PSB 2022/2023    

PSB 2022/2023

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru untuk Tahun Ajaran 2022/2023. Mari bergabung menjadi bagian dari Civitas Akademika yang dibekali dengan kompetensi 5C, meliputi: (1) Communication; (2) Collaboration; (3) Critical Thinking and Problem Solving; (4) Creativity and Innovation; (5) Character.

PENDAFTARAN ONLINE    

PENDAFTARAN ONLINE

SMA Kristen Petra 5 Surabaya membuka Pendaftaran Siswa Baru secara online melalui alamat website: psb.pppkpetra.sch.id. Dapatkan potongan biaya Uang Pengembangan (Syarat dan ketentuan berlaku). Informasi lebih lanjut hubungi (Telp.) 031 – 843 6474 atau (Whatsapp) 0819 4463 7288.

PHYSICAL GROWTH    

PHYSICAL GROWTH

Menyiapkan generasi penerus yang memiliki kualifikasi jasmani yang sehat dan baik. Memberikan dukungan nyata bagi peserta didik yang memiliki bakat dan minat di bidang olahraga melalui berbagai kompetisi dan kegiatan sekolah.

EMOTIONAL INTELLIGENCE    

EMOTIONAL INTELLIGENCE

Pendidikan sebagai salah satu sarana untuk membentuk kepribadian peserta didik yang didukung kondisi psikologis yang baik dan memiliki empati terhadap kondisi di sekitarnya. Membangun kesadaran untuk hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara menjadi tujuan mutlak di dalam proses pembelajaran yang diberikan.

TALENT DEVELOPMENT    

TALENT DEVELOPMENT

Aktualisasi talenta peserta didik dalam berbagai bidang nonakademik akan memberikan kesempatan dan pengalaman untuk terus berkembang. Berbagai kegiatan sekolah dan dukungan untuk partisipasi aktif di berbagai kompetisi mulai dari tingkat regional hingga nasional menjadi program rutin sekolah.

RELIGIOUS EDUCATION    

RELIGIOUS EDUCATION

Aspek rohani setiap peserta didik menjadi salah satu prioritas terukur dari program sekolah. Menghidupi nilai Kristiani menjadi bagian yang tak terpisahkan dari setiap proses pembelajaran. Berbagai kegiatan rohani tak sekadar dilakukan sebagai rutinitas, akan tetapi menjadi bentuk komitmen untuk membangun hubungan vertikal dengan Tuhan secara berkualitas.

ACADEMIC EXCELLENCE    

ACADEMIC EXCELLENCE

Menyiapkan kualifikasi akademik setiap peserta didik secara komprehensif melalui penerapan Kurikulum Nasional. Dilengkapi program khusus GAC (The Global Assesment Certificate) dari ACT untuk kebutuhan peserta didik yang melanjutkan studi Perguruan Tinggi di luar negeri. Menerapkan Blended Learning yang didukung dengan infrastruktur teknologi mumpuni.

OSN 2015    

OSN 2015

Bersyukur atas keberhasilan Daniel Wiranata Dayan sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2015 yang dihelat di Kota Yogyakarta.

OSN 2016    

OSN 2016

Bersyukur atas keberhasilan Chikita Pricilla sebagai peraih medali perunggu di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2016 yang dihelat di Kota Palembang.

OSN 2017    

OSN 2017

Bersyukur atas keberhasilan Naomi Natasha sebagai peraih medali perak di Bidang Biologi, Ricky Suhartono sebagai peraih medali perak di Bidang Ekonomi, Raja Moris dan Severina Effendi sebagai finalis pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2017 yang dihelat di Kota Pekanbaru.

OSN 2018    

OSN 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono sebagai peraih medali emas di Bidang Ekonomi dan Kensias Kristanto sebagai peraih medali perunggu di Bidang Matematika pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2018 yang dihelat di Kota Padang.

OSN 2019    

OSN 2019

Bersyukur atas keberhasilan Kensias Kristanto sebagai peraih medali emas di Bidang Matematika dan Jeremy Michael sebagai finalis di Bidang Ekonomi pada penyelenggaraan Olimpiade Sains Nasional (OSN) 2019 yang dihelat di Kota Manado.

IEO 2018    

IEO 2018

Bersyukur atas keberhasilan Ricky Suhartono mewakili Indonesia dalam ajang Olimpiade Ekonomi Internasional atau disebut IEO (International Economic Olimpiad) tahun 2018. Pada kompetisi yang dihelat di Kota Moskow (Rusia) tersebut, Ricky Suhartono berhasil meraih medali perunggu.

AISEEF 2021    

AISEEF 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

PDC 2021    

PDC 2021

Bersyukur atas keberhasilan Gabriella Allycia, Christabel Laura, Grace Allycia, Evelyn Margareta, Zevanya Xenna dalam ajang AISEEF (Asean Innovative Science Environmental and Entrepreneur Fair) tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Gabriella dan timnya berhasil meraih medali perunggu.

CIPTA DAN BACA PUISI 2021    

CIPTA DAN BACA PUISI 2021

Bersyukur atas keberhasilan Grace Laura Christy dalam ajang Cipta dan Baca Puisi dalam rangka HUT ke-70 PPPK Petra tahun 2021. Pada kompetisi yang dihelat secara daring tersebut, Grace berhasil meraih Juara 1.

LMS PPPK PETRA    

LMS PPPK PETRA

Mengoptimalkan blended learning di dalam proses pembelajaran. Menyiapkan platform digital yang mendukung ekosistem belajar yang menarik dan interaktif antara pengajar dan peserta didik.

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)    

PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ)

Pandemi Covid-19 yang terjadi sejak Maret 2020 membuat proses pembelajaran dilakukan secara jarak jauh. Bersyukur bahwa kesiapan sekolah didukung dengan sarana dan prasarana teknologi yang memadai mampu memberikan pelayanan PJJ yang optimal. Kesiapan siswa ditunjang dengan perangkat teknologi dari rumah juga berpengaruh terhadap keberhasilan layanan Pendidikan di era pandemi ini.

FASILITAS SEKOLAH    

FASILITAS SEKOLAH

Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan layanan pendidikan yang optimal, SMA Kristen Petra 5 dilengkapi dengan berbagai spesifikasi sarana dan prasarana yang mumpuni.  

STUDIO PEMBELAJARAN DARING    

STUDIO PEMBELAJARAN DARING

Membangun layanan pendidikan yang semakin luas dan mengikuti perkembangan era yang semakin kekinian menjadi tantangan tersendiri. Melalui studio pembelajaran daring tersebut diharapkan menjadi wadah bagi insan pendidik dan generasi pembelajar untuk terus berkreasi dan berkarya dalam bidang edukasi guna mengisi kanal media sosial secara positif.

Frontpage Slideshow | Copyright © 2006-2012 JoomlaWorks Ltd.
| |

The Dark Passenger di Ajang TREX UKP 2021

image_2.jpgimage_1.jpgimage_3.jpg

Sembari mempersiapkan diri menghadapi berbagai pelaksanaan ujian akhir kelas XII, kami bertekad untuk berpartisipasi pada kompetisi yang diselenggarakan oleh Universitas Kristen Petra (UKP) yaitu TREX 2021 (Tourism Rally Exploration 2021). Kompetisi ini dilaksanakan secara daring dan mengangkat tema “The Hidden Gem”. Tim kami beranggotakan siswa kelas XII, di antaranya yakni David Vincentius, Zefanya Isaac, Aaron Jordan, Vellycia Noviani, dan Eugenia Audrey. Meskipun kami harus tetap serius dan fokus mempersiapkan diri menghadapi USP dan EHB-BKS sebagai tahapan ujian akhir, namun kami berkomitmen untuk tetap memberi yang terbaik melalui kompetisi ini, setidaknya ini merupakan kesempatan meraih prestasi di semester terakhir kami.

Putaran pertama kompetisi ini menghadirkan Webinar tentang Jurusan Pariwisata UKP dan wawasan mengenai Boardgame. Hal ini menjadi pengetahuan baru yang menarik untuk kami ketahui. Khususnya bicara soal Boardgame, kami baru memahami jika permainan itu tak hanya seperti Monopoli dan Ular Tangga, namun ada banyak lagi permainan sejenis lainnya mulai dari yang sederhana sampai yang paling rumit dan menegangkan. Tentu saja, di putaran pertama ini kami dijelaskan mengenai detail perlombaan yang kami ikuti. Kami diminta membuat sebuah Boardgame tentang pariwisata Indonesia, terutama ‘Hidden Gem’ atau destinasi wisata Indonesia yang masih ‘tersembunyi’ atau belum banyak diketahui masyarakat.

Mencari ide permainan merupakan hal yang paling sulit dalam pembuatan Boardgame kali ini. Kami mengeluarkan berbagai ide masing-masing dan mendiskusikannya di dalam kelompok. Lalu setelah kurang lebih satu minggu, akhirnya ketua kami, David, mengusulkan ide yang menurut kami merupakan ide yang unik dan asyik untuk dimainkan. Boardgame itu disebut “The Dark Passenger”. Selama kurang lebih 1 bulan, kami mengerjakan boardgame tersebut, mulai dari desain dan komponen fisik Boardgame, Video Teaser, video penjelasan, dan materi presentasi.

Tidak hanya membuat boardgame, kami juga mengikuti Rally Game secara online di putaran kedua TREX 2021. Berbagai game mengenai pariwisata Indonesia kami ikuti bersama kakak panitia dan tim-tim lain yang juga merupakan peserta kompetisi ini. Ternyata, banyak destinasi wisata Indonesia yang sangat keren tapi belum kami ketahui. Berbagai aspek pariwisata juga kami ketahui dari Rally Game ini, seperti kuliner Indonesia, bangunan-bangunan arsitektur, musik dan tarian daerah, dan masih banyak lagi.

Setelah kurang lebih satu bulan, akhirnya putaran ketiga TREX 2021 dapat kami ikuti dengan baik. Kami dan tim-tim lain mempresentasikan karya-karya yang telah dibuat di hadapan dewan juri dan kakak-kakak panitia. Entah ini merupakan suatu keuntungan atau kerugian, tim kami mendapat giliran presentasi terakhir sebagai penutup sesi presentasi yang menegangkan. Melihat karya-karya dari tim lain, ada kalanya kami menjadi kurang percaya diri dan takut. Namun, pastinya kami sudah tidak dapat mengambil langkah mundur. Kami saling mengingatkan satu dengan yang lain: ‘Yang penting usaha dan berdoa, menang kalah urusan nanti’ dan ‘Nggak menang nggak apa-apa, kita have fun aja, kenangan terakhir sebelum lulus’.

Puji Tuhan, para juri memberikan komentar yang cukup positif dengan mengatakan bahwa tema yang kami ambil unik dan berbeda dari tim lain. Beberapa acara dan mini games diadakan setelah presentasi untuk mencairkan ketegangan peserta. Setelah itu, pengumuman yang ditunggu-tunggu pun datang. Kami sangat kaget dan senang saat mendapatkan juara III dalam kompetisi TREX 2021 ini. Mungkin ini akan menjadi lomba terakhir kami di jenjang SMA, sehingga kami merasa terharu karena dapat menorehkan prestasi di momen ini dan memuliakan Tuhan lewat karya kami. Bersyukur bahwa sekolah memberikan dukungan penuh bagi seluruh siswa dalam pengembangan diri melalui kompetisi atau perlombaan di bidang akademis maupun nonakademis, hal ini tentu sejalan dengan salah satu nilai PETRA, yaitu Talent Development. Yuk teman-teman, tetap semangat sampai akhir, raih prestasi dan jadilah berkat!

Penulis:
Eugenia Audrey

 

boost the values reap the success