riau.

Pengukir Sejarah    

Pengukir Sejarah

Chikita Pricilla memperoleh The Bronze Medal of Economic National Science  Olympiad in Palembang, 15-21 May 2016

Physical Growth    

Physical Growth

Olah raga yang teratur bermanfaat untuk mengendalikan berat badan, menyehatkan jantung juga meningkatkan ketahanan fisik sehingga membentuk generasi yang sehat dan kuat.

OSN    

OSN

Dunia berubah sangat pesat. Dunia adalah lintasan perlombaan, tetaplah bergerak tak penting kapan dan dimana memulai serta dapat mencapai tujuan dan membuat rekor baru.

Bakti Sosial    

Bakti Sosial

Hidup berbagi memang hidup yang amat sangat bernilai. Berbagi, berarti kita mengambil bagian dalam kesulitan orang lain. Rela menjadi sepenanggungan, mengurangi bahkan menyelesaikan beban sesama.

Fasilitas Sekolah    

Fasilitas Sekolah

Ruang kelas merupakan sarana dan prasarana yang penting dan utama dalam menunjang proses pembelajaran.

Cooking Class    

Cooking Class

Memperlengkapi diri dengan berlatih terus menerus akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas.

Komputer    

Komputer

Mengikuti perkembangan teknologi melalui pembelajaran TIK.

OSN 2015    

OSN 2015

Daniel Wiranata Dayan meraih medali perunggu bidang Ekonomi pada Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015

Eye Exercise    

Eye Exercise

Eye Exercise adalah relaksasi mata, sehingga bisa menjaga mata agar dalam kondisi fresh.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

Testimoni GURU Pada Saat Learning From Home (LFH) - Teacher Ayu

Ayu Kristianna, S.Pd.
Guru Matematika SMA Kristen Petra 5   

ayu-_1.pngayu1.jpgayu-_2.png

Pandemi Covid-19 membuat situasi kerja menjadi berbeda, kita terpaksa workfrom home. Namun, justru karena kondisi inilah saya menjadi terpacu untuk lebih produktif sebagai seorang guru. Saya menyadari bahwa Matematika, mata pelajaran yang saya ampu, bukanlah materi yang dengan mudah dapat diterima siswa hanya dengan membaca dan belajar mandiri. Oleh karena itu, saya harus mencari cara agar siswa tidak hanya belajar menggunakan modul.

Saya mencoba beberapa metode agar pembelajaran jarak jauh tetap efektif bagi siswa. Saya mulai dengan membuat rekaman pembahasan soal menggunakan media seadanya, smartphone, kertas dan bolpen. Saya upload video tersebut di IGTV pribadi dengan pertimbangan dapat diakses dengan mudah oleh siswa dan bisa disimpan dalam waktu yang lama sampai saya sendiri ingin menghapusnya (saya yakin instagram tidak akan take down video ini karena tidak memuat hal yang bertentangan dengan kebijakan mereka). Ternyata video ini mendapat respon yang cukup baik dari para siswa, meskipun wajah guru tidak terlihat. Karena merasa cukup malu dengan coretan saya yang kurang rapi, saya beralih ke rekaman slide show power point untuk materi-materi berikutnya.

Memang persiapannya membutuhkan waktu yang lebih lama, namun video ini dapat dimanfaatkan kembali untuk flippedclassroom pada tahun ajaran berikutnya. Saya juga melakukan videoconference untuk memfasilitasi siswa yang masih kesulitan memahami materi. Sempat menggunakan google meet, namun karena ada beberapa siswa yang tidak dapat bergabung, maka saya juga memanfaatkan live IG yang lebih mudah diakses dan lebih familiar bagi siswa.

Proses pembelajaran jarak jauh tetap tidak dapat seoptimal pembelajaran di kelas. Siswa terpaksa beradaptasi dengan kondisi dan situasi belajar yang berbeda. Mereka merasa lebih nyaman jika bisa menatap dan mendengarkan guru secara langsung atau berdiskusi dengan temannya di kelas. Lebih sulit memang untuk berproses seorang diri, apalagi jika yang dipelajari Matematika. Setelah belajar materi, kurang mantab rasanya jika tidak mengerjakan latihan soal. Betul, Bapak Ibu?

Justru di sinilah peran kita sebagai guru berpengaruh besar untuk memberi pengertian dan menanamkan nilai. Biarpun kondisi dunia berubah, hidup harus tetap berjalan, kita tetap melakukan bagian kita. Bahkan harus bersyukur karena masih diberi kemudahan dapat belajar dengan dukungan internet. Puji Tuhan, siswa tetap kooperatif dalam belajar dan menyelesaikan tugas mereka meskipun kesulitan, toh guru tetap standby untuk merespon pertanyaan mereka.

Saya tahu apa yang saya lakukan ini bukanlah ide yang kreatif atau inovatif. Namun saya bersyukur, work from home membuat saya memiliki waktu lebih banyak untuk belajar hal baru dan membuat saya produktif. Mulai dari memanfaatkan google form untuk kuis, membuat video pembelajaran (flippedclassroom), dan mengoptimalkan keberadaan media sosial untuk pekerjaan, yang mungkin saja belum terlaksana jika Indonesia tidak terdampak pandemi. Saya masih perlu banyak belajar untuk mengembangkan media belajar online dan sedang mengupayakan satu account khusus untuk itu. Sederhana memang, bahkan banyak guru lain yang sudah melakukan.

Namun, yakinlah Bapak Ibu, sejauh yang saya temui, siswa cenderung lebih suka melihat video rekaman Bapak Ibu sebagai pengajar di sekolah dari pada banyak video yang beredar di youtube. Mungkin karena faktor kebiasaan, merasa nyaman dengan cara Bapak Ibu menjelaskan. Semangat untuk Bapak Ibu sekalian, kita bisa.

PETRA 5, HEBAT!!!

"> 

 

boost the values reap the success